Kupas Tuntas Ubi Kayu, Kandungan Gizi, Manfaat dan Bahayanya Bagi Kesehatan

Baca Juga:






Singkong, Makanan "Ndeso" Yang Ternyata Banyak Sekali Manfaatnya Bagi Kesehatan dan Bahan Pengganti Nasi Yang Sangat Baik Bagi Pencernaan. Benarkah Semua Jenis Singkong Mengandung Sianida Yang Beracun dan Berbahaya Bagi Kesehatan

Ketela pohon, ubi kayu, atau singkong adalah perdu tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphorbiaceae. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran. Menurut situs Wikipedia, Nama ilmiah singkong adalah: Manihot esculenta.
Jangan Memakan Singkong Dalam Keadaan Mentah. Singkong bisa berbahaya jika dikonsumsi mentah dan dalam jumlah yang terlalu banyak. Pasalnya, singkong mentah menghasilkan sianida dalam bentuk senyawa glikosida sianogenik yang dinamakan linimarin. Kandungan senyawa glikosida sianogenik pada singkong memang dalam jumlah yang sangat kecil dan relatif tidak beracun, tapi proses pencernaan yang terjadi di dalam tubuh manusia bisa mengurainya menjadi hidrogen sianida, salah satu bentuk racun sianida yang paling beracun. Racun tersebut akan menghambat kerja sitokom oksidase, yakni enzim dalam mitokondria yang berfungsi mengikat oksigen untuk memenuhi kebutuhan pernapasan sel-sel tubuh. Nah, jika enzim tersebut tidak bekerja karena dihambat oleh racun sianida, sel-sel tubuh Anda akan mengalami kematian.
Kandungan Nutrisi Singkong
  • -Air
  • -Kalori
  • -Protein
  • -Serat
  • -Glukosa
  • -Kalsium
  • -Zat besi
  • -Magnesium
  • -Fosfor
  • -Potassium
  • -Sodium
  • -Mangan
  • -Selenium
  • -Thiamin
  • -Riboflavin
  • -Vitamin A, B, C dan E
  • -Folat

Karbohidrat

Setiap 100 gram singkong mengandung 38 gram karbohidrat. Inilah mengapa singkong menjadi sumber energi yang baik untuk Anda yang harus menjalani aktivitas fisik yang berat.
Aktivitas fisik akan menguras glikogen, yang merupakan bentuk glukosa yang disimpan di otot. Ketika Anda makan singkong, karbohidrat akan diubah menjadi glukosa, yang kemudian diubah menjadi glikogen dan disimpan dalam otot. Jadi, manfaat singkong untuk menambah energi tak bisa disepelekan.

Serat

Singkong mengandung serat pangan dalam jumlah yang cukup tinggi, sehingga dapat mencegah sembelit. Serat juga membantu Anda menurunkan berat badan karena bisa membuat Anda kenyang lebih lama.
Selain itu, kandungan serat mendatangkan manfaat singkong untuk menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol, menurunkan risiko obesitas, dan menurunkan risiko penyakit jantung.
Manfaat singkong juga bisa didapatkan bagi Anda yang memiliki diabetes. Makan singkong dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Hal ini karena serat memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah.

Mineral

Singkong mengandung sumber mineral yang cukup banyak seperti kalsium, fosfor, mangan, zat besi, dan kalium. Mineral ini diperlukan untuk perkembangan, pertumbuhan, dan menjalankan fungsi jaringan tubuh.
Kalsium diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Zat besi membantu dalam pembentukan protein (hemoglobin dan myoglobin) yang membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh Anda.
Sementara itu, mangan membantu pembentukan tulang, jaringan ikat, dan hormon seks. Kalium diperlukan untuk sintesis protein dan membantu dalam pemecahan karbohidrat.
Selain itu, singkong juga mengandung magnesium dan tembaga yang cukup tinggi. Magnesium dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko osteoporosis. Tembaga menjaga fungsi saraf tetap sehat.

Vitamin

Singkong mengandung vitamin C, vitamin E, dan folat yang berlimpah dan memberikan banyak manfaat. Kandungan tersebut memberikan manfaat singkong yaitu melindungi dari kanker usus besar dan mengurangi risiko komplikasi selama kehamilan. Selain itu, vitamin C juga melindungi Anda dari penyakit jantung koroner dan beberapa jenis kanker.
Di alam, singkong atau cassava menghasilan sianida dalam bentuk senyawa glikosida sianogenik yang dinamakan linimarin. Senyawa glikosida sianogenik relatif tidak beracun, namun proses enzimatik yang terjadi di dalam tubuh manusia bisa mengurainya menjadi hidrogen sianida, salah satu bentuk racun sianida yang paling beracun. Untungnya, tidak semua jenis singkong menghasilkan senyawa sianida dalam jumlah besar. Jenis singkong yang biasa dikonsumsi sehari-hari umumnya menghasilkan sianida dalam jumlah sangat kecil, dan kadarnya semakin berkurang dengan pengolahan yang benar.
Pada tahun 2004 WHO mempublikasikan 'Concise International Chemical Assessment Document 61 HYDROGEN CYANIDE AND CYANIDES: HUMAN HEALTH ASPECTS'. Sianida adalah zat beracun yang sangat mematikan. Sianida telah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu. Efek dari sianida ini sangat cepat dan dapat mengakibatkan kematian dalam jangka waktu beberapa menit.

Berikut ini informasi mengenai jenis-jenis singkong yang enak untuk dimakan.

1. Singkong Manggu

Singkong manggu berasal dari Jawa Barat yang telah dikenal sejak lama dan mempunyai diameter batang 4 - 5 cm. Jenis singkong yang satu ini bisa dikonsumsi karena mempunyai rasa yang enak, manis, dan dapat diolah menjadi beragam makanan. Singkong manggu mudah ditanam, mudah dikupas, dagingnya empuk, dan renyah serta mempunyai kadar pati yang tinggi.

2. Singkong Kuning atau Singkong Mentega

Singkong ini mempunyai tekstur lebih kenya dan legit serta warna yang kuning. Masakan yang dibuat menggunakan singkong ini mempunyai warna yang cantik dan menggugah selera. Singkong kuning sering dibuat menjadi tape singkong dengan rasa yang manis dan warna kuning yang cantik.

3. Singkong Gajah

Singkong ini berasal dari Kalimantan Timur dan mempunyai umbi yang besar dengan diameter 8 cm. Ketela yang satu ini bisa dikonsumsi dan mempunyai rasa yang gurih seperti mengandung mentega. Singkong ini dijadikan tepung dan bahan baku bioetanol. Singkong gajah memiliki umbi yang berat, mudah ditanam, dan bisa langsung dikonsumsi sebagai bahan makanan pengganti beras dengan rasa ketan.

4. Singkong Putih

Singkong putih memiliki tekstur yang lebih keras dan warna yang putih. Singkong yang satu ini cocok untuk aneka resep yang memakai teknik rebus atau kukus seperti kolak singkong, sup singkong daging, dan lain sebagainya.

5. Singkong Mukibat

Singkong mukibat berasal dari Jawa Timur yang ditemukan oleh Mukibat, seorang petani di desa Ngadiluwih, Kediri. Singkong mukibat merupakan hasil dari okulasi atau penyambungan antarbatang. Mukibat pertama kali membudidayakan singkong ini dengan cara menyambung singkong biasa dengan singkong karet. Biasanya, umbi singkong mukibat diambil patinya untuk diolah sebagai bioetanol.

6. Singkong Emas

Jenis singkong ini merupakan rekayasa bibit singkong dari Thailand yang dikawinkan dengan singkong karet lokal. Umbi ini pertama kali diperkenalkan di Bengkulu dan ditanam oleh petani Bengkulu. Umbi singkong emas ini bisa diolah pabrikasi menjadi beragam produk jadi seperti tepung terigu, minyak kompor, spirtus, bahan pembuat jamu hingga pakan ternak.

Manfaat Singkong Rebus

Seperti dilansir pada laman Livestrong.com, berikut manfaat / khasiat yang didapat dari makan Singkong rebus :

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Mengonsumsi singkong rebus sebagai camilan sehari-hari, tentunya secara bertahap akan membantu tubuh dalam mengontrol tekanan darah. Maka bagi seseorang yang mempunyai gejala hipertensi, bisa juga mengonsumsi singkong rebus untuk menanggulangi gejala tersebut.

Pencegahan Kanker Usus
Singkong diperkaya akan kandungan Vitamin C, yakni berfungsi sebagai penangkal gangguan radikal bebas, khususnya pada daerah pencernaan. Maka dari itu, peran usus sebagai organ pencernaan akan terlindungi dari material-material yang mengancamnya. Sehingga kesehatan organ usus tetap terjaga, salah satunya terbebas dari penyakit kanker.

Menjaga Kesehatan Jantung
Mengonsumsi singkong rebus secara rutin juga cukup membatu dalam menyehatkan organ jantung. Senyawa alami Antioksidan pada singkong berperan menormalkan atau melancarkan peredaran darah yang menuju pada Arteri ( pembuluh nadi ). Dengan lancarnya sirkulasi darah dalam tubuh, makan kinerja jantung akan tetap optimal serta kesehatannya juga akan terjaga.

Baik Untuk Penderita Diabetes
Perlu diketahui, Singkong memiliki nilai Glycaemic Index atau GI di bawah 55, Sehingga aman untuk penderita diabetes. Kandungan gula yang rendah pada singkong, menjadikan makanan ini cocok sebagai pengganti Nasi saat seseorang terserang diabetes. Selain itu, singkong kaya akan kandungan seratnya, maka juga cocok dikonsumsi saat menjalankan program diet karena membantu proses pencernaan.
Berikut ini beberapa cara mengolah singkong agar lebih aman dikonsumsi:
  • Kupas kulitnya. Pertama-tama kupas kulit singkong secara keseluruhan, karena sebagian besar senyawa penghasil sianida terkandung di kulit singkong.
  • Rendam. Rendam singkong dalam air selama 48-60 jam (2 sampai 3 hari) sebelum dimasak dan dimakan. Ini dilakukan untuk mengurangi jumlah bahan kimia berbahaya yang dikandungnya.
  • Masak sampai matang. Karena bahan kimia berbahaya ditemukan di singkong mentah, sangat penting untuk memasaknya sampai benar-benar matang. Ada berbagai metode memasak yang bisa Anda coba, mulai dari direbus, dipanggang, ataupun dibakar.  
  • Tambahkan protein. Menyajikan olahan singkong dengan beberapa jenis makanan tinggi protein bisa sangat bermanfaat, karena protein membantu membersihkan tubuh dari racun sianida. Sebagai contoh, Anda bisa menyajikan olahan singkong dengan segelas susu atau parutan keju. Selain protein Anda juga bisa menambahkan asupan makanan lainnya yang tidak kalah bergizi sesuai dengan kesukaan Anda.

17+ Manfaat Ubi Kayu

1. Melancarkan Pencernaan
Kandungan serat pada singkong rebus sangat baik bagi anda yang sering mengalami susah BAB ataupun sembelit, sehingga pencernaan anda akan lebih lancar.

2. Menyembuhkan Diabetes
Bagi anda yang memiliki riwayat diabetes berbeda jika anda melihat manfaat ubi madu untuk ibu hamil, anda dapat menyembuhkan dan mengatasinya dengan mengkonsumsi singkong rebus secara teratur.

3. Menjaga Kesehatan Jantung
Singkong rebus sangat bagus bagi anda yang ingin memiliki jantung sehat dan kuat agar tidak mudah terkena gangguan ataupun penyakit.

4. Mengatasi Kecanduan
Bagi anda yang ingin menghilangkan kebiasaan ataupun rasa kecanduan rokok dan alkohol dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi singkong rebus.

5.Menghilangkan Mata Panda
Memiliki lingkaran hitam di sekitar mata dapat mengganggu penampilan anda, anda fdapat menghilangkannya dengan mengkonsumsi singkong rebus.

6. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi
Bagi anda yang sering mengalami gusi berdarah atau ingin memiliki gigi yang sehat dan terhindar dari penyakit gigi, anda bisa memanfaatkan singkong rebus.

7. Mencegah Peradangan
Singkong rebus sangat efektif untuk mencehgah peradangan seperti radang tenggorokan dan lambung.

8. Meredakan Asma
Bagi anda yang memiliki riwayat asma berbeda jika anda melihat manfaat ubi kuning untuk kecantikan, anda dapat mengatasi dan meredakannya dengan mengkonsumsi singkong rebus setiap pagi.

9.Mengatasi Nyeri Saat Batuk
Selain mengatasi asma, singkong ebus dapat meredakan rasa nyeri yang anda alami saat batuk.

10. Memulihkan Penyakit Bronchitis
Singkong rebus juga sangat efektif untuk dijadikan sebagai obat penyakit bronchitis.

11. Meningkatkan Sistem Imun
Jika anda mengkonsumsi singkong rebus secara berkala, anda dapat meningkatkan sistem imun tubuh sehingga anda tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

12. Menjaga Kesehatan Kulit
Kandungan nutrisi yang ada pada singkong rebus sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit anda, selain itu juga mampu menutrisi kulit anda dengan baik.

13. Menjaga Kesehatan Mata
Singkong rebus memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata anda, jika anda mengkonsumsinya secara teratur maka mata anda akan selalu terjaga kesehatannya.

14. Mengatur Kadar Kolesterol
Singkong rebus juga dapat mengatur kadar kolesterol anda agar stabil.

15. Meredakan Stress
Singkong rebus sangat bermanfaat bagi anda yang ingin meredakan stress, aroma serta rasa yang ada pada singkong rebus dapat menenangkan pikiran dan saraf anda.

16. Menstabilkan Gula Darah
Memiliki kadar gula darah berlebihan ataupun rendah sangat berbahaya untuk kesehatan anda, untuk mengatasinya anda bisa mengkonsumsi singkong rebus secara berkala.

17. Mengatasi Anemia
Kandungan zat besi yang ada pada singkong rebus sangat baik bagi anda yang sering mengalami anemia, selain dapat mengatasi anemia singkong rebus juga sangat baik untuk mencegah terjadinya gejala anemia.

18.Mengatasi Lelah
Selain mengatasi anemia berbeda jika anda melihat manfaat ubi jalar putih, singkong rebus juga dapat mengatasi lelah karena kandungan kalori dan karbohidrat yang baik.

Waspadai Sianida Dalam Singkong Agar Tidak Keracunan

Dalam kondisi normal, singkong merupakan sumber karbohidrat dan serat makanan meskipun memiliki sedikit protein. Pada beberapa jenis singkong, terdapat senyawa yang berpotensi racun yakni linamarin dan lotaustralin yang termasuk glikosida sianogenik.

Jurnal yang diterbitkan Sentra Informasi Keracunan Nasional, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menjelaskan, Linamarin dengan cepat dihidrolisis menjadi glukosa dan aseton sianohidrin. Sedangkan lotaustralin dihidrolisis menjadi sianohidrin dan glukosa.

Di bawah kondisi netral, aseton sianohidrin didekomposisi menjadi aseton dan hidrogen sianida (HCN) sehingga menyebabkan keracunan bagi yang mengkonsumsi.

Masyarakat luas mengenalnya sebagai racun asam biru karena terdapat bercak biru pada singkong. Sehingga bila menemukan warna tersebut, sebaiknya urungkan niat untuk mengkonsumsi singkong.

Semakin tinggi kadar sianida, rasa singkong akan semakin pahit. Sedangkan singkong yang manis tidak banyak mengandung sianida.

Kebanyakan keracunan singkong karena proses memasak yang tidak benar. Bila memang sangat membutuhkan singkong yang memiliki bercak biru, Anda harus mengupas kulit dan mencucinya dengan bersih.

Potong-potong singkong dan rendam dalam air bersih yang hangat selama beberapa hari. Setelah itu, cuci kembali dan masak dengan sempurna, baik itu direbus, goreng ataupun bakar.

Apabila ada yang terlanjur keracunan, berikan arang aktif tetapi harus sesuai dengan dosis yang tercantum dalam label kemasan. Bila arang aktif tidak tersedia, rangsang pasien untuk muntah dan segera larikan ke rumah sakit.

Catatan:
Manfaat singkong rebus diatas masih perlu disertakan hasil penelitiannya jika ada dan dilakukan penelitian ilmiah jika belum ada.

Sumber WAG dan sumber-sumber lainnya

Title :Kupas Tuntas Ubi Kayu, Kandungan Gizi, Manfaat dan Bahayanya Bagi Kesehatan
Link :Kupas Tuntas Ubi Kayu, Kandungan Gizi, Manfaat dan Bahayanya Bagi Kesehatan

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Kupas Tuntas Ubi Kayu, Kandungan Gizi, Manfaat dan Bahayanya Bagi Kesehatan :