Daftar Harga Saat Ini Macam-macam Jenis Sapi Lokal Dan Sapi Impor Asal Australia Tahun 2019

Baca Juga:



Harga Sapi Potong Terbaru Tahun 2019 Jenis Metal, PO, Limousin, Madura, Kupang dan Sapi Bali Serta Harga Sapi Brahman Cross Impor

Untuk harga sapi saat ini dengan patokan harga berat hidup maka harga sapi termahal adalah sapi Madura disusul dengan jenis sapi limousin dan simental kemudian PO dan terakhir Bali serta Kupang.

Harga sapi memang sangat tergantung kualitas individu per ekor sapinya sehingga untuk mendapatkan prediksi harga yang benar-benar tepat akan sangat sulit karena kualitas sapi di pasar hewan sangat bervarias.

Info dari blantik A yang menyatakan bahwa harga sapi saat ini mahal mungkin  bisa berbeda dengan info dari blantik sapi B yang menyatakan sebaliknya apabila kualitas sapi yang dijual juga berbeda. Sapi jantan lokal kualitas super tentu harganya akan sangat jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan harga sapi betina afkir indukan.
Sekilas Tentang Jenis-jenis Sapi: Sapi limousin adalah sapi yang pertama kali dikembangkan di Prancis. Sapi limousin merupakan tipe sapi potong dengan perototan yang lebih baik dari sapi simmental. Sapi limousin memiliki bulu berwarna coklat tua kecuali di sekitar ambing berwarna putih serta lutut kebawah dan sekitar mata berwarna lebih muda. Sapi Simental adalah jenis sapi jinak dan mudah untuk dikelola, dan dikenal. Sapi simmental atau orang sering menyebutnya dengan sapi metal adalah sapi super dalam hal pertumbuhan dan pertambahan berat badan. Peternak lokal sering menghargai sangat tinggi untuk pedet sapi metal ini karena berbagai kelebihan sapi ini. Sapi bali (Bos sondaicus) adalah salah satu bangsa sapi asli dan murni Indonesia, yang merupakan keturunan asli banteng (Bibos banteng) dan telah mengalami proses domestikasi yang terjadi sebelum 3.500 SM, sapi bali asli mempunyai bentuk dan karakteristik sama dengan banteng. Sapi Madura adalah sapi potong hibrida lokal asli Indonesia hasil persilangan antara banteng dengan bos indicus atau sapi Zebu yang secara genetik memiliki sifat toleran terhadap iklim panas dan lingkungan marginal serta tahan terhadap serangan penyakit. Sapi Peranakan Ongole (PO) adalah sapi hasil persilangan antara pejantan sapi Sumba Ongole (SO) dengan sapi betina lokal di Jawa yang berwarna putih.

Berikut daftar harga berbagai jenis sapi lokal siap potong dipasaran saat ini, harga berdasarkan berat hidup sapi:

Jenis Sapi                               Harga Per Kg Berat Hidup

Limousin                                   Rp 44.000 - Rp 47.000
Simental                                    Rp 44.000 - Rp 47.000
PO                                             Rp 43.000 - Rp 45.000
Madura                                      Rp 46.000 - Rp 48.000
Bali                                            Rp 39.000 - Rp 42.000
Kupang                                      Rp 32.000 - Rp 34.000

Bagaimana Dengan Harga Sapi Impor Asal Australia Jenis Brahman Cross Saat Ini?

Harga sapi impor saat ini cenderung stabil dan tidak menunjukkan adanya kenaikkan ditingkat RPH. Harga sapi impor di berbagai RPH diwilayah Jabotabek masih berkisar antara Rp 39.000 - Rp 42.000 per kg berat hidup. Harga berbeda-beda karena tergantung dari kualitas sapi.

Harga sapi Brahman cross sangat dipengaruhi oleh kualitas daging dan persentase karkas. Jika sapi sudah mulai berlemak maka harga sapi akan turun drastis apalagi jika persentse karkas dibawah standar.

Note:
Informasi harga sapi lokal jenis limousin, simental, sapi Bali, Kupang, Sapi Madura dan PO serta sapi impor diatas bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung situasi pasar, suplai demand dan kebijakan pemerintah. Harga sapi bisa sedikit berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya.

Title :Daftar Harga Saat Ini Macam-macam Jenis Sapi Lokal Dan Sapi Impor Asal Australia Tahun 2019
Link :Daftar Harga Saat Ini Macam-macam Jenis Sapi Lokal Dan Sapi Impor Asal Australia Tahun 2019

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Daftar Harga Saat Ini Macam-macam Jenis Sapi Lokal Dan Sapi Impor Asal Australia Tahun 2019 :