Kupas Tuntas Kacang Merah, Nutrisi Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Baca Juga:



Apa Saja Kandungan Nutrisi Kacang Merah Yang Bermanfaat Sebagai Sumber Energi, Vitamin, Menjaga Pencernaan Tetap Sehat dan Juga Menyehatkan Jantung? Bagaimana Pula Cara Budidaya Kacang Merah?

Kacang merah besar adalah sejenis kacang dari jenis Phaseolus vulgaris. Dalam bahasa Inggris, kacang ini dikenal dengan nama Red Kidney Bean. Dalam masakan Indonesia, kacang ini dicampurkan ke dalam rendang atau dimasak sebagai sup, yang disebut sup kacang merah. (Wikipedia). Manfaat kacang merah bisa membuang racun-racun dari dalam tubuh. Kandungan molybdenum yang ada di dalam kacang merah bisa membantu tubuh membuang seluruh racun-racun yang masuk ke dalam tubuh. Darah dan tubuh pun menjadi bersih dari racun. Ini bisa meningkatkan kesehatan dan menghindari berbagai penyakit.
Kacang merah sering digunakan dalam berbagai hidangan, terutama beras, kari, salad dan topping. Namun sayangnya, banyak orang takut makan kacang merah karena dianggap bisa memicu kenaikan berat badan dan mengandung gas. Tetapi, ada banyak manfaat kesehatan dari kacang merah yang perlu kita ketahui. Kacang merah yang diolah menjadi masakan berupa sup sangat bermanfaat untuk kesehatan. Ada beberapa kandungan zat gizi kacang merah yang perlu Anda ketahui. Kacang merah kaya akan karbohidrat, protein, serat, kalsium, dan vitamin B9 atau asam folat. Selain itu, kacang merah juga mengandung zat besi, potasium, magnesium mangan, tembaga, vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin B6, vitamin B12, dan lainnya.

Berikut adalah manfaat kesehatan dari kacang merah:

Manfaat kacang merah juga bisa menguatkan tulang. Kandungan kalsium  dan magnesium di dalam kacang merah dapat membantu Anda menjaga kesehatan tulang. Asupan kacang merah mampu mencegah Anda dari osteoporosis karena tulang semakin kuat. Kacang merah juga bisa menurunkan risiko penyakit tulang lainnya dan sendi.

Sup Kacang Merah sebagai sumber energi
Kacang merah dapat meningkatkan energi karena tinggi kandungan zat besi. Makanan ini mengandung banyak zat besi yang merupakan sumber utama yang diperlukan untuk meningkatkan metabolisme dan energi tubuh. Kacang merah juga membantu sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh.

Sumber Rasa Kenyang sehingga bisa Mengontrol berat badan
Anda dapat menambahkan kacang merah ke dalam semangkuk salad atau sup rendah kalori saat makan. Makanan ini baik dikonsumsi bagi mereka yang ingin mengontrol berat badan karena memberi rasa kenyang yang lebih lama.
Manfaat kacang merah tidak hanya bisa dirasakan oleh para wanita dan anak-anak, para lelaki juga bisa mendapatkan manfaat kacang merah. Manfaat kacang merah bisa membentuk otot pada tubuh.
Kandungan karbohidrat dan protein yang ada di dalam kacang merah bisa memberikan energi yang cukup saat beraktivitas berat seperti olahraga atau latihan lainnya. Magnesium di dalam kacang merah bisa membantu sintesis protein yang bisa membentuk otot.

Baik bagi penderita diabetes karena bermanfaat untuk Menjaga gula darah
Kacang merah terkenal kaya serat. Serat ini dapat menurunkan tingkat metabolisme kandungan karbohidrat dalam kacang-kacangan.

Kaya Vitamin K Yang Merupakan nutrisi yang sangat Baik bagi otak
Kacang merah menawarkan manfaat yang luar biasa bagi otak. Makanan ini mengandung banyak vitamin K yang menyediakan nutrisi penting untuk otak dan sistem saraf.

Kacang Merah adalag Sumber vitamin B bagus untuk cegah Penyakit Alzheimer
Kacang merah juga merupakan sumber yang baik untuk vitamin B, yang penting untuk sel-sel otak. Vitamin ini memelihara saraf otak dan sel-sel yang mencegah penyakit yang terkait usia seperti Alzheimer.

Mencegah Sembelit atau Mempermudah buang air besar
Serat yang hadir dalam kacang merah dapat membantu mempertahankan gerakan usus yang sehat. Jika dimakan dalam jumlah yang tepat, kacang merah membantu membersihkan saluran pencernaan. Buang air besar secara teratur berhubungan dengan rendahnya risiko kanker usus besar.

Menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga bermanfaat menyehatkan dan mencegah penyakit Kardiovaskular
Kacang merah sangat baik untuk kesehatan jantung. Anda akan temukan manfaat kacang merah bisa menurunkan kadar lipid darah yaitu kadar kolesterol LDL (jahat) dan trigliserida. Pengonsumsian kacang merah juga akan meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik). Manfaat kacang merah juga bisa mengendalikan tekanan darah. Ini sangat berkaitan dengan kesehatan jantung. Tingginya kolesterol HDL, rendahnya kolesterol LDL, dan tekanan darah selalu berada dalam kisaran normal bisa membantu jantung tetap sehat.

Kacang merah juga mengandung banyak magnesium dan serat yang bertanggung jawab untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Ingin terhindar dari risiko stroke, serangan jantung, dan penyakit pembuluh darah perifer? Makan kacang merah!

Kacang merah sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda, terutama jantung. Namun ingat, sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak buruk pada tubuh.

Tidak hanya berkhasiat untuk mengontrol tekanan darah, manfaat kacang merah juga bisa mengontrol kadar gula darah. Kadar gula darah harus selalu dijaga agar tetap normal. Hal ini sangat penting terutama bagi para penderita diabetes.
Kacang merah sangat dianjurkan untuk para penderita diabetes karena bisa membantu mengontrol kadar gula darah. Peningkatan kadar gula darah yang drastis bisa dicegah dengan mengonsumsi kacang merah.

Konsumsi sup kacang merah saat sarapan dan dapatkan berbagai manfaat kesehatan seperti tersebut diatas. Semoga bermanfaat.

Tips Cara Menanam dan Merawat Tanaman Kacang Merah

Iklim yang paling baik untuk melakukan bercocok tanam tanaman kacang merah adalah iklim basah sampai iklim kering. Jadi bisa disimpulkan bahwa daerah di dataran tinggi Indonesia sangat cocok untuk menanam kacang merah. Daerah yang paling ideal untuk tumbuh maksimalnya tanaman kacang merah adalah daerah yang mempunyai curah hujan cukup tinggi, yaitu sekitar 1.500 mm sampai dengan 2.500 mm pertahunnya.

Tanaman kacang merah dapat tumbuh dengan baik jika Anda menggunakan cara budidaya yang tepat. Bila Anda menanam kacang merah dengan kondisi suhu 20 – 25 derajat celcius maka tanaman akan tumbuh dengan maksimal dan bila Anda menanamnya pada suhu di bawah 20 derajat celcius maka proses fotosintesis kacang merah tidak akan maksimal. Sedangkan jika Anda menanam pada suhu di atas 25 derajat celcius maka akan banyak terdapat biji kacang yang hampa atau tidak menghasilkan apa – apa. Hal ini dikarenakan tanaman banyak menghasilkan tenaga hanya untuk melakukan respirasi.

Media Tanam

Tanah yang paling tepat untuk menanam tanaman kacang merah adalah jenis tanah androsol dan tanah regosol. Tanah androsol mempunyai ciri warna hitam, kandungan organik yang tinggi, sifatnya lempung dan gembur serta permeabilitasnya sedang. Sedangkan ciri tanah regosol adalah warnanya kelabu dan mempunyai tekstur seperti pasir. Tanah yang Anda gunakan juga hendaknya memiliki tingkah pH yang sesuai yaitu antara 5,5 sampai 6.

Pemupukan Dan Penyiraman

Untuk pemupukan pada tanaman kacang merah, dapat Anda lakukan sekali pada saat menanamdi awal dan dua minggu sekali saat bibit kacang merah mulai tumbuh menjadi tunas muda. Pupuk yang bisa Anda gunakan adalah jenis pupuk kandang atau pupuk kompos. Dengan melakukan pemupukan yang teratur diharapkan hasil yang didapatkan dari budidaya tanaman kacang merah dapat maksimal dan aman untuk dikonsumsi.

Untuk penyiraman sendiri, dapat Anda lakukan setiap hari sebanyak dua kali sehari. Hindari melakukan penyiraman yang membuat tanah di sekitar media penanaman kacang merah. Hal ini dilakukan untuk mencegah pembusukan pada sekitar akar dan tanaman dapat tumbuh dengan baik.

Penanggulangan Hama Tanaman

Tanaman kacang merah juga tidak luput dari serangan hama dan penyakit. Hama yang kerap menyerang tumbuhan ini adalah jenis hama kumbang daun. Untuk membasmi hama ini Anda dapat menggunakan sistem mekanis atau membunuh hama dengan tangan Anda atau juga dengan bantuan menggunakan bantuan pestisida organik. Untuk pestisida organik, Anda dapat menggunakan bawang putih, jahe, cabe rawit, sambiloto dan jeruk.

Selain hama kumbang daun, hama lainnya yang kerap menyerang tanaman kacang merah adalah hama ulat penggerek. Untuk mengatasi jenis hama ini, Anda dapat menggunakan cara yang sama dalam membasmi hama kumbang daun.

Panen Kacang Merah

Panen pada tumbuhan kacang merah, dapat dilakukan pada saat umur tanaman 60 hst. Ciri tanaman kacang merah siap panen adalah biji pohon kacang merah belum terlihat menonjol , warna polongnya lebih suram, permukaan kulit kasar, dan akan ada suara meletup saat anda mematahkan polong. Bila ciri tersebut telah terlihat pada tumbuhan kacang merah maka tumbuhan sudah siap untuk Anda panen.

Untuk cara memanennya hindari menggunakan alat potong seperti pisau atau cutter, karena apabila biji polong terluka karena alat potong tersebut maka bakteri akan masuk dan merusak kacang merah yang ada di dalamnya. Lakukan panen dengan menggunakan tangan secara hati – hati dan perlahan pada pangkal biji polong tanaman kacang merah. Proses panen dapat Anda lakukan setiap 2 – 3 hari dan Anda dapat menghentikan pemanenan saat tanaman kacang merah beumur 80 hari.




Bonus
Resep Sup Kacang Merah Lezat Bergizi

Bahan:

250 gr kacang merah segar
250 gr daging sapi tetelan/daging cincang/daging ayam
1000 ml air
3 buah tomat merah, iris masing-masing jadi 4 bagian
2 sdm minyak goreng

Bumbu halus:

6 buah bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdm merica (sesuai selera)
1 sdm garam

Bumbu dan bahan Pelengkap:

Bawang merah goreng
Irisan daun bawang dan seledri

Cara membuat sup kacang merah lezat
  • Didihkan 1 liter air, rebus tetelan daging sapi/ayam hingga empuk.
  • Jika air berkurang, tambahkan kembali dengan air mendidih hingga jumlahnya tetap 750 ml.
  • Masukkan kacang merah ke dalam rebusan daging
  • Masak hingga kacang merah setengah empuk.
  • Panaskan minyak goreng di wajan, tumis bumbu halus hingga harum.
  • Masukkan ke dalam panci rebusan tetelan dan kacang merah.
  • Masukkan tomat, masak hingga kacang merah empuk.
  • Angkat, sajikan dengan taburan bawang goreng dan daun bawang seledri.
  • Nikmat buat sarapan dan disajikan hangat.
Diolah dari berbagai sumber

Title :Kupas Tuntas Kacang Merah, Nutrisi Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan
Link :Kupas Tuntas Kacang Merah, Nutrisi Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Kupas Tuntas Kacang Merah, Nutrisi Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan :