Kupas Tuntas Buah Plum, Jenis Nutrisi Dan Manfaatnya

Baca Juga:





Cara Tanam Dan Merawat Buah Plum Yang Menyembunyikan Banyak Manfaat Bagi Kesehatan Karena Kandungan Nutrisinya Yang Sangat Bagus Bagi Tubuh, Adakah Efek Samping dan Bahaya Jika Berlebihan?


Plum adalah salah satu buah segar dan lezat yang mengandung antioksidan tinggi. Manfaat makan buah plum bagi kesehatan termasuk mencegah gangguan pencernaan, influenza dan masalah yang berhubungan dengan depresi. Buah plum adalah jenis tanaman yang masuk ke dalam genus Prunus dari famili Rosaceae meliputi persik, aprikot, dan nektarin. Buah ini memiliki berbagai variasi warna dan bentuk, lebih dari 2000 varietas.

Plum memang belum sepopuler buah kiwi di negara kita, meskipun sama-sama buah impor, buah kiwi telah lebih dahulu populer daripada plum. Masyarakat Indonesia masih sangat jarang mengkonsumsi buah yang satu ini. Hal ini mungkin disebabkan banyak dari kita yang belum begitu mengetahui apa saja manfaat dan kegunaan buah plum bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini beberapa ulasan dan gambaran mengenai buah plum dan manfaatnya bagi kesehatan kita.
Bentuk buah plum ini bulat, dengan diameter berukuran sekitar 3 cm. Buah plum yang muda berwarna hijau, sedangkan buah plum yang tua berwarna coklat kehitaman. Hal ini ditandai dengan buahnya yang agak lunak jika dipencet. Dalam daging buah plum bertekstur lembut dan juga terdapat beberapa biji yang berbentuk bulat pipih dengan jumlah bisa mencapai 5-7 biji perbuahnya. Buah plum dataran rendah ini akan tumbuh lebih subur dan juga lebat apabila ditanam di tanah.
Plum adalah salah satu buah yang memiliki warna menarik dan rasa yang lezat. Buah ini dapat dikonsumsi baik dalam bentuk segar atau dikeringkan. Plum mengandung banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Hal ini disebabkan buah plum kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan serat. Plum juga merupakan buah yang kaya akan zat anti oksidan yang mampu menetralkan radikal bebas di dalam tubuh.

Kandungan gizi yang ada di dalam buah plum:
  • Plum mengandung vitamin dan mineral.
  • Vitamin yang ada di dalam buah plum adalah vitamin A, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin K, vitamin E dan juga vitamin B-6.
  • Plum mengandung asam askorbat dan juga asam folat.
  • Mineral yang ada dalam buah plum berupa fluor, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium dan juga seng.
  • Serat tinggi, rendah kalori dan tidak ada lemak jenuh.
  • Kaya akan antioksidan.
Tak hanya itu, ternyata buah plum juga bermanfaat dikonsumsi untuk para pria. Berikut adalah manfaat mengonsumsi plum untuk pria :

Menjaga kesehatan jantung
Plum mengandung vitamin K yang baik untuk mencegah pembekuan darah di dalam tubuh. Oleh karena itu buah ini baik untuk memperlancar aliran darah sehingga bermanfaat bagi kesehatan jantung. Selain itu plum juga mengandung kalium, mineral yang membantu mengatur tekanan darah tinggi dan mengurangi stroke.

Mencegah kanker.
Pigmen yang ada di dalam buah plum yang disebut dengan anthocyanin mampu melindungi tubuh terhadap radikal bebas yang mampu menyebabkan kanker. Kandungan beta karoten di dalamnya juga mampu menghindarkan tubuh dari senyawa penyebab kanker terutama kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.
Kandungan tinggi potasium yang ditemukan pada buah plum efektif melindungi sel dan jaringan di tubuh. Manfaat buah plum lainnya adalah kemampuannya mengatur kontraksi otot dan menyeimbangkan berbagai zat kimia dalam tubuh, yang pada akhirnya menjaga keseimbangan elektrolit secara keseluruhan.
Mempertajam penglihatan.
Plum juga dikenal kaya akan kandungan vitamin A. Vitamin A adalah vitamin yang penting untuk menjaga kesehatan mata dan membuat selaput lendir mata Anda menjadi lebih sehat. Kandungan serat buah plum yang disebut dengan zea xanthin juga baik untuk kesehatan retina Anda.

Membantu kesehatan pencernaan.
Plum kaya akan serat. Serat juga mengandung sorbitol dan isatin yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda dan menghindarkan Anda dari sembelit.

Melindungi dari radikal bebas.
Buah plum mengandung zat anti oksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Senyawa anti oksidan seperti lutein mampu mengurangi jumlah radikal bebas berbahaya yang ada di dalam tubuh.

Meningkatkan kekebalan tubuh.
Kandungan vitamin C di dalam plum diperlukan tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengontrol kolesterol.
Serat larut di dalam buah plum mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh Anda. Serat ini juga mampu membersihkan racun yang ada di dalam empedu sehingga membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat.

Disamping itu ada Manfaat Lain dari Plum yaitu:

Sebagai Sumber Antioksidan.
Radikal bebas berasal dari zat polutan dan zat-zat berbahaya di dalam tubuh. Radikal bebas dijaman seperti saat ini ada dimana saja. Plum memiliki senyawa-senyawa yang sangat efektif dalam menangkal radikal bebas. Senyawa tersebut adalah berikut ini :Vitamin C dan fitonutrisi, ryptoxanthin, zea-xanthin, Asam neochlorogenic dan Klorogenat.

Mengobati Obesitas.
Obesitas merupakan faktor kegemukan yang bisa diakibatkan genetik dan juga karena faktor makanan. Mengkonsumsi buah plum yang kaya serat bisa bermanfaat dalam proses diet sehingga obesitas akan berkurang. Penyakit obesitas bisa menyebabkan berbagai penyakit komplikasi misalnya saja jantung, diabetes, stroke dan masih banyak lagi lainnya. Mengkonsumsi plum bisa bermanfaat untuk menyerang sindrom metabolik dengan menggunakan zat bioaktif yang ada di dalam buah plum.
Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat buah plum merah untuk diet dapat membantu melawan sindrom metabolisme karena adanya senyawa bioaktif. Ekstraksi buah plum adalah rahasia pengobatan obesitas dan komplikasi lainnya yang masih berkaitan dengan kelebihan berat badan. Flavanoid dan fenol yang ada di dalam buah plum juga hadir sebagai pencegah obesitas. Manfaat buah plum untuk diet pada akhirnya juga membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh penderita kelebihan berat badan.
Menjaga Kesehatan Tulang.
Tulang rawan untuk terkena osteoporosis. Jika seseorang terkena osteoporosis akibatnya adalah penderita tidak bisa berjalan akibat tulangnya mengalami pengeroposan. Menjaga kesehatan dan kekuatan tulang bisa menggunakan buah plum. Zat anabolik dan juga anti resorptive bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang. Flavonoid khususnya asam caffeic bermanfaat dalam penghambatan kerusakan jaringan yang ada di dalam tulang, sehingga wanita dalam pasca menopause akan terhindar dari osteoporosis.Polifenol bersama dengan kalium bermanfaat dalam membantu pertumbuhan dan pembentukan tulang, menjaga dan meningkatkan kepadatan tulang juga mencegah pengeroposan tulang yang diakibatkan oleh hormon yang ada di dalam ovarium.
Manfaat buah plum kering ternyata mampu menjaga kesehatan tulang. Semua ini karena kandungan anabolik dan anti-resorptive untuk merawat tulang. Flavanoid seperti asam  caffeic   dan rutin membantu mencegah kemerosotan jaringan tulang dan mencegah berbagai penyakit seperti osteoporosis pada wanita yang telah mengalami menopause.
Melindungi Tubuh Dari Penurunan Kognitif.
Semakin bertambahnya usia, tubuh akan mengalami penurunan kognitif. Dalam penurunan kognitif tubuh akan mudah mengalami penyakit parkinson, alzheimer dan juga stroke. Mengkonsumsi jus plum setiap hari bermanfaat melindungi tubuh dari penurunan tersebut. Zat flavonoid merupakan zat yang paling dominan untuk melindungi tubuh dari penurunan kognitif. Fitonutrisi dalam plum bermanfaat untuk menghindarkan tubuh dari peradangan akibat proses neurologis. Fitonutrisi juga bermanfaat meningkatkan memori otak sehingga terhindar dari kepikukan serta alzheimer.

Mengatasi Diabetes.
Meski buah mengandung glukosa alami namun ada buah yang tidak dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes dikarenakan bisa menaikkan kadar gula darah. Buah yang tidak boleh dikonsumsi adalah sawo, semangka dan juga mangga. Manfaat buah plum jika dikonsumsi bisa mengatasi diabetes. Plum akan memberikan efek berupa anti hiperglikemia dimana efek itu bermanfaat untuk mengatasi diabetes. Mengkonsumsi jus plum atau buah plum bermanfaat untuk menurunkan kadar glukosa dan tingkatan trigliserida di dalam tubuh. Zat flavonoid di dalam plum bermanfaat untuk memberikan perlindungan terhadap kadar insulin dan meningkatkan kesensitivan insulin yang ada di tubuh.
Meskipun kaya akan karbohidrat, buah plum tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah setelah dimakan. Hal ini dikarenakan khasiat buah plum yang mampu meningkatkan kadar adiponektin, hormon yang memainkan peranan penting dalam pengaturan kadar gula darah. Flavonoid yang ada pada plum memiliki efek protektif terhadap resistensi insulin dan membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh. Sebagai tambahan, kandungan fiber juga menjadikan manfaat buah plum untuk diabetes semakin terasa. Fiber memperlambat penyerapan karbohidrat setelah makan, menyebabkan gula darah meningkat perlahan tidak mendadak.
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa manfaat buah plum adalah untuk menurunkan kadar gula darah dan kolesterol yang menjadi penyebab utama dari penyakit jantung. Sebuah penelitian mewajibkan subjek untuk mengonsumsi jus buah plum dan mengonsumsi 2 sampai 3 buah setiap pagi selama 8 minggu. Subyek tersebut dibandingkan dengan kelompok lainnya yang mengonsumsi hanya segelas air putih dalam kondisi perut kosong. Penelitian ini menunjukkan bahwa subjek yang meminum jus buah plum setiap hari memiliki kadar gula darah yang lebih rendah dan demikian total kolesterol dalam tubuh.

Menyehatkan Ibu Hamil.
Saat hamil mengkonsumsi buah dan sayur sangat dianjurkan untuk menyehatkan janin dan ibu hamil. Salah satu buah yang bermanfaat bagi kehamilan adalah plum. Karena buah plum mengandung banyak vitamin dan mineral yang dubutuhkan selama kehamilan. Senyawa di dalam plum memiliki manfaat untuk kesehatan mata, perkembangan tulang janin dan juga pembentukan sel janin. Saat mengkonsumsi plum untuk ibu hamil sebaiknya tidak menggunakan gula. Gula bisa menyebabkan kadar gula ibu hamil naik dan menyebabkan bayi menjadi besar dalam kandungan.

Ahli gizi merekomendasikan mengonsumsi setidaknya 2 – 3 porsi buah plum seminggu sekali selama kehamilan. Ini adalah salah satu buah yang mengandung banyak nutrisi dan manfaat buah plum untuk kesehatan. Ini sebabnya, ibu hamil harus menambahkan buah plum untuk diet pada menu harian.

Konsumsi buah plum secara teratur akan membuat janin semakin sehat dan mengurangi risiko yang terkait dengan penyakit bawaan. Manfaat buah plum lainnya juga memperkuat tubuh Anda meningkatkan kondisi penglihatan dan tulang. Selain itu, karena diperkaya dengan antioksidan, khasiat buah plum dapat menangkal berbagai infeksi selama kehamilan.

Efek Samping Plum

Selain manfaat buah plum yang menyehatkan, bukan tidak mungkin buah ini memiliki dampak yang kurang baik bagi tubuh. Berikut ini efek samping dari buah plum jika dikonsumsi berlebhan.

1. Bahaya akrilamida

Buah plum mengandung konsentrasi tinggi akrilamida, yang dianggap sebagai karsinogen dan neurotoxin. Akrilamida tidak secara alami ditemukan dalam makanan normal, kecuali jika dimasak pada suhu di atas 100 ° C.
Menurut FAO, Organisasi Pangan dan Pertanian, jumlah akrilamida yang diperlukan untuk menyebabkan kerusakan neuropati adalah sekitar 500 kali asupan makanan sehari-hari. Jadi, mengonsumsi buah plum relatif aman asalakan tidak berlebihan. Namun, karsinogenisitas menjadi perhatian karena buah plum ditemukan sangat karsinogenik pada hewan yang diuji di laboratorium.

2. Plum dapat menyebabkan diare

Serat tidak larut dalam buah plum dapat menyebabkan atau memperburuk diare. Inilah sebabnya mengapa Anda perlu menghindari buah plum ketika mengalami diare. Ada juga kasus-kasus tertentu dari orang-orang yang pernah mengalami diare setelah mengonsumsi plum dan jus plum. Ini dapat dikaitkan dengan sifat pencahar dari bua plum. Plum adalah obat pencahar alami karena mengandung senyawa pencahar yang disebut sorbitol. Jadi, dosis yang tidak diatur atau terlalu banyak makan buah ini dapat dengan mudah menyebabkan diare.
Beberapa sumber juga berbicara tentang intoleransi fruktosa makanan yang ditemukan pada banyak individu, yang juga dapat menyebabkan kram perut dan diare. Buah plum mengandung gula dalam jumlah besar, yang mungkin memicu masalah seperti itu.

3. Menambah berat badan

Satu porsi dari 6 buah plum yang belum dimasak atau diolah mengandung 137 kalori dan 22 gram gula. Satu porsi jus plum mengandung sekitar 185 kalori. Meskipun manfaat buah plum hitam untuk diet karena mengandung serat, mengonsumsi plum secara berlebihan dapat menyebabkan efek sebaliknya.
Plum juga memiliki beban glikemik yang tinggi (beberapa banyak makanan tertentu akan meningkatkan kadar glukosa seseorang setelah konsumsi). Ini berarti mengonsumsi plum dapat meningkatkan kadar gula darah lebih dari sebagian besar buah lain.

4. Menyebabkan gas usus dan kembung

Buah plum mengandung karbohidrat kompleks dan gula yang tidak sepenuhnya rusak di saluran pencernaan. Jadi, ketika gula mencapai usus besar, bakteri mulai memberi makan pada karbohidrat yang tidak dicerna.
Bakteri ini bertanggung jawab untuk gas usus dan kembung. Ini juga bisa menyebabkan kentut. Anda dapat mengonsumsi alpha-D-galactosidase sebelum makan plum karena mengurangi gas usus dengan memecah karbohidrat kompleks sebelum mereka mencapai usus.

5. Menyebabkan ketergantungan laksatif

Buah plum kebanyakan digunakan sebagai obat pencahar yang menjengkelkan. Namun, mereka yang menderita sembelit tidak harus bergantung pada plum sepenuhnya untuk membersihkan sistem pencernaan. Ini dapat menyebabkan ketergantungan pencahar setelah periode tertentu dari penggunaan, yang dapat memperburuk kondisi dan menyebabkan komplikasi.

Tips Dan Cara Tanam Pohon Buah Plum

Pohon Plum Tabulampot

Buah plum tak hanya bisa ditanam di lahan yang luas, buah plum ini juga bisa tumbuh dengan baik dalam pot ataupun polybag. Lakukan penanaman dengan cara mencangkoknya. Hanya dalam kurun waktu sekitar 1-2 bulan pasca cangkok, bibit tanaman buah plum ini siap dipindahkan ke dalam pot. Adapun caranya ialah dengan mencampurkan tanah dengan pupuk kotoran hewan ternak, bisa kotoran sapi atau kambing, dengan perbandingan 1:1.

Penggunaan pupuk kandang ini dilakukan saat media tanam sudah menyusut. Selain melakukan pemupukan, dalam menanam buah plum dalam pot, anda juga perlu untuk melakukan penyiraman. Tahap penyiraman ini bisa dilakukan sehari sekali apabila media tanam telah kering. Tabulampot buah plum dataran rendah ini sebaiknya diletakkan pada tempat yang terkena pantulan sinar matahari secara langsung. Dengan begitu, pertumbuhan buah plum akan lebih maksimal.

Apabila tanaman inangnya telah siap, bibit buah plum dapat anda tanam. Bila dibudidayakan di lahan, perlu dibuatkan lubang penanaman dengan kedalaman 10-15 cm. Jarak tanam antar bibit buah plum sebaiknya sekitar 3 meter. Ketika diameter pohon mencapai 5-10 cm, plum sudah mulai berbuah. Buah plum baru benar-benar bisa dipanen ketika plum berusia sekitar 3 tahun.

Title :Kupas Tuntas Buah Plum, Jenis Nutrisi Dan Manfaatnya
Link :Kupas Tuntas Buah Plum, Jenis Nutrisi Dan Manfaatnya

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Kupas Tuntas Buah Plum, Jenis Nutrisi Dan Manfaatnya :