Kupas Tuntas Susu Sapi dan Kambing, Kandungan Nutrisi, Bahaya dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Baca Juga:





Meski Menyehatkan Tetapi Jika Berlebihan Minum Susu Sapi dan Kambing Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan

Susu adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia, salah satunya manusia. Susu adalah sumber gizi utama bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan padat. Semua orang tentu tahu jika susu sapi adalah salah satu jenis minuman yang memiliki kandungan zat penting untuk tubuh dalam jumlah dan kualitas yang sangat bagus untuk kesehatan. Bahkan susu segar bisa dianggap sebagai minuman terbaik jika dibandingak dengan minuman lainnya. Meski susu sangat baik bagi tubuh kita tetapi mengonsumsinya juga sebaiknya tidak berlebihan.
Susu didefinisikan sebagai sekresi normal kelenjar mamari/ambing mamalia, atau cairan yang diperoleh dari pemerahan ambing sapi sehat tanpa dikurangi atau ditambah sesuatu (Soeparno, 1992; Syarief dan Irawati, 1988). Susu adalah hasil ekskresi kelenjar susu binatang menyusui, yang dipandang dari segi gizi merupakan bahan makanan yang hampir sempurna (Buckel et al., 1987). Definisi susu menurut Hadiwiyoto (1983) adalah hasil pemerahan sapi atau hewan menyusui lainnya yang dapat dimakan atau dapat digunakan sebagai bahan makanan yang aman dan sehat serta tidak dikurangi komponen-komponennya atau ditambahkan bahan-bahan lain.
Komponen susu selain air merupakan total solid (TS) dan total solid tanpa komponen lemak atau solid non fat (SNF). Total Solid (TS) yang terkandung dalam susu rata-rata 13% dan solid non fat (SNF) rata-rata 9,5% (Rahman et al., 1992). Menurut Adnan (1984), zat-zat yang ada di dalam air susu seperti air, lemak, protein, gula dan mineral berada dalam tiga keadaan yang berbeda: 1) sebagai larutan sejati, misalnya: hidrat arang, garam-garam organik, vitamin dan senyawa-senyawa nitrogen bukan protein; 2) sebagai larutan koloidal, terutama partikel-partikel yang besar yang dapat memberikan efek Tyndal, dalam golongan ini termasuk protein dan enzim; 3) sebagai emulsi, seperti: lemak dan senyawa-senyawa yang mengandung lemak yang terdapat sebagai emulsi berbentuk globula-globula.

Kandungan Gizi Susu Yang Bermanfaat

Air merupakan komponen terbanyak dalam susu. Jumlahnya mencapai 84-89%. Air merupakan tempat terdispersinya komponen-komponen susu yang lain. Komponen-komponen yang terdispersi secara molekuler adalah laktosa, garam-garam mineral dan beberapa vitamin. Protein-protein kasein, laktoglobulin dan albumin terdispersi secara koloidal, sedangkan lemak merupakan emulsi (Hadiwiyoto, 1994). Karbohidrat. Laktosa merupakan karbohidrat yang menyebabkan susu berasa manis. Kandungan laktosa dalam susu adalah 4,5% (Rutgers dan Ebing, 1992). Hadiwiyoto (1994), menjelaskan bahwa k omposisi susu sangat lengkap seperti karbohidrat, laktosa, protein, lemak, vitamin dan air terdapat dalam susu.  
Mineral Terutama Kalsium

Yang paling diingat jika berbicara soal kandungan gizi pada susu adalah kalsium. Sumber kalsium tertinggi ada pada susu. Nutrisi yang termasuk dalam kelompok mineral ini berfungsi dalam proses mineralisasi gigi dan sebagai bahan pembentuk tulang.

Karena itu, kalsium sangat baik untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang dan membantu membuat gigi menjadi lebih kuat dan sehat, baik pada gigi susu, masa pertumbuhan gigi dewasa, bahkan pada saat kamu mencapai usia dewasa. Setelah gigi tumbuh, gigi-geligi memerlukan kalsium sehingga bisa berkembang dengan baik.

Kandungan gizi pada susu bukan hanya kalsium. Ada pula fluor yang merupakan mineral penting untuk pertumbuhan dan mempertahankan kesehatan tulang dan gigi selain kalsium. Fungsi fluor sebagai bahan pembentuk kristal hydroxyapatite dan mencegah gigi mengalami demineralisasi, yakni berhentinya proses mineralisasi, dan tulang-tulang atau jaringan keras tubuh menjadi rapuh saat gigi terkena asupan makanan atau minuman yang memiliki rasa asam.

Protein

Pada umumnya, kandungan protein dalam susu sebanyak 3,2 gram. Protein dalam susu memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu. Selain itu, protein juga memiliki kemampuan memberi asam amino utama pada tubuh yang berguna membentuk jaringan tubuh dan membangun sel-sel tubuh yang beragam.
Susu mengandung beberapa enzim diantaranya : lipase, fosfatase, peroksidase, katalase, galaktose, dehidrogenase dan lactose (Hadiwiyoto, 1994). Enzim utama yang normal terdapat di dalam susu adalah: laktoperoksidase, ribonuklease, antinoksidase, katalase, aldolase, laktase dan kelompok fosfatase, lipase, esterase, protease, amilase dan oksidase (Daulay, 1990). Enzim-enzim yang berfungsi sebagai indikator panas adalah fosfatase dan peroksidase dan enzim yang menyebabkan kerusakan adalah lipase (Buckle et al., 1987). 
Susu merupakan salah satu sumber protein hewani yang memiliki daya cerna tinggi dan kaya akan protein, laktosa, mineral dan vitamin (Buckle et al,. 1987; Varnam dan Sutherland, 1994). Protein susu terdiri atas kasein, laktalbumin dan laktoglobulin. Kasein merupakan protein yang terbanyak jumlahnya daripada laktalbumin dan laktoglobulin. Namun di samping ketiga jenis protein tersebut terdapat pula protein lainnya sebagai enzim dan immunoglobulin (Hadiwiyoto, 1994). Protein dalam susu dapat dibedakan menjadi dua kelompok utama yaitu kasein (protein yang dapat diendapkan oleh asam dan enzim rennin) dan protein whey (protein yang dapat terdenaturasi oleh panas dengan suhu sekitar 650C) (Buckle et al,. 1987).

Lemak

Lemak juga menjadi salah satu kandungan gizi pada susu. Tenang saja, lemak yang ada pada susu termasuk dalam lemak sehat yang tidak dapat meningkatkan kamu terkena penyakit kardiovaskular. Sebaliknya, lemak susu bisa menurunkan risiko obesitas yang secara tidak langsung menurunkan risiko penyakit jantung. Bentuk lemak susu adalah cair sehingga mudah dicerna. Jumlah lemak pada susu ada sekitar 3,5 gram sedikit lebih banyak dari kandungan proteinnya.

Laktosa

Laktosa merupakan gula yang mengandung dua unsur yaitu glukosa dan galaktosa. Laktosa sendiri pun masih tergolong karbohidrat yang aman dikonsumsi oleh tubuh. Tanpa adanya karbohidrat, tubuh akan cepat lelah, lemas, lesu dan letih. Laktosa tidaklah begitu manis dan membuat aman diminum oleh pengidap diabetes.

Vitamin

Vitamin juga ada dalam kandungan gizi pada susu. Vitamin yang terdapat pada susu diantaranya vitamin B1 yang bermanfaat untuk membantu dalam mengonversi karbohidrat menjadi glukosa yang akan menghasilkan energi untuk berbagai fungsi dalam tubuh. Ada pula vitamin B1 yang berguna mempertahankan fungsi syaraf dan kesehatan jantung.
Vitamin. Umumnya vitamin yang terdapat dalam susu adalah vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, K dan vitamin yang larut dalam air seperti vitamin B dan C (Daulay, 1990). Susu, tinggi akan kandungan vitamin A yang terlarut dalam lemak (Winarno, 1993).
Vitamin C juga ada pada susu yang mampu memperbaiki jaringan sel kulit, mencegah naiknya tekanan darah, meningkatkan kesehatan mata, mencegah penyakit dan melawan sel kanker, meningkatkan mood, menurunkan risiko terjadinya serangan jantung, mengurangi komplikasi pilek, mencegah stroke, dan mencegah penuaan dini
Komposisi susu dibagi menjadi dua bagian yaitu 87,25% berupa air dan 12,75% berupa zat padat, dimana zat padat dibagi lagi menjadi empat bagian yaitu: lemak, protein, laktosa dan   mineral (Buckle et al., 1987). Komposisi rata-rata susu sebagai berikut: lemak 3,9 %, protein 3,4 %, laktosa 4,8 %, mineral 0,72 % dan   zat lain dalam jumlah sedikit seperti sitrat, enzim fosfolipid dan vitamin (Hadiwiyoto, 1994). Susu mengandung rata-rata 4% lemak; 3,5% protein; 4,7% laktosa; 0,8% abu; 87% air serta total bahan padat 13% (Soeparno, 1992). Secara umum susu sapi terdiri atas air 88,3%, lemak 3,5%, protein 3,2%, karbohidrat 4,3% dan   lain-lain 0,7% (Departemen Kesehatan RI, 1981).

Mengapa susu baik untuk dikonsumsi? Ada beberapa hal yang perlu diketahui :
  • Susu mengandung kalsium dalam jumlah yang tinggi yang mudah diserap tubuh. Dengan mengonsumsi susu kita mendapat asupan kalsium yang paling mudah dicerna. Selain itu juga kita mendapatkan zat besi, protein, mineral, dan vitamin untuk tubuh.
  • Susu kaya akan laktosa yang diperlukan untuk perkembangan otak di 2 tahun pertama kehidupan dan sebagai salah satu sumber energi.  Laktosa adalah gula yang hanya terkandung dalam susu.
  • Berdasarkan hasil riset di Eropa, anak yang mengonsumsi susu mempunyai postur tubuh lebih tinggi dibanding anak yang tidak mengonsumsi susu terkait dengan kandungan IGF-1(Insulin Growth Factor – 1)

Bahaya Minum Susu Berlebihan

Menurut sebuah studi dari 12.000 anak-anak sebagai subyek, ditemukan bahwa ketika anak minum lebih banyak susu, mereka mendapat lebih banyak susu. Dalam penelitian yang sama, 1% dan susu skim sebenarnya memiliki tingkat yang lebih tinggi dari kenaikan berat badan daripada mereka yang minum susu atau 2%. Ini adalah kebalikan dari apa yang klaim industri susu. Hal ini juga mengejutkan bahwa ketika anak-anak minum susu bukan soda, itu tidak menyebabkan mereka untuk menurunkan berat badan. Dan telah ditemukan bahwa protein yang ditemukan dalam produk susu dari hewan sebenarnya menyedot kalsium dari tubuh. Hal ini cukup kebalikan dari apa yang Anda mungkin berpikir bahwa susu benar-benar mempromosikan kesehatan tulang.
Segala jenis makanan maupun minuman jika dikonsumsi secara berlebihan pasti akan menyebabkan masalah pada tubuh. Efek samping yang negatif dari konsumsi berlebihan akan muncul mengganggu kesehatan kita. Demikian juga untuk susu, konsumsi berlebihan akan timbul efek negatif seperti dilansir dari infoherbalis.com berikut ini.

1.Tulang Rapuh

Wanita yang minum dalam jumlah besar susu susu setiap hari lebih mungkin untuk memiliki patah tulang dibandingkan wanita yang minum sangat sedikit atau tidak ada susu sama sekali menurut penelitian oleh para profesional kesehatan Swedia.

2.Cancer

Menurut penelitian, pria yang mengkonsumsi produk susu dan susu sebenarnya lebih rentan terhadap kanker prostat. Pada alternatif, mereka yang tidak termasuk susu dalam diet mereka telah melihat perkembangan melambat kanker prostat.

3.Intolerance dari Laktosa

Gula yang ditemukan dalam susu sapi adalah laktosa dan sulit bagi sebagian orang untuk mencerna yang dapat menyebabkan diare, kembung, mual, dan kram. Sementara ini umum pada anak-anak, juga dapat terjadi pada orang dewasa yang menghasilkan gejala yang lebih buruk.

4.Penyebab Jerawat

Pada anak perempuan dan anak laki-laki, penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi semua jenis produk susu yang berasal dari susu sapi dapat meningkatkan potensi memiliki jerawat dan juga dapat meningkatkan tingkat keparahan.

5.meningkatkan Kolesterol

Ada dapat sebanyak 24 miligram kolesterol dalam satu porsi susu hewan sapi .

6. Resiko Kanker ovarium

Wanita yang mengkonsumsi empat atau lebih porsi produk susu setiap hari dua kali lebih rentan untuk mengembangkan kanker ovarium dibandingkan dengan wanita yang minum dua atau lebih porsi susu menurut penelitian medis Swedia.

7.Bisa memicu Alergi dari Susu

Hal ini umum bahwa anak-anak mengembangkan intoleransi laktosa dan susu alergi. Hal ini dapat menyebabkan reaksi buruk termasuk muntah atau bahkan anafilaksis.

8. Temuan Antibiotika telah banyak Ditemukan di tubuh Sapi Apakah Sehat untuk Anda?

Seringkali hewan dipompa penuh antibiotik untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan produksi susu. Karena ini, dapat menyebabkan tubuh kita untuk membuat bakteri dalam tubuh yang resisten terhadap antibiotik sehingga jika kita menjadi sakit dan perlu antibiotik, ada kemungkinan bahwa mereka tidak efektif.

9 Tingkat Lemak Jenuh di Tubuh

Satu porsi susu mungkin berisi lebih dari cara tunjangan harian yang direkomendasikan (RDA) dari lemak jenuh. Susu mengandung 20% ​​dari RDA sedangkan susu 1% memiliki 8%. Katakanlah setiap hari Anda menghemat rata-rata tiga porsi Anda dapat memakan mana saja 24-60% dari uang saku harian yang direkomendasikan Anda dari lemak jenuh bahkan sebelum Anda makan apa pun.

10.Meningkatkan di Berat

Menurut sebuah studi dari 12.000 anak-anak sebagai subyek, ditemukan bahwa ketika anak minum lebih banyak susu, mereka mendapat lebih banyak susu. Dalam penelitian yang sama, 1% dan susu skim sebenarnya memiliki tingkat yang lebih tinggi dari kenaikan berat badan daripada mereka yang minum susu atau 2%. Ini adalah kebalikan dari apa yang klaim industri susu. Hal ini juga mengejutkan bahwa ketika anak-anak minum susu bukan soda, itu tidak menyebabkan mereka untuk menurunkan berat badan.

11.menurunkan kualitas Kesehatan Tulang

Telah ditemukan bahwa protein yang ditemukan dalam produk susu dari hewan sebenarnya menyedot kalsium dari tubuh. Hal ini cukup kebalikan dari apa yang Anda mungkin berpikir bahwa susu benar-benar mempromosikan kesehatan tulang.

Catatan : perlu baca juga literatur lainnya, boleh jadi benar tetapi statemen diatas bisa juga kurang tepat karena perlu juga dicatat menurut saya Susu Sapi juga baik , hanya jangan sampai berlebihan mengkonsumsinya.

Macam-macam Jenis Susu

Susu Segar (Fresh Milk)

Susu segar dihasilkan dari hewan ternak perahan, seperti sapi, kerbau, kambing,domba, dan kuda yang sehat dan tidak tercampur kolostrum. Susu segar tidakmengandung tambahan air, bahan tambahan pangan dan antibiotik, dan belummengalami perubahan warna, bau, serta kekentalan. Susu segar paling lezat karenaasam lemak susunya belum rusak akibat proses pengawetan. Susu segar yang akandiminum langsung sebaiknya dipanaskan (tidak dididihkan agar emulsi susu tidakpecah) hingga mencapai suhu 70oC selama 5 - 10 menit

Susu Bubuk.

Susu bubuk sering digunakan dalam membuat kue, dalam resep-resep yang adonannya akan terlalu cair bila digunakan susu cair. Susu bubuk juga sering ditemukan dalam bantuan pangan PBB, di tempat-tempat penampungan pengungsi, gudang-gudang serta tempat-tempat lainnya di mana susu segar sulit digunakan. Susu bubuk tanpa lemak yang dibuat dengan cara pengeringan atau spray dryer untuk menghilangkan sebagian air dan lemak tetapi masih mengandung laktosa, protein, mineral, vitamin yang larut lemak, dan vitamin yang larut air (B12). Susu bubuk paling disukai karena kemudahan penyimpanannya, harga ekonomis dikarenakan daya tahan susu bubuk. Beberapa produsen susu sering kali menambahkan zat gizi tertentu seperti vitamin dan mineral agar kualitas nutrisinya lebih baik. Khusus susu formula bayi, penambahan zat gizi harus memenuhi standar tertentu sehingga bisa mendekati kualitas ASI.
Susu Pasteurisasi

Merupakan susu segar yang mengalami proses pemanasan 72oC selama 15 detik dengan tujuan membunuh organisme merugikan, seperti bakteri, virus, dan protozoa. Pasteurisasi hanya mampu menghambat pertumbuhan spora tapi tidak dapat mematikan sporanya, terutama spora bakteri yang bersifat termoresisten alias tahan terhadap suhu tinggi. Karena hanya mengalami proses pemanasan, jenis susu ini perlu disimpan dalam lemari pendingin bersuhu 5 - 6oC dan hanya bisa disimpan selama 2 minggu. Jika kemasan dibuka dengan suhu ruangan tahan sekitar 16 Jam.



Susu Homogenisasi

Merupakan susu pasteurisasi yang kemudian diproses lagi dengan tekanan tinggi sehingga butiran-butiran lemaknya menjadi lebih halus. Dengan cara ini bila susu disimpan, lemak tidak lagi mengapung di permukaan. Susu homogenisasi perlu disimpan di lemari pendingin supaya tidak cepat rusak.

Susu UHT (Ultra High Temperature)

UHT adalah susu yang disterilisasi dengan suhu tinggi (135-145 derajat Celcius) dalam waktu yang singkat selama 2-5 detik. Pemanasan dengan suhu tinggi ini bertujuan untuk membunuh seluruh mikroorganisma (baik bakteri pembusuk maupun patogen) dan spora. Waktu pemanasan yang singkat dimaksudkan untuk mencegah kerusakan nilai gizi susu serta untuk mendapatkan warna, aroma dan rasa yang relatif tidak berubah seperti susu segar. Susu UHT lebih tahan lama - hingga 10 bulan - dan tak perlu disimpan di lemari pendingin, kecuali bila kemasannya sudah dibuka.

Susu Evaporated (Susu Kental)

Susu ini dihasilkan dengan penguapan hingga cairan susu menguap dan menjadi pekat. Selama prosesnya ada beberapa vitamin yang rusak, terutama vitamin D sehingga perlu penambahan vitamin A, D, dan E. Susu yang dikenal juga sebagai susu kental manis ini kandungan gulanya memang amat tinggi dan memang tidak ditujukan untuk pemenuhan gizi seimbang melainkan lebih banyak digunakan sebagai campuran bahan masakan.

Susu Skim dan Susu Krim (full cream)

Susu skim adalah susu segar yang tertinggal setelah kandungan krimnya diambil sebagian atau seluruhnya. Kandungan zat gizinya sama dengan susu segar, kecuali lemak dan vitamin yang larut dalam lemak. Sedangkan susu krim (full cream) adalah susu segar yang kaya akan lemak. Susu krim ini muncul ke permukaan pada saat susu didiamkan atau saat dilakukan pemisahan.

dari : https://ift.tt/2ATwdBT dan theheartysoul.com dan sumber-sumber lainnya seperti https://ift.tt/35ecif1 dll.

Title :Kupas Tuntas Susu Sapi dan Kambing, Kandungan Nutrisi, Bahaya dan Manfaatnya Bagi Kesehatan
Link :Kupas Tuntas Susu Sapi dan Kambing, Kandungan Nutrisi, Bahaya dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Kupas Tuntas Susu Sapi dan Kambing, Kandungan Nutrisi, Bahaya dan Manfaatnya Bagi Kesehatan :