Kupas Tuntas Buah Nangka, Bahaya, Manfaat Dan Kandungan Gizinya

Baca Juga:







Jenis dan Kandungan Nutrisi Buah Nangka Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan dan Bahaya Jika Berlebihan Memakan Buah Ini

Nangka adalah buah yang mengandung cukup banyak nutrisi pada tubuh. Nutrisi yang dikandung oleh nangka terdiri dari karbohidrat, protein, serat, lemak, vitamin C, hingga magnesium, dan potasium. Nutrisi itu bermanfaat untuk tubuh dan bisa menyuplai kebutuhan kalori dan juga mineral yang sangat penting. Setiap 1 cup buah nangka segar, Anda akan mendapatkan kalori sebesar 157. Jumlah kalori ini tidak terlalu besar sehingga nangka cocok dijadikan camilan. Selanjutnya kandungan karbohidratnya sekitar 39 gram per sajian atau setara dengan 100 gram nasi. Dengan jumlah yang banyak ini, nangka bisa digunakan sebagai pengganjal perut.
Di Indonesia pohon nangka ini memiliki beberapa nama daerah antara lain nongko/nangka (Jawa, Gorontalo), langge (Gorontalo), anane (Ambon), lumasa/malasa (Lampung), nanal atau krour (Irian Jaya), nangka (sunda). Beberapa nama asing yaitu: nangka (Malaysia), kapiak (Papua Nugini), liangka (Filipina), peignai (Myanmar), khnaor (Kamboja), mimiz, miiz hnang (laos), khanun (Thailand), mit (Vietnam).

Buah nangka, siapa tidak kenal nangka? Buah yang kulitnya diselimuti duri tetapi duri yang lunak tidak seperti duri pada durian. Saat masih muda, warna nangka hijau dan akan berubah menguning saat menjelang tua atau masak. Nuah nangka memiliki aroma yang khas ketika masak yaitu aroma harum khas nangka. Nangka yang masih muda sangat bergetah dan tidak mungkin langsung dimakan karena rasanya "sepet". Nangka muda hanya layak dijadikan bahan masakan.
Kandungan protein pada nangka tidak terlalu besar karena memang hanya buah. Meski demikian, kandungan serat pangannya cukup tinggi. Mengonsumsi nangka secara rutin dan takarannya tepat akan membuat Anda jarang sekali mengalami sembelit karena pencernaan berjalan lancar. Kandungan vitamin C per sajian sekitar 22,6 mg, cukup banyak dan bisa membantu mencukupi kebutuhan harian. Selanjutnya magnesium dan potasium yang terkandung dalam nangka juga bermanfaat untuk kerja organ di dalam tubuh khususnya menjaga kesehatan tulang dan aliran darah.
Yogyakarta adalah kota yang bisa diidentikkan dengan nangka karena dikota inilah nangka menjadi bahan masakan yang mendunia. Siapa yang tidak tahu Gudeg Yogya? Betul..! Bahan dasar gudeg yogya adalah nangka. Siapa kira masakan gudeg yang awalnya adalah makanan "ndeso" bisa jadi oleh-oleh khas yogya yang dikemas secara khusus seperti gudeg "kendil" contohnya. Gudeg kendil memiliki kekhasan pada wadahnya yang berupa kendil atau semacam kuali kecil. Isi gudeg kendil biasanya paket lengkap yaitu gudeg sendiri (nangka), telur rebus dan ayam. Bagaimana rasanya? jangan ditanya kalau kata Pak Bondan Mak Nyuss.

Kalau di Jawa Timur seperti di Malang dan di Probolinggo, nangka lebih banyak dibuat keripik yaitu keripik nangka. Rasa keripik nangka juga bisa dibuat bermacam-macam seperti original yang cenderung manis atau bisa dicampur dengan perisa makanan lain sesuai selera.

Nangka merupakan tanaman buah berupa pohon yang berasal dari India dan menyebar ke daerah tropis termasuk Indonesia. Di Indonesia pohon ini memiliki beberapa nama daerah antara lain nongko/nangka (Jawa, Gorontalo), langge (Gorontalo), anane (Ambon), lumasa/malasa (Lampung), nanal atau krour (Irian Jaya), nangka (sunda). Beberapa nama asing yaitu: nangka (Malaysia), kapiak (Papua Nugini), liangka (Filipina), peignai (Myanmar), khnaor (Kamboja), mimiz, miiz hnang (laos), khanun (Thailand), mit (Vietnam).

Nangka masuk dalam suku Moraceae; nama ilmiahnya adalah Artocarpus heterophyllus. Kalau dalam bahasa Inggris disebut jack fruit (buah jack?). Pohonnya merupakan tanaman tahunan yang mudah tumbuh bahkan diarea yang kurang subur juga gampang sekali tumbuh dan berkembang. Bisa dikembangbiakkan dengan bijinya, oh ya hampir lupa, biji nangka juga enak kalau direbus dengan ditambah sedikit garam, setelah empuk tinggal diangkat dan didinginkan, selanjutnya silakan dinikmati. Jangan lupa kulit bijinya dikupas terlebih dahulu karena kulit bijinya lumayan keras dan bisa nyangkut ditenggorokan.

Jadi kalau mau menanam nangka sangatlah mudah, beli saja nangka masak yang sudah benar-benar tua, pilih bijinya yang besar dan kondisi bagus kemudian keringkan seharian dibawah sinar matahari setalah itu siap ditanam, bisa langsung tanam ditanah atau menggunakan polybag. Gampang sekali bukan?

Manfaat Buah Nangka.

Meski belum ada penelitian resmi yang dilakukan pada manusia. Beberapa percobaan menunjukkan kalau pemberian nangka, khususnya bagian biji ke tikus, bisa menurunkan jumlah LDL atau kolesterol buruk di dalam tubuh. Penurunan kolesterol buruk ini akan menyebabkan peredaran darah berjalan lancar dan gangguan kardiovaskular tidak terjadi. Kalau Anda ingin menurunkan kolesterol buruk di dalam tubuh, tidak ada salahnya untuk menggunakan nangka atau bijinya. Makanlah dengan porsi yang tepat seperti 100-150 gram.


Ternyata nangka disamping sebagai bahan masakan dan juga enak dikonsumsi langsung ketika sudah masak, juga memiliki banyak manfaat. Daging buah nangka mempunyai zat tepung dan buah ini juga dikenal bermanfaat bagi kesehatan. Nangka merupakan sumber makanan yang kaya vitamin A, C, thiamin, kalium, kalsium, riboflavin, zat besi, niasin, dan seng. Buah ini juga mempunyai serat yang rendah kalori sehingga baik untuk pasien penyakit jantung.
Efek Samping Nangka. Mengonsumsi nangka ternyata memiliki beberapa efek samping pada beberapa orang. Efek samping yang sering dialami adalah nyeri di perut kalau makan terlalu banyak atau hanya sekadar mencobanya saja. Kondisi ini muncul karena ada alergi dengan getah nangka yang sangat banyak pada buah.
Berikut adalah sepuluh manfaat nangka bagi kesehatan tubuh kita, seperti yang dilansir di Boldsky dan sumber-sumber lainnya

  • Salah satu kandungan nutrisinya adalah Kalium. Kalium dalam nangka efektif dalam mengurangi kemungkinan penyakit jantung karena bisa menurunkan tekanan darah.
  • Dari beberapa penelitian yang dilakukan, ekstrak daun dari nangka bisa digunakan untuk menjaga kondisi tubuh dari diabetes agar tidak kambuh dan makin parah.
  • Nangka juga mempunyai Zat besi. Kandungan zat besi dalam buah yang berserat ini membantu mencegah anemia dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.
  • Nangka mengandung banyak sekali potasium. Mineral ini bermanfaat untuk tubuh khususnya untuk mencegah tingginya tekanan darah di dalam tubuh. Potasium akan menstabilkan tekanan darah berlebihan sehingga kondisi hipertensi tidak akan terjadi lagi. Karena mengandung cukup banyak potasium, kita tidak boleh terlalu banyak mengonsumsi buah ini tanpa dibakar terlebih dahulu. Terlalu banyak potasium di dalam diet juga bisa menyebabkan masalah pada tubuh.
  • Akar pohon nangka adalah obat yang baik bagi orang yang menderita asma. Merebus akar dan ekstrak nangka ternyata dapat membantu untuk mengontrol asma.
  • Salah satu manfaat kesehatan dari nangka adalah melindungi tiroid sehat. Mineral mikro dan tembaga dalam nangka juga efektif untuk metabolisme tiroid. Hal ini sangat baik untuk memproduksi hormon dan penyerapan.
  • Manfaat kesehatan dari nangka untuk tulang. Buah ini baik untuk anak-anak muda dalam menjaga kesehatan tulang. Nangka kaya akan magnesium yang memperkuat tulang dan mencegah tubuh dari gangguan tulang seperti osteoporosis.
  • Kaya vitamin C dan A. Manfaat gizi dari nangka adalah sumber makanana yang kaya akan vitamin C dan A. Nutrisi anti-oksidan dalam nangka memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari infeksi bakteri dan virus.
  • Dengan phyto-nutrisi dan vitamin C, nangka memiliki sifat anti kanker dan anti-penuaan. Nutrisi ini bisa menjauhkan Anda dari bahaya kanker dan memperlambat degenerasi sel untuk mencegah tubuh dari penyakit degeneratif.
  • Buah nangka yang dikonsumsi mengandung cukup banyak antioksidan bermanfaat seperti flavonoid, saponin, dan tanin. Tiga antioksidan yang sangat bermanfaat ini bekerja untuk mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh dan menyerang yang sudah terlanjur masuk. Seperti yang kita tahu, sel kanker yang masuk ke dalam tubuh umumnya mudah sekali dipicu oleh radikal bebas atau racun. Misal pada perokok, racun bisa masuk hingga ke tingkat sel dan membangkitkan sel kanker yang berbahaya. Dengan makan nangka hal seperti ini tidak akan terjadi.
  • Nangka dapat menjadi Sumber Energi. Gula alami seperti fruktosa dan sukrosa dalam buah nangka menjadikannya sebuah sumber energi. Nangka dapat meningkatkan energi dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol.
  • Nangka bisa menyembuhkan borok dan gangguan pencernaan. Buah berserat tinggi ini mencegah sembelit dan memperlancar gerakan usus.
  • Nangka juga bermanfaat untuk kesehatan mata dan kulit. Buah ini mengandung vitamin A yang memelihara kesehatan mata dan kelembutan kulit. Nangka juga mencegah gangguan mata seperti degenerasi makula dan rabun senja.
  • Buah nangka dan bijinya mengandung cukup banyak serat pangan yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Mengonsumsi buah yang sudah matang atau mengolah bijinya dengan direbut akan memperlancar sistem pencernaan. Anda akan jarang sekali mengalami sembelit yang membuat perut jadi kembung. Selain memperlancar pencernaan yang ada di dalam tubuh. Mengonsumsi nangka dan juga bijinya juga baik untuk bakteri yang ada di usus. Makanan ini mengandung prebiotik yang baik untuk tempat hidup bakteri. Dengan mengonsumsi nangka dan bijinya, jumlah bakteri baik di dalam usus bisa bertambah.

Macam-macam Jenis Buah Nangka

Dari segi sifat-sifat buahnya secara umum buah nangka mengenal dua kelompok besar yakni:

Nangka Bubur


Nangka Bubur

Daging buahnya tipis, berserat, lunak dan membubur, rasanya asam manis, dan berbau harum tajam.

Nangka Salak


Nangka Salak

Daging buahnya tebal, keras, mengeripik, rasa manis agak pahit, dan tak begitu harum.

Dari segi varietasnya, nangka terdapat banyak jenis:

Nangka Cempedak


Nangka Cempedak

Cempedak adalah tanaman buah-buahan dari famili Moraceae. Bentuk buah, rasa dan keharumannya seperti nangka, meski aromanya kerap kali menusuk kuat mirip buah durian.

Nangka Celeng Atau Nangka Bilulang


Nangka Celeng Atau Nangka Bilulang


Nangka Celeng itu sama dengan nangka bilulang, yaitu buahnya tumbuh di pangkal batang mendekati tanah bahkan ada yang muncul dari tanah. karena di tanah, makanya babi hutan (celeng) sering memakannnya. Nangka Bilulang berasal dari kalimantan Barat. Kalau Nangka Celeng berasal dari Banyuwangi (Jatim) dan tegal (jateng).

Nangka Dulang


Nangka Dulang


Nangka Dulang memiliki daging buah berwarna kuning cerah dengan bentuk buah yang besar dan tebal serta memiliki rasa yang sangat manis dengan kandungan kandungan air sedikit sehingga terasa renyah.

Nangka Kandel


Nangka Kandel


Nangka kandel bentuknya sama persis dengan jenis nangka pada umumnya, namun nangka ini memiliki keistimewaan daging buahnya yang tebal, tebalnya antara 0,60-0,75 cm lebih tebal dibandingkan dengan nagka lain.

Nangka Kunir


Nangka Kunir


Bentuk buah bulat dengan duri yang tumpul dan jarang. Warna kulit buah kuning kemerahan. Daging buah besar (panjang antara 6-7 cm, diameter 4 cm, dan tebal 1,0-1,5 cm). Rasa manis dengan aroma kuat dan sedikit mengandung air. Warnanya yang kuning cerah seperti kunyit menjadi dasar penamaan jenis nangka ini. Ukuran biji relatif kecil. Dami sedikit, berukuran besar dan lebar, warna putih, dan enak dimakan karena manis.


Nangka ini adalah daging buahnya tidak berwarna kuning tetapi merah. Daging buahnyapun relatif cukup besar dan tebal. Nangka Merah adalah nagka yang berasal dari Kalimantan Timur.

Nangka Mini


Nangka Mini


Pohon nangka mini ini tingginya hanya 400 cm dengan diameter batang paling bawah 7 cm, berbuah hanya dalam 9-12 bulan, mampu berbuah lebat sekali. Per pohon bisa berbuah lebih dari 40 buah (meski sudah agak dijarangkan agar buah tidak kerdil), sampai-sampai pohonnya terlihat tidak mampu lagi menahan buahnya yang banyak.

Nangka Madu


Nangka Madu


Nangka Madu adalah hasil pengembangan riset karya negeri Jiran. Bibit nangka ini didapat dengan mengumpulkan berbagai varietas unggulan dan menggabungkannya secara rekayasa genetik.

Nangka Sri Bajong


Nangka Sri Bajong


Nangka sri bajong adalah hasil pengembangan riset bibit nangka dari Thailand ini menghasilkan buah nangka unggul. Buahnya besar dan tebal sedang bijinya sangat kecil. Buahnya sangat renyah, dan rasanya sangat manis.

Jadi, jangan kita meremehkan buah "ndeso" ini, karena dari hasil penelitian begitu banyak manfaat yang dikandung buah nangka bagi kesehatan tubuh kita. Mengkonsumsi buah nangka tidak boleh berlebihan karena efeknya bisa perut terasa panas dan jika tidak kuat bisa diare atau mencret.

Diolah dari berbagai sumber

Title :Kupas Tuntas Buah Nangka, Bahaya, Manfaat Dan Kandungan Gizinya
Link :Kupas Tuntas Buah Nangka, Bahaya, Manfaat Dan Kandungan Gizinya

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Kupas Tuntas Buah Nangka, Bahaya, Manfaat Dan Kandungan Gizinya :