Kupas Tuntas Buah Jeruk Nipis, Manfaat, Kandungan Nutrisi Dan Cara Budidaya Pohon Jeruk Nipis

Baca Juga:


Tips Cara Tanam dan Merawat Pohon Jeruk Nipis, Kandungan Nutrisi Jeruk Nipis, Manfaat Buah dan Daun Serta Macam-macam Penyakit Yang Bisa Diobati Dengan Ramuan Jeruk Nipis

Pada tumbuhannya sendiri, terdapat kandungan minyak atsiri dengan kandungan senyawa-senyawa kimia berupa fellandren, geranil asetat, limonen, dan linalin asetat. Pada air perasan buah jeruk nipis terdapat 8% kandungan asam sitrat.


Komposisi kimia dalam 100 gram jeruk nipis adalah air 86 gram, fosfor 22 mili gram, hidrat arang 12,4 gram, kalori 37 gram, kalsium 40 mili gram, lemak 0,1 gram, protein 0,8 gram, vitamin B1 0,04 mili gram, vitamin C 27 mili gram, dan zat besi 0,6 mili gram.

Senyawa-senyawa kimia yang bermanfaat dalam jeruk nipis antara lain adalah asam amino (lisin dan triptofan), asam sitrat, asam sitrun, belerang, besi, damar, glikosida, kadinen, kalsium, lemak, minyak atsiri (berupa aktilaldehid, felandren, gerani-lasetat, kadinen, linali-lasetat, lemon kamfer, limonen, nonildehid, dan sitral), vitamin B, dan vitamin C.

Selain senyawa-senyawa tersebut, terdapat pula senyawa saponin dan flavonoid, yaitu eriocitrin, eriocitrocide, hesperidin, naringin, dan tangeretin.

Khasiat dari hesperidin adalah sebagai anti inflamasidan anti oksidan. Selain itu, juga menjadi penghambat sintesa prostaglandin.

Manfaat jeruk nipis menurut sifat kimiawi dan efek farmakologis beragam. Jeruk memiliki sifat dingin, kelat, dan rasa asam. Efek farmakologisnya yaitu: antitusif (anti batuk), pencahar (laksatif), pereda dan penghilang rasa sakit (analgesik), penurun panas (antipiretik). Kandungan limonen pada jeruk nipis bersifat antioksidan yang membantu melarutkan toksin dari hati dan ginjal.

Manfaat jeruk nipis (Citrus aurantifolia) beraneka ragam. Menurut Prof. H. M. Hembing Wijayakusuma di dalam buku Penyembuhan dengan Jeruk, manfaat jeruk nipis antara lain: untuk menghilangkan bau badan, untuk mempercepat penyembuhan berbagai penyakit antara lain: radang jantung, disentri, wasir (hemoroid), influenza, demam, pusing, mual, batuk, asma, difteri, pegal linu, lelah, hipertensi (tekanan darah tinggi), batu empedu, radang saluranpernafasan (bronkitis), radang amandel (tonsilitis), radang usus buntu (apendisitis), keputihan, haid tidak teratur, haid terasa sakit atau nyeri haid (dismenore), buang air seni terasa sakit atau kurang lancar (oliguria), menurunkan berat badan atau mencegah obesitas (kegemukan).

Manfaat jeruk nipis untuk keputihan didapatkan dari ramuan berikut: 30 gram kunyit, 60 gram daun lidah buaya yangtelah dikupas kulitnya, direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 300 cc, saringlah dan tambahkanlah air perasan dari dua buah jeruk nipis. Minumlah. Manfaat jeruk nipis juga dapat menyetop kebiasaan merokok. Caranya sederhana, cukup dengan mengisap jeruk nipis. Lakukanlah beberapa kali dalam sehari, minimal satu bulan.

Bukan Hanya Buahnya, Daun Jeruk Nipis Juga Sangat Berguna Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit Secara Alami


Mencegah penyakit Mulut dan Gigi

Gigi dan mulut adalah bagian tubuh yang perlu kita pėrhatikan dengan baik. Dengan memberikan perawatan rutin pada mulut dan gigi akan berpengaruh pada kesehatan Anda secara keseluruhan. Mulut dan gigi yang sehat dapat memberikan dukungan pada penampilan Anda. Karang gigi, gusi bėngkak, sariawan dan gigi yang bėrlubang merupakan permasalahan umum yang terjadi pada mulut dan gigi. Daun jėruk mengandung vitamin C yang berkhasiat untuk memberkan perlindungan kesehatan pada gigi dan gusi. Kunyahlah beberapa lembar daun jėruk nipis segar lalu berkumur. Nafas Anda akan terasa segar dan harum, bau mulut akan segera lenyap.

Menghilangkan kembung di perut

Beberapa hal dapat memicu gas berlebih di lambung, seperti stress, kecemasan dan pola makan yang buruk. Daun jeruk nipis mengandung banyak asam esensial dan apigenin. Senyawa ini bisa membantu menekan produksi gas dalam lambung juga memiliki sensasi menentramkan. Rebuslah daun jeruk nipis segar untuk dicampurkan minuman seperti teh atau minuman lainnya. Tambahkan madu atau gula aren sebagai penambah rasa.

Mengobati Luka

Daun Jeruk Nipis dapat mengobati luka. Seperti luka gores. Ambil beberapa lembar daun jeruk nipis lalu tumbuk halus sampai jadi pasta. Balurkan pada luka, ganti baluran beberapa kali sehari.

Mengatasi Diare

Diare biasanya disebabkan oleh bakteri pada makanan, masuknya kuman ke dalam pencernaan melalui
makanan mengganggu keseimbangan flora usus, tubuh menolak bakteri dengan cara mengeluarkannya lagi melalui feses (diare). Diare menyebabkan rasa tak nyaman pada perut, untuk meredakannnya Anda bisa meminum seduhan daun jeruk nipis dengan sedikit madu.

Membantu meringankan gangguan pernapasan

Diketahui daun jeruk nipis dapat meredakan gangguan pernapasaan seperti sesak dan batuk. Beberapa hal dapat memicu batuk dan sesak, misalnya alergi dan flu. Seduhan daun jeruk nipis ditambah madu dapat menghangatkan saluran pernapasan dan melegakannya.

Mengatasi Reumatik

Peyakit persendian yang kerap menyerang mereka yang berusia lanjut ini dapat diatasi dengan cara meremas atau melumatkan beberapa lembar daun jeruk nipis dan mengusapkannya pada bagian yang sakit. Ini akan meredakan sakit persendian akibat reumatik.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Mengobati Ambeien, Panas Demam, Amandel, Batuk dan Gangguan Perut (Mulas)

Cara Mengobati Ambeien Dengan Jeruk Nipis

Berbeda dengan ramuan untuk obat sakit yang lain, untuk mengobati sakit ambeien yang dimanfaatkan bukanlah buah jeruk nipisnya, tetapi akar dari tanaman jeruk nipis. Sekitar 3 – 4 potong akar tanaman jeruk nipis yang sudah dicuci bersih, direbus dengan 1 liter air biasa sampai tersisa separuhnya. Air rebusan tersebut kemudian disaring dan diminum secara rutin satu hari sekali setiap sore.

Cara Pengobatan Menggunakan Jeruk Nipis Untuk Mengobati sakit panas

Untuk mengobati sakit panas, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 1 buah jeruk nipis, 4 siung bawang merah, 1 sendok minyak kayu putih dan minyak kelapa secukupnya. Cara membuatnya, 4 siung bawang merah dihaluskan terlebih dahulu, kemudian dicampur dengan perasan jeruk nipis, ditambah dengan minyak kayu putih dan minyak kelapa secukupnya. Ramuan yang telah dibuat digunakan untuk kompres pada dahi orang yang sakit panas.

Cara Mengatasi dan Mengobati Amandel Dengan Jeruk Nipis

Untuk mengobati sakit amandel, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 1 buah jeruk nipis, 1 rimpang kunyit dan 2 sendok makan madu. Cara membuatnya, rimpang kunyit diparut dan hasil parutannya diperas untuk diambil sarinya. Kemudian hasil perasan kunyit tersebut dicampur dengan sari jeruk nipis yang diperas dan tambahkan 2 sendok makan madu yang telah disiapkan. Bahan-bahan yang sudah dicampur kemudian diaduk sampai merata dan ditambah setengah gelas air untuk membuatnya lebih encer. Jika sudah selesai, ramuan yang telah dibuat kemudian disaring dan bisa langsung diminum. Untuk mengobati amandel, ramuan ini sebaiknya diminum secara rutin 2 hari sekali.

Manfaat Jeruk Nipis Sebagai Obat Batuk

Untuk mengobati sakit batuk, jeruk nipis bisa digunakan sebagai ramuan yang dikonsumsi secara langsung, atau juga sebagai ramuan oles yang penggunaannya seperti balsem. Untuk membuat ramuan yang dikonsumsi, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 1 buah jeruk nipis, 1 sendok makan kecap dan garam secukupnya. Jeruk nipis diperas untuk diambil sarinya, kemudian hasil perasannya dicampur dengan 1 sendok makan kecap dan garam secukupnya. Ramuan yang sudah dibuat, bisa diminum sehari sekali secara rutin sampai batuk sembuh.

Cara pemanfaatan lain jeruk nipis untuk obat batuk, adalah dengan membuatnya menjadi ramuan oles. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 1 buah jeruk nipis, 2 rimpang jahe dan 1 sendok minyak kayu putih. Cara membuatnya, jeruk nipis dibakar terlebih dahulu, kemudian dibelah menjadi 4 bagian. 2 rimpang jahe yang sudah disiapkan, diparut dan dicampur dengan 1 sendok makan minyak kayu putih, masukan jeruk nipis yang sudah dibakar dan dibelah, aduk sampai merata. Cara penggunaannya, ramuan yang sudah dibuat dioleskan pada dada dan punggung setiap selesai mandi pagi dan sore. Bisa dilakukan secara rutin sampai batuk sembuh.

Cara Mengatasi Gangguan Perut Menggunakan Jeruk Nipis

Untuk mengobati gangguan perut yang mulas, bahan-bahan yang dibutuhkan 1 buah jeruk nipis dan 1 rimpang kunyit. Kunyit diparut terlebih dahulu, kemudian diperas untuk diambil sarinya dan dicampur dengan perasan jeruk nipis. Bahan-bahan yang sudah dicampur ini diberi setengah gelas air hangat dan aduk sampai merata. Setelah dicampur dengan air, ramuan kemudian disaring. Lakukan hal yang sama untuk membuatnya dan meminumnya dua hari sekali setiap pagi dan sore. Diminum secara rutin sampai perut mulasnya sembuh.

Budidaya Jeruk Nipis Dalam Pot

Persiapan Media Tanam Jeruk Nipis dan Pot

Pot yang digunakan memiliki banyak ragam, ada pot dari semen, plastik, keramik, dan porselen. Jadi terserah anda mau memakai pot yang bagaimana. Yang penting, ukuran pot disesuaikan dengan ukuran tanaman Jeruk Nipis. Jika masih kecil, bisa dipakai pot berdiameter sekitar 20-40 cm. Tetapi, jika sudah besar, perlu dipindahkan ke pot berdiameter 50-60 cm.

Pakai pot yang bawahnya berlubang dan berkaki ya, supaya bisa membuang kelebihan air dan tampak bersih, sekaligus membantu memperlancar proses aerasi dan drainase. Untuk media tanam ada beberapa persyaratan dalam memilih dan menyiapkannya, antara lain : mudah merembeskan air yang berlebihan, tidak mengandung wabah hama dan penyakit, serta mengandung unsur hara, gembur, subur, dan kaya bahan aorganik.

Untuk komposisi campuran dianjurkan dengan cara campurkan tanah, sekam, dan humus bambu (1:1:1), atau campurkan tanah, pasir, dan pupuk kandang (1:1:1), atau campurkan tanah, pupuk kandang, dan serbuk gergaji (2:1:1), atau campurkan tanah dengan pupuk organik (6:1).


Langkah Penanamam Dan Perawatan Tanaman Jeruk Nipis Dalam Pot

Cara Membudidayakan Jeruk Nipis ini dianjurkan sebagai berikut : masukan media tanam ke dalam pot. Caranya, tutup lubang pada dasar pot dengan pecahan genteng atau batu bata merah selapis di dasar pot. Lalu, masukan selapis humus di atasnya dan isikan media tanam pilihan Anda hingga mencapai setengah bagian pot. Setelah itu masukan bibit Jeruk Nipis yang sudah dilepaskan dari polybag. Terakhir tambahkan media tanam sampai penuh.

Yang perlu diperhatikan dalam menanam adalh memangkas sebagian cabang rangting dan daun yang tidak berguna guna mengurangi penguapan. Meletakan bibit harus tepat ditengah secara tegak. Penutupan media tanam yang terakhir usahakan sepadat mungkin terutama di sekitar pangkal bibit. Bila perlu untuk menambah kesuburan bisa ditambahkan humus. Terakhir siram air secukupnya.

Selanjutnya pot letakan pada tempat yang benar. Dalam arti, tempat terbuka, terkena sinar matahari pada pagi hari hingga pukul 11, aman dari segala gangguan, dan lingkungan sekitarnya pun mendukung. Karena akan membuat Jeruk Nipis tumbuh subur dan produktif berbuah. Letakan pot secara berjajar teratur (sesuaikan dengan tempatnya). Yang penting jarak antara pot sekurang-kurangnya 2×2 m.

Penyiraman sangat diperlukan untuk proses pertumbuhan. Anjuran dalam penyiraman bisa dengan cara mengalirkan air melalui selang plastik ke dalam pot hingga cukup basah atau melakukan teknik penyiraman dengan sistem sumbu dan sistem irigasi tetes sederhana. Dianjurkan juga sebulan setelah tanam diberi pupuk. Guna menambah hasil yang baik dam Pembudidayaannya.

Pupuk yang dipakai setelah sebulan bisa pupuk Urea, TSP dan KCL (2:2:1) dengan takaran per pohon 2 sendok makan, caranya membenamkan disekeliling pot sedalam 10 cm. Jika sudah mulai berbunga, beri pupuk NPK (15-15-15) dilarutkan dalam 10 liter air dengan takaran 1 sendok makan per pohon, caranya siramkan cairan pupuk pada media hingga cukup basah. Kalau tanaman sudah rutin berbuah, pemupukan dilakukan 4 bulan sekali dengan pupuk NPK dan takarannya sama.

Yang perlu diperhatikan tentang hama itu ada 3 kurang lebihnya yang biasanya menyerah tanaman ini. Yakni ulat papilio, kutu daun, dan lalat buah. Dengan ciri daun berlubang, daun mengering bahkan berguguran. Untuk pengendaliannya potong bagian tanaman yang terserang. daun yang terlalu rimbun bisa dikurangi, atau semprotkan pestisida Hostathiom 40 EC, atau Kelthane 200 EC, atau Cymbush 50 EC.

Yang tak kalah pentingnya adalah pembentukan pohon dan pengaturan buah. Guna penampilan tanaman terlihat cantik, kondisi tanaman pendek, mahkota bagus, tunas bunga atau buah selalu terangsang tumbuh. Idealnya memakai rumusan 1-3-9 (1 batang utama dengan ketinggian 80-100 cm, 3 cabang primer sepanjang 30-50 cm, dan 9 cabang sekunder terpilih sepanjang 30-50 cm. Pemangkasan dilakukan pada musim penghujan. Setelah dipangkas, pada setiap luka pangkasan diolesi cat atau ter.

Jika dalam sebulan tidak berbunga, maka perlu dilakukan perangsangan dengan cara media tanam sengaja dikeringkan kemudian siram sedikit demi sedikit. Keringkan lagi hingga tanaman tampak layu, lalu siram perlahan-lahan sampai cukup basah. Lakukan selama 4-6 minggu. Jika masih tidak kunjung berbunga, maka perlu ditambahkan pupuk TSP sebanyak 50 gram/pot.
Keuntungan Berbudidaya Jeruk Nipis  Di Pot :
  • Memiliki profil tanaman yang cantik dan dapat dibentuk menjadi pendek.
  • Dapat berbuah dan berbunga sepanjang tahun
  • Mudah dipelihara dan dikembangbiakkan ( perawatannya sangat mudah )
  • Dapat dipindah-pindahkan sesuai keinginan.
Untuk menjaga agar tanaman berbuah sepanjang tahun, dan buahnys itu tetap bagus, digunakan zat pengatur tumbuh (ZPT). Beberapa ZPT dapat dipakai seperti Hobsanol, Atonik, Ethrel, Cultar, dan sebagainya. Anda bisa membelinya di toko / kios pertanian terdekat. Namun anda juga perlu mengatur pembuahan. Buah pertama sebaiknya dibuang seluruhnya. Hal ini guna merangsang pembentukan tunas-tunas produktif, sehingga pembungaan dan pembuahan lebih dekat.

Penggunaan Jeruk Nipis Sebagai Alat "Bersih-bersih" Perlengkapan Dapur dan Rumah Anda Didasarkan Pada Kandungan Kimiawi Zat Aktifnya


Pemanfaatan Kandungan Asam Sitrat dari Jeruk Nipis



Asam sitrat atau citric acid (rumus kimia: C6H807) banyak dikandung dalam buah jeruk. Di antara berbagai jenis buah jeruk, jeruk nipis dan jeruk lemon mengandung asam sitrat yang cukup tinggi, yaitu >45 gram per liter, atau mencapai 8% dari berat jeruk kering.
Asam sitrat adalah zat aktif pemutih (bleaching agent) dan pembersih. Produk-produk pemutih dan pembersih kimiawi di pasaran pun umumnya mengandung asam sitrat. Untuk skala besar keperluan industri, asam sitrat tidak didapat dari buah jeruk, melainkan diproduksi dari hasil fermentasi tetes tebu dengan bantuan mikroorganisme dari jenis Aspergillus niger.

Dengan kandungan asam sitrat yang tinggi dari buah jeruk nipis/jeruk lemon, Anda pun bisa mengambil manfaat dari bahan alami ini sebagai bahan pemutih dan pembersih untuk keperluan dapur. Sebagai ibu rumah tangga yang cerdas dan hemat, saatnya Anda beralih pada bahan alami yang tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga ramah di kantong.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Pemutih Kain



Taplak meja dapur, serbet dapur, atau serbet makan yang berwarna putih sering terlihat kusam dengan cepat. Ada cara mudah dan murah untuk mengembalikan kecemerlangan warnanya dengan asam sitrat dari jeruk nipis/jeruk lemon, karena kemampuan bahan kimia alami ini sebagai bleaching agent/bahan pemutih.

Caranya:
Campurkan 15 gelas air bersih dengan air perasan 2 buah jeruk nipis/jeruk lemon, aduk rata. Rendam serbet dapur/serbet makan ke dalam campuran ini selama semalam, lalu cuci bersih seperti biasa keesokan harinya. Jika Anda bermaksud memutihkan taplak meja dapur, Anda bisa menambah jumlah air dan perasan jeruk nipis/jeruk lemon yang dicampurkan dengan perbandingan yang sama. Tetapi jangan gunakan cara ini untuk bahan kain yang terbuat dari sutra.

Manfaat Jeruk Nipis Sebagai Pembersih Kerak Logam dari Air Sadah



Jika keran air dan tempat cuci piring di dapur Anda terlihat kusam dan terlihat noda-noda yang menempel lekat, besar kemungkinan air bersih yang Anda gunakan untuk mencuci mengandung senyawa-senyawa karbonat dari kalsium (Ca) atau magnesium (Mg). Air yang demikian disebut dengan air idah. Kerak yang menempel di keran air/bak cuci tersebut adalah endapan dari logam kalsium atau magnesium yang terakumulasi karena waktu.

Begitu juga jika Anda melihat sisi dalam dari ketel pemanas air, atau panci yang sering Anda gunakan untuk merebus air, berubah menjadi gelap setelah pemakaian beberapa lama. Noda gelap ini adalah akumulasi dari endapan logam kalsium atau magnesium yang terbawa oleh air sadah. Namun tak perlu cemas, karena bisa Anda bersihkan dengan asam sitrat dari buah jeruk/jeruk lemon.

Caranya:
Campurkan 1 liter air (kurang lebih 4 gelas air) dengan air perasan 1 buah jeruk nipis/jeruk lemon, aduk rata, basahi lap bersih dengan campuran air jeruk ini, lalu gunakan untuk membersihkan noda-noda di keran air/bagian dari tempat cuci piring, lalu bilas dengan air bersih.

Manfaat Jeruk Nipis Sebagai Pembersih Karat


Karat adalah senyawa yang terbentuk dari oksida besi (rumus kimia: Fe203), sebagai hasil reaksi dari unsur besi (Fe) dengan oksigen (O) dari air. Anda mungkin menjumpai karat besi berwarna oranye/jingga kekuningan yang menempel di sisi pisau dapur, peralatan masak, atau permukaan tempat cuci piring yang berbahan besi atau stainless steel. Asam sitrat mampu membersihkan karat ini.

Caranya:
Campurkan 2 sendok makan garam dapur yang berbutir halus dengan 1 sendok makan air perasan jeruk nipis/jeruk lemon hingga menyerupai pasta. Dengan lap kering, bubuhkan campuran ini ke bagian yang terkena karat sambil digosok pelan. Bersihkan dengan kain yang bersih.

Bagaimana Cara Kerja Asam Sitrat pada Jeruk nipis


Prinsip pembersihan asam sitrat berlangsung dengan pengikatan ion logam (yang berada di permukaan benda yang dibersihkan) oleh molekul dari asam sitrat. Dalam hal ini asam sitrat berfungsi sebagai agen chelat (chelating agent), yang mengikat ion-ion logam dalam ikatan organic yang disebut dengan ligand.

Saat kerak akibat air sadah dibersihkan dengan asam sitrat maka asam sitrat mengikat kalsium (Ca2+) atau magnesium (Mg2) pada kerak tersebut. Begitu juga saat karat besi (rumus kimia Fe2O3) dibersihkan dengan asam sitrat, maka ion besi (Fe3+) akan diikat oleh asam sitrat. Akibat terbentuknya ligand antara logam Ca2+, Mg2+ , atau Fe3+ dengan molekul asam sitrat, maka noda-noda kerak air sadah di keran air atau karat di permukaan perkakas dapur, selanjutnya bisa dibersihkan dengan mudah.

Diolah dari berbagai sumber media

Title :Kupas Tuntas Buah Jeruk Nipis, Manfaat, Kandungan Nutrisi Dan Cara Budidaya Pohon Jeruk Nipis
Link :Kupas Tuntas Buah Jeruk Nipis, Manfaat, Kandungan Nutrisi Dan Cara Budidaya Pohon Jeruk Nipis

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Kupas Tuntas Buah Jeruk Nipis, Manfaat, Kandungan Nutrisi Dan Cara Budidaya Pohon Jeruk Nipis :