Kupas Tuntas Tanaman Herbal Krokot, Kandungan Nutrisi, Efek Samping Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Baca Juga:


Manfaat krokot bagi kesehatan didukung oleh kandungan nutrisi pada tanaman krokot yang ternyata mengandung senyawa yang bisa menurunkan kolesterol.

Sekalipun dianggap rumput liar, krokot juga dimakan sebagai daun sayuran di banyak wilayah di Eropa, Timur Tengah, Asia, dan Meksiko. Di Eropa, krokot dibudidayakan sebagai sayuran,  misalnya sebagai salad atau sup. Sedangkan di Indonesia,  Hayu Dyah Patria, pendiri LSM Mantasa, memanfaaatkan krokot di Desa Galengdowo sebagai kue, sayur, dan botok.

Daun krokot berasa sedikit asam dan asin, bahkan seluruh bagian tanaman semuanya bisa dimakan. Rasa asam disebabkan oleh asam oksalat dan asam malat.

Krokot atau Portulaca oleracea, L., dikutip dari undip.ac.id, disebutkan dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti radang akut usus buntu, disentri, diare akut. Di Yunani kuno, krokot dianggap sebagai ramuan obat penting bagi pengobatan demam, gangguan perempuan, sakit perut, wasir.

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, krokot yang dikenal dengan nama ma chi xian, banyak digunakan untuk mengobati penyakit gastrointestinal, antara lain diare dan pendarahan usus hingga wasir dan disentri. Manfaat ini terutama disebabkan oleh senyawa organik yang ditemukan dalam krokot, termasuk dopamin, asam malat, asam sitrat, alanin, glukosa.

Fiqi Isnaini Nurul Hikmah dari Fakultas Kedokteran Universitas Jember meneliti aktivitas antibakteri ekstrak etanol daun krokot terhadap pertumbuhan  Shigella dysenteriaesecara in vitro. 

Krokot mengandung flavonoid sekitar 4 mg per 100 gr berat tanaman.  Shigella sp adalah kuman patogen usus yang telah lama dikenal sebagai agen penyebab disentri basiler. Shigella sp dapat menyebabkan disentri basiler. Bentuk disentri basiler yang paling berat, dapat menyebabkan kematian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat aktivitas antibakteri ekstrak etanol daun krokot terhadap pertumbuhan koloni Shigella dysenteriae secara in vitro. Semakin tinggi konsentrasi daun krokot maka daya hambat terhadap pertumbuhan koloni Shigella dysenteriae semakin besar.

Daun krokot kaya akan omega tiga (ω 3). Dalam 100 gram daun krokot segar mengandung 225 – 300 mg asam linolenat (ω 3, 18:3, ∆9,12,15). Senyawa ini dapat menurunkan kholesterol darah, karena untuk membuang kholesterol diperlukan diantaranya omega tiga ini. Omega tiga juga dapat mencegah fatty liver (dalam hepar tertimbun lemak trigliserida), karena omega tiga diperlukan untuk membuat kulit (shell) dari VLDL, suatu lipoprotein yang  mengangkut triasilgliserol dari hepar keseluruh tubuh.


Krokot, Pakan Jangkrik Yang Menyembunyikan Banyak Manfaat Bagi Kesehatan 
Krokok, Pakan Jangkrik dan Herbal. Jika ingat tanaman ini, ingat masa kecil saat memelihara jangkrik. Tanaman yang bernama krokot inilah andalan untuk pakan jangkrik yang paling murah dan mudah didapat. Krokot adalah tanaman liar yg bisa tumbuh dimana-mana, tidak hanya di persawahan yg subur tapi juga di daerah yg tanahnya tandus. Bahkan krokot bisa hidup di sela-sela trotoar di pinggir jalan, Krokot tumbuh liar ditempat-tempat terbuka yang terkena sinar matahari. Tanaman ini diperkirakan berasal dari daratan Amerika tropis di Brazil yang dapat tumbuh dari dataran rendah sampai ketinggian 1.800 m dpl.

Ternyata tanaman krokot ini juga bisa dikonsumsi sebagai sayuran, didaerah tertentu seperti di Jawa, tanaman krokot dimanfaatkan sebagai salah satu campuran pada sayur pecel tentunya setelah direbus terlebih dahulu. Hanya saja saat ini sudah sangat jarang orang mengonsumsi sayur krokot sebagai lalapan atau sayuran apalgi didaerah perkotaan.


Tanaman yang punya nama ilmiah Portulaca oleraceae L. ini merupakan tanaman herba setahun yang termasuk dalam famili Portulacacaeae. Batang krokot berbentuk bulat yang tumbuh tegak atau sebagian/seluruhnya terletak di atas tanah tanpa mengeluarkan akar. Batangnya berwana cokelat keunguan dengan panjang 10-50 cm, Batang lembut memiliki rasa sedikit asam, dan asin. Tangkainya pendek berbentuk bulat telur sungsang, bagian ujungnya bulat melekuk ke dalam. Pangkal batangnya membaji dengan tepi rata, panjangnya 1-4 cm dan lebar 5-14 mm.

Daun krokot berwarna hijau dengan warna batang kemerahan, Warna permukaan atas daun hijau tua, permukaan bawahnya merah tua. Daunnya tunggal, tebal berdaging, datar dan letaknya berhadapan atau tersebar. Bunga krokot berkelompok 2-6 buah yang keluar dari ujung percabangan. Mahkota daunnya berjumlah lima buah, berwarna kuning dan kecil-kecil.bunga ini akan mekar pada pagi hari antara pukul 8.00-11.00 siang dan layu menjelang sore. Buahnya berbentuk kotak, bijinya banyak dengan warna hitam cokelat mengkilap. Tanaman ini dapat diperbanyak dengan biji.

Tumbuhan krokot tumbuh subur di Indonesia biasanya tumbuh sebagai gulma, untuk ukuran daun dan ukuran dari batang krokot tergantung dari tempat mereka tumbuh, jika mereka tumbuh dilahan yang subur akan memiliki ketebalan daun, batang yang berbeda dengan mereka yang tumbuh di lahan tandus.
baik batang, daun, kuncup bunga kuning dapat dikonsumsi. Biji Krokot seperti bubuk teh hitam, yang sering digunakan untuk membuat beberapa minuman herbal.

Daun krokot kaya akan omega tiga (ω 3). Dalam 100 gram daun krokot segar mengandung 225 – 300 mg asam linolenat (ω 3, 18:3, ∆9,12,15). Senyawa ini dapat menurunkan kholesterol darah, karena untuk membuang kholesterol diperlukan diantaranya omega tiga ini. Omega tiga juga dapat mencegah fatty liver (dalam hepar tertimbun lemak trigliserida), karena omega tiga diperlukan untuk membuat kulit (shell) dari VLDL, suatu lipoprotein yang  mengangkut triasilgliserol dari hepar keseluruh tubuh.


Tanaman ini memiliki kandungan kimia antara lain : KCl, KSO4, KNO3, nicotinic acid, tanin, saponin, vitamin A, B, C, l-noradrenalin, noradrenalin, dopamin,dopa. Krokot juga merupakan sumber beberapa vitamin B kompleks seperti riboflavin, niacin, pyridoxine dan karotenoid, serta mineral diet, : seperti besi, magnesium, kalsium, kalium, dan mangan.

Krokot mengandung 2 jenis pigmen betalain alkaloid dan beta – xanthins. Kedua jenis pigmen yang ampuh sebagai antioksidan dengan khasiat anti-mutagenik.

Seluruh bagian dari tanaman ini dapat digunakan sebagai obat, dari akar,batang, daun dan bunga.
Krokot dapat dipakai sebagai obat alternatif baik dalam keadaan segar maupun dikeringkan terlebih dulu.
Krokot yang digunakan dengan cara dikeringkan biasanya dilakukan dengan mencuci bersih krokot terlebih dahulu lalu menjemurnya kemudian digiling hingga menjadi bubuk.

Cara Membuat Obat Alami dengan Krokot

Krokot Untuk Mengatasi Demam 
Caranya: Siapkan 2 batang krokot dicuci dan direbus, tetapi tidak perlu sampai matang, makan selagi hangat. Lakukan hingga demam menurun.

Mengatasi Sakit kuning dan radang gusi
Caranya: Ambil Herba krokot sebanyak 200 gram digodok, dinginkan airnya lalu minum. Lakukan hingga sakit mereda.

Mengobati Borok dan radang kulit
Caranya: Siapkan Herba krokot segar segenggam dicuci bersih, ditumbuk halus, tambahkan sedikit garam. Oleskan pada bagian yang sakit.

Mengatasi Radang akut usus buntu
Caranya: Ambil herba segara krokot segenggam, dicuci bersih lalu ditumbuk dan diperas sampai terkumpul lebih kurang 30 mililiter (ml). Tambahkan gula putih secukupnya dan air matang yang sudah dingin sampai menjadi 100 ml, minum, lakukan tiga kali sehari.

Obat Alami Keputihan Pada Wanita :
Caranya: Siapkan 200 gram krokot dijuice dan diambil airnya kemudian masukkan putih telur lalu di tim. Makan selagi hangat.

Mengatasi Maag, Disentri dan Masalah Pencernaan
Caranya: Herba krokot yang masih segar sebanyak 50 gram diuapkan selama 3-5 menit, lalu ditumbuk halus dan diperas hingga terkumpul air perasannya kurang lebih 150 cc. Minum sebanyak 50 cc, sehari tiga kali hingga sembuh.

Mengatasi Bisul
Cara Penggunaan Krokot untuk bisul minum teh krokot setiap hari sebanyak sepertiga cangkir teh, hingga bisul dirasakan mengempis dan kering atau hilang sama sekali.

Mengatasi Kencing darah
Caranya: Ambil Krokot yang sudah dalam bentuk herba sebanyak 100 gram digodok bersama herba daun sendok sebanyak 25 gram. Saring airnya dari ampas herba, hangatkan dan minum. Lakukan hingga kencing darah berhenti.

Krokot untuk mengatasi Jantung berdebar
Caranya: Siapkan 4 batang krokot dicuci lalu digiling, tambah setengah cangkir air putih matang, dan satusendok makan madu. Kemudian diperas dan disaring airnya lalu diminum. Lakukan 2 kali sehari hingga gejala jantung berdebar berkurang atau berhenti sama sekali.



Bahaya dan Efek Samping Krokot
Dalam satu cangkir (one cup) daun krokot yang sudah direbus, mengandung 90 mg kalsium, 560 mg kalium, 2000 IU vit. A, dan beberapa asam amino yang berguna untuk kesehatan, Namun dalam satu cangkir daun krokot rebus tadi mengandung 910 mg asam oksalat, yang bisa menyebabkan kencing batu bagi mereka yang mempunyai resiko tinggi (ada diantara familinya kena kencing batu). 

Jadi bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit kencing batu, harap berhati-hati dalam menggunakan tanaman krokot untuk pengobatan dalam (diminum).

Title :Kupas Tuntas Tanaman Herbal Krokot, Kandungan Nutrisi, Efek Samping Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan
Link :Kupas Tuntas Tanaman Herbal Krokot, Kandungan Nutrisi, Efek Samping Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Kupas Tuntas Tanaman Herbal Krokot, Kandungan Nutrisi, Efek Samping Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan :