Kupas Tuntas Habbatussauda (Jinten Hitam), Manfaat Dan Kandungan Nutrisinya

Baca Juga:


Kandungan Nutrisi Aktif Yang Kaya Manfaat Dalam Habbatussauda

Banyaknya kandungan zat aktif yang berkhasiat tersebut menjadikan habbatussauda memiliki manfaat kesehatan yang sangat banyak dan beragam untuk pengobatan berbagai macam penyakit.


Biji jintan hitam merupakan jamu tradisional yang telah digunakan selama ribuan tahun oleh orang-orang yang tinggal di Timur tengah dan beberapa bagian Asia serta Afrika untuk meningkatkan kesehatan dan melawan penyakit. Tumbuhan ini juga sering disebut dengan “blessed Seed/Biji yang dberkahi”.

Selam lebih dari 2000 tahun jintan hitam, tanaman dari keluarga Ranunculaceae (buttercup), secara tradisional telah digunakan oleh berbagai budaya diseluruh dunia sebagai obat alami untuk berbagai penyakit dan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

Orang-orang mesir kuno mengetahui serta menggunakan jintan hitam dan menyebutnya sebagai obat mujarab (obat untuk berbagai masalah dan penyakit). Raja Tutankamun bahkan memiliki sebotol minyak ini dalam kuburnya. Semua benda yang ditemukan dalam makam raja-raja adalah berharga bagi dia atau memiliki kepentingan yang signifikan.

Bangsa romawi juga sangat akrab dengan benih ini dan menyebutnya sebagai Ketumbar Yunani dan banyak digunakan sebagai suplemen makanan. Pada abad pertama, Dioscoredes, seorang dokter yunani telah merekam data tentang penggunaan jintan hitam untuk mengobati sakit kepala, hidung, sakit gigi dan cacingan. Jintan hitam ini juga disebutkan dalam Alkitab dalam istilah 28:25-27 sebagai “fitches”, ini memberikan bukti lebih lanjut mengenai pentingnya ramuan ini ketika bahan kimia yang merusak tubuh (yang kebanyakan orang saat ini mengonsumsinya bagai permen) tidak tersedia.

Ibnu Sina dikenal di Barat sebagai Avucenna, menulis risalah medis besar ‘The Canon of Medicine’, dan disebut sebagai jintan hitam “yang merangsang energi tubuh dan membantu pemulihan dari kelelahan”.

Nigella Sativa berasal dari Asia Barat. Ia merupakan rempah-rempah yang tumbuh dengan tinggi sekitar 16-24 inchi (40-60 cm) dan memiliki bunga yang putih ketika mekar. Biji berbentuk persegi dengan ujung yang lancip berwarna hitam kelam ini adalah bagian dari tanaman yang paling memiliki manfaat. Penelitian: sejak 2959 lebih dari 200 studi telah dilakukan di universitas-universitas internasional dan berbagai artikel telah diterbitkan di berbagai jurnal, menunjukkan hasil yang luar biasa atas penggunaan secara tradisional dari jintan hitam ini.

Jintan hitam dibudidayakan di Rusia, Turki, Mesir, Saudi, Oman, Ethiopia, Timur Tengah, Timur Jauh, India, Bangladesh, Perancis, Jerman, dan Mediterania Basin. Jintan hitam juga tumbuh secara liar di Mesir, Suriah, Turki dan Balkan. Nigella Sativa dikenal secara umum dalam bahasa arab sebagai Habbat-ul-Baraka (Biji yang diberkahi). 

Jintan hitam kaya akan asam lemak tak jenuh ganda. Bahkan ini memainkan peran penting dalam kesehatan dan kesejahteraan manusia sehari-hari. Mereka membantu mengatur metabolisme kita, membawa racun ke permukaan kulit untuk di eliminasi, menyeimbangkan tingkat insulin, mengatur kolesterol, meningkatkan sirkulasi tubuh dan meningkatkan fungsi hati yang sehat. Kekurangan asam lemak tak jenuh ganda dapat menyebabkan beberapa macam masalah kesehatan termasuk gangguan sistem saraf, pertumbuhan terbatas dan penyakit kulit.

Jintan hitam mengandung lebih dari 100 nutrisi penting. Mereka terdiri dari sekitar 21% protein, 38% karbohidrat dan 35% lemak dan minyak tanaman. Bahan-bahan aktif dari jintan hitam adalah nigellone, thymoquinone dan fixed oil. Jintan hitam juga mengandung proporsi yang signifikan dari protein, karbohidrat dan acidsniacin lemak esensial, dan vitamin C. 

Apa saja sifat-sifat penting yang ditemukan dalam Biji Jintan Hitam 

Jintan hitam mengandung lebih dari 100 komponen dan masih banyak yang sedang dalam proses penemuan. Ini merupakan sumber yang kaya asam lemak tak jenuh dan mengandung minyak sekitar 35%, 21% protein dan karbohidrat 38%. Lebih dari 50% minyak asam lemak esensial. Asam Linoleat dan asam gamma linoleatnya membantu membentuk prostaglandin E1, yang membantu tubuh untuk menghambat infeksi, menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh dan mengatur reaksi alergi. Asam linoleat Gamma juga membantu menstabilkan membran sel. Jintan hitam juga mengandung sekitar 0,5-1,5% minyak atsiri termasuk Nigellon dan thymochinon yang menyebabkan khasiat anti-histamin, anti oksidan, anti infeksi, (mampu bertindak melawan infeksi) dan efek broncho-dialating pada jintan hitam.

Bahan-bahan lain yang ditemukan dalam jintan hitam termasuk kalsium, kalium, besi, seng, magnesium, selenium, vitamin A, vitamin B, vitamin B2, niasin dan vitamin C. 

Sebuah studi tahun 1994 yang dilakukan di London oleh King’s College mengungkapkan bahwa jintan hitam memiliki sifat yang menghambat enzim tertentu, yang juga menghambat produksi prostaglandin tertentu. Ini adalah bukti lebih lanjut bahwa kombinasi yang kaya dan kompleks dari unsur-unsur yang ditemukan dalam jintan hitam bekerja sama (sebagai tim) untuk memberikan efek penuh. Subhanallah

Jintan hitam telah terbukti secara ilmiah sangat bermanfaat bagi tubuh kita dari manfaat penyembuhan dan sebagai sumber berbagai vitamin. Dengan demikian, sebagian besar mengonfirmasi atau membuktikan bahwa hadits berikut adalah benar. Ilmu pengetahuan modern sebelum bulat membuktikan bahwa benih hitam benar-benar dapat menyembuhkan setiap penyakit, kecuali kematian.

Dinamakan Habbatussauda’ karena bentuknya berupa biji kecil-kecil berwarna hitam. Makanya, orang Arab menamakannya Habbatussauda’ yang berarti biji hitam. Subhanallah, biji yang kecil ini ternyata mengandung berbagai zat yang sangat diperlukan oleh tubuh. 

Bahkan pada penelitian terakhir disebutkan kalau biji hitam ini mampu meningkatkan sistem imun tubuh, jadi bagi pengkonsumsinya akan jarang sakit. Namun tentunya, bagi orang beriman yang mengkonsumsi Habbatussauda’ bukanlah dikarenakan hasil penelitian, akan tetapi percaya dengan sabda Rasulullah.

Habbatussauda’ mempunyai sejumlah kandungan diantaranya; monosaccharide glukosa, xylosa, polysaccharide, asam lemak tak jenuh (unsaturated essential fatty acids, EFA). EFA tidak bisa dihasilkan oleh badan kita oleh itu sumber utamanya ialah dari makanan. Juga ada asam amino yang membentuk protein, karotene yaitu sumber vitamin A, kalsium, zat besi, dsb. 

Menurut beberapa hasil penelitian, Habbatussauda` memiliki berbagai macam manfaat dan khasiat –dengan izin Allah–. Berikut ini berbagai macam manfaat dan khasiat tersebut; 

1. Menguatkan imunitas system pada diri manusia. 

2. Melawan dan menghancurkan sel-sel kanker/tumor. 

3. Mengobati reumatik, peradangan serta infeksi. 

4. Menghentikan dan menyembuhkan penyakit pilek. 

5. Jika digoreng dan dibakar kemudian dicium terus-menerus dapat mengeliminasi gas (dalam) perut. 

6. Membunuh cacing-cacing parasit jika dimakan sebelum makan pagi dan jika diletakkan di atas perut dari bagian luar sebagai aromaspa atau luluran. 

7. Minyaknya bermanfaat untuk menyembuhkan gigitan ular, juga bengkak di dubur dan tahi lalat. 

8. Menghilangkan sesak nafas dan sejenis kesulitan nafas, melonggarkan penyumbatan akibat dahak. 

9. Melancarkan haidh atau menstruasi yang tersendat. 

10. Jika dibalutkan, bermanfaat untuk menyembuhkan pusing yang parah. 

11. Apabila dimasak dengan cuka bersama kayu pinus dan kemudian dibuat untuk berkumur, maka hal itu akan menghilangkan sakit gigi yang disebabkan sensitifitas terhadap dingin. 

12. Jika diminum, biji ini akan melancarkan kencing, haidh dan ASI. 

13. Menyembuhkan gigitan Laba-laba. 

14. Bila dibakar, asapnya dapat mengusir serangga. 

15. Menghilangkan sendawa asam yang berasal dari dahak dan melancholia (gangguan yang disebabkan kesedihan yang terus-menerus/depresi sehingga merusak bagian empedu). 

16. Menghilangkan Kusta (lepra). 

17. Menghilangkan demam Quartan (yakni demam yang menyerang manusia selama sehari kemudian mereda selama 2 hari kemudian menyerang lagi ketika hari ke-4). 

18. Jika ditumbuk dan dibuat adonan dengan madu dan air hangat dapat menghancurkan batu yang muncul dalam ginjal dan kandung kemih serta sifat diuretic (memperlancar air seni). 

19. Apabila digoreng dan dicium terus-menerus dan dicampur dengan cuka dapat menyembuhkan jerawat dan kudis serta menghilangkan peradangan yang lebih kronis dari jerawat (tumor). 

20. Jika digoreng tanpa minyak dan ditumbuk serta dicampur dengan minyak zaitun kemudian diteteskan ke dalam hidung 3 tetes akan menyembuhkan gejala pilek yang disertai bersin-bersin. 

21. Jika dibakar dan dicampur dengan lilin dan minyak inai/henna atau minyak bunga iris serta dibalurkan pada borok-borok/koreng yang keluar di betis setelah dibersihkan dengan cuka, maka akan dapat menghilangkannya. 

22. Bermanfaat untuk menyembuhkan bekas gigitan anjing (Rabies) dan aman dari kematian akibat rabies. 

23. Jika dihirup akan bermanfaat bagi hemiplegia (semiparalysis/lumpuh separuh). 

24. Jika enzoat (celak persia) dicampur dengan air dan dibalurkan ke lingkaran dubur (lobang dubur/anus) dan juga diminum dengan dosis sekitar 25 gr akan menyembuhkan Bawasir. 

25. Jika disedot melalui hidung akan bermanfaat menghentikan air yang keluar pada mata. 

26. Jika 2 sendok Habbatussauda’ direbus dengan air 2 gelas lalu ditambah madu akan mendinginkan perut yang panas karena asam lambung. 

27. Belum diketahui lagi dan tentunya masih banyak lagi… Subhanallah, begitu besar manfaat Habbatussauda’, warisan Rasulullah yang tak ternilai harganya. Dan alhamdulillah puji syukur kepada Allah yang telah menghadiahkan obat segala penyakit untuk kita semua kaum Muslimin. Lalu mengapa kita tidak berpindah pada sunnah Rasulullah ini?

Bukti Ilmiah Hasil Penelitian Manfaat Habbatussauda

Habbatussauda. Jintan hitam (black seed) atau biasa dikenal juga oleh masyarakat Indonesia sebagai habbatussauda sudah lama digunakan secara luas sebagai obat herba. Biji-bijian yang dalam bahasa latin disebut Nigella sativa ini biasa diolah untuk dijadikan bumbu masakan atau diambil ekstraksinya. Penelitian menunjukkan tanaman ini mungkin dapat bermanfaat bagi penderita asma.

Sejak beratus tahun yang lalu telah lebih dari 200 kajian dan artikel yang dikeluarkan oleh berbagai universitas dan lembaga kedokteran maupun kesehatan, yang mengkaji tentang manfaat dari Habbatussauda'. Yang juga telah diperkuat oleh sabda Nabi Muhammad SAW 14 abad yang lalu.

Berikut ini adalah beberapa kajian tentang manfaat Habbatussauda bagi kesehatan:

Ibnu Sina - Habbatussauda merangsang tenaga dan membantu memulihkan kepenatan dan semangat. (Buku Ibnu Sina "Canon of Medicines")

Ibnu Qayyim - Habbatussauda dapat membantu memulihkan penyakit seperti batuk, "bronchitis", masalah perut, cacingan, masalah kulit seperti jerawat, sakit senggugut dan haid, menambah aliran air liur dan sebagainya. (Buku Ibnu Qayyim "Medicine of the Prophet")

Dr Ahmad Elkadi juga membuat kajian dan mendapatkan bahwa Habbatussauda dapat meningkatkan daya tahan tubuh (immune system). Kandungan dari Habbatussauda ialah Fixed Oil (saturated dan unsaturated), minyak-minyak Asas (sterol, thymohydroquinone, carvone, limonine, cymene), Alkaloids, Saponin dan Asid Amino.

Professor G. Rietmuller - Bahan ekstrak Habbatussauda menunjukkan kesan amat positif terhadap sistem immunisasi badan dan boleh digunakan sebagai "bio-regulator". (Professor G. Rietmuller, Director of Institute of Immunology, University of Munich, Germany)

Kajian oleh Dr. Haq terhadap sukarelawan penderita AIDS di Department of Biological and Medical Research Centre, Rilyadh menunjukkan bahwa Habbatussauda berupaya meningkatkan kadar diantara 'helper T-cells' dan 'suppresser T-cells' sebanyak 55%. Aktiviti 'natural killer cells' juga menunjukkan peningkatan purata sebanyak 30%.

Dr. Peter Schleicher, seorang pakar immunisasi (immunologist) di Munich mendapati Habbatussauda berhasil menyembuhkan sebanyak 420 orang daripada 600 orang sukarelawan penderita allergik. Kebanyakan penderita ini mengidap allergik terhadap 'pollen' dan habuk, jerawat dan saraf kulit, serta yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah. (Nota: Dr. Peter Schleicher telah dipilih sebagai ahli paling muda di World Academy of Scientist).

Penyelidik Amerika menulis laporan pertama di dunia mengenai kesan 'anti-tumor' yang ditunjukkan oleh Habbatussauda. ("Study of the Effects of Nigella Sativa on Humans")

Professor Michael Meurer - Habbatussauda berupaya menghentikan 'inflammations' dan masalah saraf kulit (neurodermitis) (Professor Michael Meurer, Dermatology Clinic of Munich, Germany)

Saintis-saintis di Cancer and Immuno-Biological Laboratory of Germany mengesahkan Habbatussauda berupaya meransang 'bone marrow' dan sel-sel immuniti, meningkatkan penghasilan 'interferon' dan mempertahankan sel-sel biasa terhadap kesan kemusnahan sel oleh virus. Habbatussauda juga berupaya memusnahkan sel-sel tumor dan meningkatkan bilangan antibodi yang menghasilkan "B cells".

Dr. Ahmad El-Qadi (Islamabad, Pakistan) dan Dr. Usama Qandil (Florida, USA) mendapati pengambilan 1 gram Habbatussauda sebanyak dua kali sehari mempunyai kesan peningkatan yang mengagumkan terhadap fungsi immuniti badan. Penemuan ini dianggap penting untuk memungkinkan penggunaan Habbatus Sauda sebagai bahan peningkatan immuniti semula jadi badan untuk rawatan kanser, AIDS dan penyakit-penyakit yang lain berkaitan kekurangan immuniti badan. [habbatsonline.com] 

Pada tahun 1986, Dr. Ahmad Al Qadhy dan rekan-rekannya melakukan penelitian di Amerika tentang pengaruh habatussauda terhadap sistem kekebalan tubuh (imuniti) manusia. Penelitian yang dilakukan dalam dua tahap itu menghasilkan kesimpulan pertama: Kelebihan prosentase The Helper T-Cell atas suppresor cells ts mencapai 55% dan ada sedikit kelebihan atas killer cell orcytoxic sebanyak 30%.

Penelitian tahap kedua dengan melibatkan 18 suka- relawan yang badan mereka terlihat sehat dan segar. Mereka dibagi dalam dua kelompok, satu kelompok diberi satu gram habatussauda setiap harinya, dan kelompok lain diberi karbon.

Selama empat pekan mereka mengkonsumsi habatus dan karbon yang sudah dikemas dalam butir-butir kapsul.

Hasilnya, habatus menguat- kan tugas-tugas imuniti dengan tambahan prosentase The Helper T-lymphocytes cell atas supressor cell-ts. Jadi, sistem kerja habatatussauda dalam tubuh manusia adalah dengan memperbaiki, menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia terhadap berbagai penyakit.

Dalam sistem kekebalan tubuh manusia, habatussauda adalah satu-satunya tatanan yang memiliki senjata khusus untuk menghancurkan segala macam penyakit. Sebab, setelah sel paghocytosis menelan kuman-kuman yang menyerang, ia membawa bakteri antigenic ke permukaannya, kemudian menempel dengan sel lymph, untuk mengetahui bagaimana susunan mikrobanya secara mendetil, lalu memerintahkan masing-masing sel T-lymphocytes untuk memproduksi antibodies atau sel T-spesific, khususnya adalah antigenic yang juga dibangkitkan untuk berproduksi.

Dinding sel B-Lymphocytes memiliki kurang lebih 100 ribu molekul dari antibodies yang saling bereaksi secara khusus dan dengan kemampuan yang tinggi dengan jenis khusus yang ditimbulkan oleh antigenic dalam mikroba. Antibodies menyatu dengan sel T- Lymhocytes, lalu bersama-sama dengan antigenic melawan mikroba, sehingga mikroba tidak dapat berkerja dan sekaligus bisa menghancur- kannya.

Dengan demikian, kekebalan itu merupakan kekebalan khusus untuk menghadapi setiap hewan asing yang masuk ke dalam tubuh. Karena, habatussauda mempunyai kekebalan spesifik yang didapat secara otomatis, yang memiliki kemampuan berbentuk antibodies dan senjata sel serta pengurai khusus untuk setiap hewan asing yang masuk dan menyebabkan penyakit.

Menurut Dr. Al Qadhy, habatusaudah juga mempunyai kemampuan lain, seperti untuk melawan bermacam-macam virus, kuman dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh manusia.

Jangan Keliru, Efek Sampingnya Tetap Ada.  Minyak jintan hitam maupun ekstrak jintan hitam kemungkinan aman dikonsumsi ketika digunakan dalam jangka pendek. Saat ini belum ada cukup informasi tentang konsumsi dalam dosis yang besar dan dalam jangka panjang. Jintan hitam atau habbatussauda dapat menyebabkan alergi bila diaplikasikan pada kulit pada sebagian orang. Selain itu, jintan hitam berkemungkinan memperlambat pembekuan darah, meningkatkan resiko perdarahan, membuat tekanan darah turun, dan membuat gula darah turun. Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi jintan hitam ada baiknya untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu, terutama bila Anda memiliki kondisi medis tertentu. Berhati-hati dalam mengonsumsi herba ini adalah sikap yang bijak karena produk-produk alami tidak selalu aman. Hingga saat ini, belum ada informasi ilmiah yang cukup untuk menentukan kisaran dosis yang tepat untuk jintan hitam.

Sejak masa lampau, habbatussauda telah digunakan untuk menangani berbagai penyakit, antara lain sakit gigi, sakit kepala, hidung mampet, cacingan, abses, radang mata, dan infeksi parasit.

Pada masa kini, habbatussauda digunakan masyarakat sebagai salah satu langkah menangani kondisi medis yang terjadi pada saluran pencernaan, seperti hemorrhoid (ambeyen) atau pembengkakan pembuluh darah vena pada dubur bagian bawah, diare, disentri, konstipasi, kembung, serta kolik. Selain itu, jintan hitam juga kerap digunakan untuk menangani kondisi medis pada pernapasan, seperti bronkitis, sesak napas, asma, alergi, batuk, flu, serta flu babi. Di samping itu, masyarakat menggunakan jintan hitam untuk mengatasi kondisi yang lebih serius, seperti untuk menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, meningkatkan daya tahan tubuh, serta mengobati kanker. 

Dengan peruntukkannya yang banyak ini, jintan hitam memberikan kesan sebagai obat super. Bagaimanakah hal tersebut dipandang dari sisi medis? 
Habbatussauda Kemungkinan Efektif untuk Penyakit Asma 

Asma merupakan peradangan jangka panjang pada saluran napas yang dapat menyebabkan penderitanya sulit bernapas, batuk-batuk, dan mengalami mengi ketika kambuh. Habbatussauda hingga saat ini memiliki beberapa bukti klinis yang mendukung penggunaannya untuk penyakit ini. Menurut penelitian, ekstrak herba ini apabila diminum dapat meredakan mengi dan batuk-batuk serta meningkatkan fungsi paru-paru. 

Walau kemungkinan bermanfaat bagi penderita asma, habbatussauda kemungkinan tidak seefektif salbutamol dan teofilin dalam penanganan penyakit asma. Herba ini masih memerlukan bukti ilmiah berkualitas tinggi lainnya agar dapat direkomendasikan bagi kebanyakan penderita asma. 
Potensi lain yang Terkandung pada Habbatussauda 

Ada beberapa bukti ilmiah yang menyatakan bahwa habbatussauda dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melawan kanker, serta mengurangi reaksi alergi sebagai efek antihistamin, namun belum ada cukup informasi mengenai bagaimana efeknya pada manusia. 

Thymoquinone merupakan senyawa kuat aktif yang terkandung di dalam biji jintan hitam. Senyawa ini dikatakan mempunyai efek antikanker. Pada beberapa penelitian pada hewan, thymoquinone dapat mengurangi ukuran tumor-tumor ganas. Selain itu, uji laboratorium menunjukkan bahwa thymoquinone secara efektif dapat menghambat pertumbuhan kanker darah (leukima) dan sel limfoma mieloid. 

Penelitian lainnya terhadap hewan juga mengindikasikan bahwa habbatussauda berpotensi untuk meringankan efek penyakit alzheimer. Hal ini didukung oleh penelitian lain yang menunjukkan bahwa habbatussauda dapat memulihkan ingatan, kemampuan berpikir, serta perhatian. 

Selain itu, sebuah penelitian besar juga mendukung pemakaian habbatussauda untuk penanganan rinitis alergi. Penyakit ini terjadi oleh karena peradangan pada hidung akibat reaksi alergi. Gejala penyakit ini mencakup hidung berair atau tersumbat, bersin-bersin, dan pembengkakan saluran di hidung. Gejala-gejala tersebut dapat dikurangi oleh habbatussauda, menurut sebuah penelitian lain. 

Beberapa penelitian awal juga mengindikasikan manfaat jintan hitam pada beberapa kondisi kesehatan lainnya. Sebuah temuan dini menemukan manfaat jintan hitam mengurangi gejala putus obat opiat (salah satu narkotika) bila dikonsumsi sebanyak tiga kali sehari selama 12 hari. Selain itu, temuan dini lain menemukan konsumsi ekstrak jintan hitam dua kali sehari selama delapan minggu berkemungkinan dapat mengurangi tekanan darah tinggi pada sebagian kasus. Temuan dini lainnya adalah meminum ekstrak jintan hitam tiap delapan jam selama empat minggu kemungkinan dapat mengurangi jumlah kejadian kejang pada pasien epilepsi anak-anak. 

Perlu diingat bahwa manfaat jintan hitam untuk kanker, alzheimer, rinitis alergi, mengurangi gejala putus obat opiat, tekanan darah tinggi, dan kejang, baru didukung oleh sedikit bukti ilmiah. Artinya, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian medis lainnya untuk membuktikan kemanjuran jintan hitam pada kondisi-kondisi tersebut. Begitu pula dengan klaim bahwa jintan hitam dapat menangani sakit sepala, nyeri sendi, gangguan menstruasi, meningkatkan jumlah air susu ibu (ASI), mencegah kehamilan, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah kanker, hidung tersumbat, flu, bronkitis, batuk, serta berbagai masalah pencernaan.

Resep Cara Mengobati Berbagai Penyakit Dengan Menggunakan Jintan Hitam (Habbatussauda) Yang Benar dan Mudah Diterapkan 


Berikut adalah cara menggunakan jintan hitam baik bijinya ataupun minyaknya sebagai obat. 

1. Cara Mengobati Pusing dan infeksi telinga dengan jintan hitam

Gunakan sebagai minyak jintan hitam sebagai tetes telinga, untuk mengobati ‘infeksi’ dan juga meminumnya dalam teh dan juga menggosokkan minyaknya di bawah pipi Anda dan di bagian belakang leher Anda untuk menghilangkan pusing. 

2. Jintan Hitam Bermanfaat Untuk wanita yang melahirkan, Ini Cara Penggunaannya!

Itu adalah hal terbaik untuk membantu menangani nyeri persalinan. Rebus Jintan hitam dan tambahkan madu dan kemudian diminum. 

3.  Memanfaatkan Resep Jintan Hitam Untuk penyakit kulit 

Campur minyak jintan hitam dengan air mawar dalam jumlah yang sama dan campurkan dengan 2 bagian tepung gandum. Sebelum Anda menggunakan campuran tadi, gosoklah kulit yang sakit dengan kain yang telah dicelupkan ke dalam cuka. Dengan lembut terapkan campuran pada kulit dan kemudian panaskan bagian kulit tadi di bawah sinar matahari, lakukan setiap hari. 

4. Resep Pengobatan Alami Penyakit Rematik dengan Jintan hitam

Pijat dengan Minyak jintan hitam yang telah dihangatkan ke tbuh yang sakit. Juga, buatlah minuman dari jinten hitam yang direbus dan dicampur dengan madu. Minum air jintan hitam tadi sebelum tidur. 

5. Resep Jintan Hitam Untuk Menurunkan Tekanan darah tinggi 

Campur jinten hitam dengan minuman panas Anda biasa minum, seperti kopi, teh, dll. Gosok juga tubuh Anda dengan minyaknya. 

6. Nyeri dada dan flu 

Tambahkan 1 sendok makan jintan hitam dalam air mendidih dan menghirup uapnya sambil menutupi kepala Anda dengan handuk. Lakukan sebelum Anda tidur. 

7. Nyeri ulu hati 

Tambahkan beberapa tetes minyak jintan hitam untuk secangkir susu dan tambahkan satu sendok teh madu. Juga, makan banyak selada. 

8. Sakit mata 

Gosok minyak jintan hitam di sekitar mata sebelum Anda tidur dan campurkan beberapa tetes minyaknyapada minuman panas Anda. 

9. Tukak lambung 

Campur 10 tetes minyak jintan hitam dengan secangkir madu. Makan 1 sendok campuran ini setiap hari, setiap pagi, sebelum Anda makan atau minum apa pun. Ikuti dengan segelas susu. Lakukan ini selama dua bulan. 

10. Kanker 

Gosok daerah yang terkena kanker dengan minyak jintan hitam. 3 kali sehari minum campuran satu sendok teh minyak jintan hitam dengan segelas jus wortel. Lakukan ini selama tiga bulan. 

11. Kemalasan 

Campur 10 tetes minyak biji hitam dengan segelas jus jeruk saat bangun selama 10 hari. Penting untuk tidak tidur setelah shalat subuh. 

12. Jintan Hitam Untuk Meningkatkan daya ingat 

Rebus daun mint dan tambahkan madu dan 7 tetes minyak jinten hitam. Minum selagi hangat setiap hari. Juga, berhentilah minum kopi dan teh.

Diolah dari berbagai sumber

Title :Kupas Tuntas Habbatussauda (Jinten Hitam), Manfaat Dan Kandungan Nutrisinya
Link :Kupas Tuntas Habbatussauda (Jinten Hitam), Manfaat Dan Kandungan Nutrisinya

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Kupas Tuntas Habbatussauda (Jinten Hitam), Manfaat Dan Kandungan Nutrisinya :