Mengenal Macam-macam Jenis Buah Nangka, Manfaat dan Ciri-cirinya

Baca Juga:


Jenis-jenis Tanaman Buah Nangka, Apa Perbedaannya?

Buah nangka atau jack fruit adalah buah yang tidak kenal musim. Artinya buah nangka ini tersedia sepanjang tahun meskipun ada saat tertentu jarang ditemukan tetapi tetap ada dipasaran. Beda dengan durian yang ada hanya saat musimnya.
Nangka adalah nama sejenis pohon, sekaligus buahnya. Pohon nangka termasuk ke dalam suku Moraceae; nama ilmiahnya adalah Artocarpus heterophyllus. Dalam bahasa Inggris, nangka dikenal sebagai jackfruit.
Pemanfaatan nangka lebih banyak untuk sayuran. Anda tentu kenal masakan gudeg yogya yang bahan utamanya adalah buah nangka atau gori. Banyak sekali jenis nangka yang kadang orang tidak tahu. Ada jenis yang hanya nikmat jika dimakan sebagai buah dan tidak enak jika disayur. Di Indonesia lebih dari 30 kultivar di Jawa terdapat lebih dari 20 kultivar.

Pohon nangka memiliki tinggi yang bisa mencapai 20 meter hingga 30 meter, batang bulat silindris dengan diameter sekitar 1 meter. Tajuk pohonnya padat lebat, melebat dan membulat apabila pada tempat terbuka. Semua bagian pohon nangka apabila terluka atau di lukai akan mengeluaarkan getah putih. Buah nangka memiliki bentuk gelondong memanjang dengan panjang dapat mencapai sekitar 100 cm dengan sisi luar buah terdapat duri lunak yang pendek. daging buahnya yang berwarna kuning keemasan merupakan perkembangan dari tenda bunga dan apabila sudah matang buahnya akan memiliki bau harum yang sangat menyengat dengan biji bulat lonjong.
Kandungan Gizi Nangka/100 g
Kalori (kcal) 94
Jumlah Lemak 0,6 g
Lemak jenuh 0,2 g
Lemak tak jenuh ganda 0,1 g
Lemak tak jenuh tunggal 0,2 g
Lemak trans 0 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 2 mg
Kalium 448 mg
Jumlah Karbohidrat 23 g
Serat pangan 1,5 g
Gula 19 g
Protein 1,7 g
Vitamin A 110 IU
Vitamin C 13,7 mg
Kalsium 24 mg
Zat besi 0,2 mg
Vitamin B6 0,3 mg
Vitamin B12 0 µg
Magnesium 29 mg
Nangka adalah buah yang mengandung cukup banyak nutrisi pada tubuh. Nutrisi yang dikandung oleh nangka terdiri dari karbohidrat, protein, serat, lemak, vitamin C, hingga magnesium, dan potasium. Nutrisi itu bermanfaat untuk tubuh dan bisa menyuplai kebutuhan kalori dan juga mineral yang sangat penting.

Setiap 1 cup buah nangka segar, Anda akan mendapatkan kalori sebesar 157. Jumlah kalori ini tidak terlalu besar sehingga nangka cocok dijadikan camilan. Selanjutnya kandungan karbohidratnya sekitar 39 gram per sajian atau setara dengan 100 gram nasi. Dengan jumlah yang banyak ini, nangka bisa digunakan sebagai pengganjal perut.

Kandungan protein pada nangka tidak terlalu besar karena memang hanya buah. Meski demikian, kandungan serat pangannya cukup tinggi. Mengonsumsi nangka secara rutin dan takarannya tepat akan membuat Anda jarang sekali mengalami sembelit karena pencernaan berjalan lancar.

Kandungan vitamin C per sajian sekitar 22,6 mg, cukup banyak dan bisa membantu mencukupi kebutuhan harian. Selanjutnya magnesium dan potasium yang terkandung dalam nangka juga bermanfaat untuk kerja organ di dalam tubuh khususnya menjaga kesehatan tulang dan aliran darah.

Berdasarkan fisik pohon dan ukuran buah nangka terbagi dua golongan yaitu pohon nangka buah besar dan pohon nangka buah mini.

1) Pohon nangka buah besar: tinggi mencapai 20-30 m; diameter batang mencapai 80 cm & umur mulai berbuah sekitar 5-10 tahun.
2) Pohon nangka buah kecil: tinggi mencapai 6-9 m; diameter batang mencapai 15-25 cm & umur mulai berbuah sekitar 18-24 bulan.

Sedangkan jenis nangka berdasarkan kondisi daging buah nangka dapat dibedakan menjadi 3 jenis nangka, yaitu:
  • Buah nangka bubur: daging buah tipis, lunak agak berserat, beraroma keras mudah lepas dari buah.
  • Buah nangka salak: daging buah tebal, agak kering aromanya kurang keras. (nangka celeng dan nangka belulang).
  • Buah nangka cempedak: daging buah tipis, liat dan beraroma harum spesifik.

Jenis Varietas-varietas unggul nangka yg banyak ditanam di Indonesia yaitu:

  • Buah nangka bilulang/nangka celeng,
    Buah nangka cempedak,
    Buah nangka dulang,
    Buah nangka kandel,
    Buah nangka kunir,
    Buah nangka merah,
    Buah nangka salak,
    Buah nangka mini,
    Buah nangka misin. 

Beberapa Manfaat Buah Nangka 

  • Menurunkan level kolesterol. Meski belum ada penelitian resmi yang dilakukan pada manusia. Beberapa percobaan menunjukkan kalau pemberian nangka, khususnya bagian biji ke tikus, bisa menurunkan jumlah LDL atau kolesterol buruk di dalam tubuh. Penurunan kolesterol buruk ini akan menyebabkan peredaran darah berjalan lancar dan gangguan kardiovaskular tidak terjadi. Kalau Anda ingin menurunkan kolesterol buruk di dalam tubuh, tidak ada salahnya untuk menggunakan nangka atau bijinya. Makanlah dengan porsi yang tepat seperti 100-150 gram.
  • Dapat mencegah penyakit jantung
    Kandungan kalium pada nangka dipercaya efektif untuk mengurangi kemungkinan tubuh terserang penyakit jantung karena kalium dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.
  • Dapat mencegah Anemia
    Kandungan zat besi pada nangka mampu mencegah anemia dan dapat melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.
  • Dapat menjadi obat Asma
    Rebus akar serta ekstra nangka ternyata dapat dijadikan obat herbal yang bisa membantu mengontrol asma.
  •  Mencegah kanker. Buah nangka yang dikonsumsi mengandung cukup banyak antioksidan bermanfaat seperti flavonoid, saponin, dan tanin. Tiga antioksidan yang sangat bermanfaat ini bekerja untuk mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh dan menyerang yang sudah terlanjur masuk. Seperti yang kita tahu, sel kanker yang masuk ke dalam tubuh umumnya mudah sekali dipicu oleh radikal bebas atau racun. Misal pada perokok, racun bisa masuk hingga ke tingkat sel dan membangkitkan sel kanker yang berbahaya. Dengan makan nangka hal seperti ini tidak akan terjadi.
  • Dapat menjaga kesehatan kelenjar tiroid
  • Dapat Menjaga kesehatan tulang
    Kandungan magnesium pada nangka sangat baik untuk tulang.
  • Dapat mencegah penuaan dini
  • Dapat dijadikan Sumber Energi
  • Dapat menjadi Obat Borok dan Gangguan Pencernaan
  • Dapat menjaga Kesehatan Kulit dan Mata
  • Dapat Menurunkan Tekanan Darah(Hipertensi)
  • Buang nangka dan bijinya mengandung cukup banyak serat pangan yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Mengonsumsi buah yang sudah matang atau mengolah bijinya dengan direbut akan memperlancar sistem pencernaan. Anda akan jarang sekali mengalami sembelit yang membuat perut jadi kembung. Selain memperlancar pencernaan yang ada di dalam tubuh. Mengonsumsi nangka dan juga bijinya juga baik untuk bakteri yang ada di usus. Makanan ini mengandung prebiotik yang baik untuk tempat hidup bakteri. Dengan mengonsumsi nangka dan bijinya, jumlah bakteri baik di dalam usus bisa bertambah.

Waspada Bahaya dan Efek Samping Buah Nangka

  • Mengkonsumsi buah nangka bagi orang yang memiliki penyakit maag kronis akan membuat penyakit ini akan kembali kambuh
  • Dapat menyebabkan beberapa reaksi alergi
    Jika anda alergi terhadap nangka sebaiknya anda menghindarinya.
  • Dapat meningkatkan koagulasi atau penggumpalan pada orang yang menderita kelainan darah
    Oleh karena itu jika Anda penderita gangguan darah lebih baik hindari mengkonsumsi buah nangka karena akan memperburuk kondisi Anda
  • Dapat Mengubah tingkat toleransi glukosa pada penderita diabetes
    Sebaiknya bagi penderita diabetes menghindari konsumsi nangka.
  • Dapat menyebabkan feses menjadi tidak normal
    Jika Anda mengkonsumsi buah nangka secara berlebihan, kandungan seratnya yang tinggi dapat mengganggu pencernaan dan menyebabkan kondisi feses tidak normal.
  • Dapat Membuat perut menjadi kembung, diare dan bergas
  • Meningkatkan suhu janin dan kontraksi dini
Diolah dari berbagai sumber

Title :Mengenal Macam-macam Jenis Buah Nangka, Manfaat dan Ciri-cirinya
Link :Mengenal Macam-macam Jenis Buah Nangka, Manfaat dan Ciri-cirinya

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Mengenal Macam-macam Jenis Buah Nangka, Manfaat dan Ciri-cirinya :