Manfaat Kesehatan dan Kandungan Gizi Biji Bunga Matahari Yang Populer Dibuat Kuaci

Baca Juga:


Mengenal Bunga Matahari, Ciri-ciri Morfologis dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Bunga matahari (Helianthus annuus L.) adalah tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran (Asteraceae) yang populer, baik sebagai tanaman hias maupun tanaman penghasil minyak. ... Bunga Matahari juga memiliki perilaku khas, yaitu bunganya selalu menghadap / condong ke arah matahari atau heliotropisme. Biji bunga matahari adalah buah dari bunga matahari (Helianthus annuus). Istilah "biji bunga matahari" sebenarnya adalah kesalahpahman yang menyangkanya sebagai bagian biji dalam anatomi buah-nya. Dalam bidang botani, buah tersebut disebut sebagai cypsela. Kuaci juga mengandung banyak mineral yang baik untuk kesehatan tulang. Misalnya kalsium, magnesium, dan tembaga. Sebagai bonusnya, kuaci mengandung vitamin E yang membantu meredakan rasa nyeri rematik.
Bunga matahari ini, termasuk bunga musiman karena hanya bisa tumbuh hanya semusim. Namun bunga ini memiliki beberapa manfaat. Bunga ini juga memeiliki beberapahal yang kita ungkin lom tahu rahasia dibalik itu. Baik daun maupun bunga dari bunga matahari bersifatheliotropis, yaitu, selalu mengikuti cahaya matahari. Tanaman bunga matahari menyimpan auxin. Auxin merupakan suatu hormon tanaman yang mengendalikan pertumbuhan. Biasanya jumlah auxin lebih banyak di sisi yang jauh dari sinar matahari. Itulah penyebab batang bunga matahari selalu tumbuh ke arah sinar itu. Tetapi, bunga yang sudah mekar penuh tidak lagi bersifat heliotropis. Meski demikian bunga matahari selalu menghadap ke arah timur.

Saat ini, bunga matahari memiliki nilai ekonomis. Biji bunga matahari bisa digunakan untuk menghasilkan minyak yang sangat bagus mutunya. Minyak tersebut bisa digunakan dalam masakan, saus salad, dan margarin. Biji bunga matahari memiliki nilai gizi yang tinggi.
Kalau kita penggemar binatang hias yang bernama hamster tentu kita sangat familiar dengan bunga matahari kenapa? Karena sudah lama diketahui bahwa hamster kalau di film-film kartun adalah hewan yang sangat menggemari biji bunga matahari, jadi hamster identik dengan biji bunga matahari sebagai makanan favoritnya. Tetapi tahukah anda jika dalam biji bunga matahari terkandung banyak manfaat bagi kesehatan karena kandungan nutrisi yang ada didalam biji bunga tersebut?
Bunga matahari tidak dapat hidup di daerah yang tergenang air dikarenakan akarnya akan membusuk. Budidaya bunga matahari di Indonesia kurang memuaskan. Blogiztic.net akan mengupas cara budidaya bunga matahari yang benar sebagai berikut.

Bunga matahari ditanam pada halaman dan taman-taman yang cukup mendapat sinar matahari, sebagai tanaman hias. Tanaman ini cocok di segala alam tetapi tanaman ini paling subur di daerah pegunungan, daerah yang memiliki kelembaban cukup dan banyak mendapatkan sinar matahari langsung. Bunga matahari dapat tumbuh didataran rendah sampai ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut.

Bunga matahari ini diperbanyak dengan biji. Biji benih berasal dari bunga pertama induknya yang sudah tua. Caranya dengan penyemaian. Biji benih diambil dan ditabur dalam bekas yang mengandung tanah basah, ia mudah berkecambah dan cepat membesar. Jika hanya butuh sedikit, cukup menggunakan pot sebagai wahana persemaian. Untuk skala besar, semaikan di bedengan. Tunggu 10 hari sejak masa tabur, atau bila tinggi bibit sekitar 15 – 20 cm, baru boleh dipindahkan ke lokasi tanam. Satu lubang, cukup satu bibit. Jarak tanam sekurang – kurangnya 1 meter persegi. Jika terlalu rapat, batang tak akan berkembang dan bercabang. Besaran bunga pun akan mengecil, bahkan kerdil.
Kandungan biji bunga matahari hampir 90% dari lemak pada biji bunga matahari adalah lemak yang baik, lemak tak jenuh. Biji bunga matahari juga mengandung lemak monosaturated yang membantu menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL (kolesterol jahat) sekaligus meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik). Selain itu, biji bunga matahari mengandung Vitamin E dan Vitamin B 1 (Thiamin). Mangan, magnesium, tembaga, selenium, fosfor, vitamin B 3 (Niasin), vitamin B5 (Pantothenic) dan folat juga dapat ditemukan dalam jumlah yang baik dalam biji bunga matahari.
Tanaman bunga matahari sebaiknya ditanam pada tanah gembur. Di awal penanaman, taburkan 3 kg pupuk kandang (kotoran ayam, kotoran kambing, kotoran lembu) per bibit. Ulangi saat tanaman berumur sebulan. Berikan 25 gram ZA per batang. Di usia 1,5 bulan, tambahkan 15 gram TSP per batang. Jangan lupa, perhatikan saluran pembuangan air, hama dan penyakit yang bisa mendera. Umur 2 bulan, bunga dari batang utama mulai kuncup, diikuti cabang – cabang di ruas – ruas daun di bawahnya. Satu batang tanaman bisa menghasilkan 10 – 12 tangkai bunga.

Untuk pemeliharaan bunga matahari, lakukan penyiraman setidaknya sekali sehari. Spesies pokok hiasan ini mampu menarik serangga yang turut membantu proses pendebungaan untuk menghasilkan biji benih bagi pertumbuhan anak benih baru.

Manfaat Biji Bunga Matahari
Biji bunga matahari atau yang selama ini lebih akrab kita sebut kuaci ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan lho!. Kandungan lemak dalam biji bunga matahari sangat tinggi, yakni sekitar 50%, dan jika dikonsumsi dengan susu atau hasil olahannya yang kaya akan protein, maka biji bungan matahari dapat menjadi makanan yang mengenyangkan bagi sel tubuh.
Sebuah pedoman diet dari Department of Health and Human Service di Amerika menyatakan kalau sumber lemak yang ada dalam minyak bunga matahari bisa bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan menjaga berat badan tetap seimbang. Karena, pada dasarnya, sebagian besar minyak bunga matahari mengandung lemak tak jenuh dan merupakan asupan padat nutrisi. Setiap 1 sendok makan minyak bunga matahari mengandung setidaknya 8,9 gram asam linoleat, yang merupakan enam asam lemak tak jenuh ganda (omega- 6). Menurut Linus Pauling Institute, lemak jenis ini merupakan bagian penting dari diet yang sehat. Untuk mendapatkan manfaat omega-6 kita membutuhkan 11 sampai 14 gram omega-6 per hari.
Kecukupan asupan makanan akan mencegah kelelahan karena terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat. Biji bunga matahari yang diketahui kaya protein, fosfor, lemak, potasium, magnesium, dan besi juga akan megeluarkan minyak apabila dihancurkan. Setelah dikupas, bahan tersebut juga dapat digunakan sebagai pengganti kacang tanah untuk taburan bubur ayam, sup, salad, atau yoghurt. Minyak biji bunga matahari juga mengandung asam likoleat yang berguna untuk mengurangi endapan kolestrol pada dinding pembuluh darah.
Kecil-kecil namun cabe rawit, inilah ungkapan yang pas untuk biji bunga matahari ini. Biji bunga matahari kaya akan selenium yang bisa memperbaiki sel tubuh yang rusak dan mencegah terjadinya kanker. Sebanyak 50 gram biji bunga matahari sehari akan memperkecil risiko terserang kanker prostat, kanker kandung kemih, dan kanker usus besar.
Beberapa manfaat tersembunyi biji bunga matahari :
  • Karena kandungan lemaknya itulah, maka minyak biji bunga matahari juga sangat disarankan sebagai pengganti mentega. Sebab, pada mentega lebih banyak mengandung lemak padat. Kandungan besi dalam biji bunga matahari juga bermanfaat, yakni untuk mencegah penyakit anemia. Nah, makanya kalau pengen ngemil menyehatkan dan nggak pengen gendut, mending pilih aja camilan kuaci.
  • Biji bunga matahari merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin E. Seperti yang kita ketahui Vitamin E adalah antioksidan . Vitamin E melawan radikal bebas dan menyimpan sel-sel dari kerusakan termasuk sel otak. Vitamin E mencegah penyakit jantung. Antioksidan dalam Vitamin E melawan radikal bebas dan mencegah mereka dari oksidasi kolesterol. Hal ini membuat kondisi jantung sehat dan menurunkan resiko serangan jantung, stroke dan penyumbatan pembuluh darah.
  •  Anti-inflamasi Vitamin E mengurangi kemungkinan asma, osteoarthritis, dan rheumatoid arthritis. Vitamin E juga mengurangi risiko dari setiap penyakit atau kondisi yang berkaitan dengan peradangan. Selain itu Vitamin E juga membantu dalam mengurangi resiko kanker usus besar.
  • Biji bunga matahari mengandung sejumlah besar folat. Folat adalah nutrisi penting untuk kesehatan kita. Ini adalah Vitamin B berperan penting dalam produksi sel-sel tubuh baru dengan membantu untuk membentuk DNA dan RNA. Folat dan Vitamin B 12 membantu untuk membentuk hemoglobin dalam sel darah merah. Folat juga membantu dalam menurunkan risiko penyakit jantung. Biji bunga matahari juga mengandung seng yang bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita kuat.
  • Biji bunga matahari juga mengandung baik jumlah magnesium. Magnesium membantu mencegah asma, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mencegah sakit kepala migrain. Ini blok kalsium untuk masuk ke dalam sel-sel saraf dan pembuluh darah. Dengan menghalangi kalsium, mencegah kejang otot dan kontraksi saraf mendadak.
  • Serat pangan dalam biji bunga matahari mengontrol kadar kolesterol dan kadar glukosa darah dan juga meningkatkan pencernaan yang baik. Biji bunga matahari mengandung Tryptophan - asam amino yang membantu untuk menghasilkan serotonin.
  • Selenium adalah mineral yang memainkan peran penting pada kesehatan secara keseluruhan. Ini membantu untuk memperbaiki DNA, mengurangi perkembangan sel kanker. Selenium bekerja dengan Vitamin E dan membantu mencegah penyakit jantung juga. Biji bunga matahari kaya akan selenium dan ini adalah alasan lain mengapa biji bunga matahari sangat baik untuk kesehatan kita.
Jadi bagi anda penggemar kuaci yang berasal dari biji bunga matahari, secara tidak sadar anda juga telah mengkonsumsi makanan yang ternyata baik buat tubuh. 

Fakta Tentang Kuaci Biji Bunga Matahari

  1. Kuaci biji bunga matahari adalah pengontrol kerusakan sel sehingga berperan penting dalam mencegah serangan kanker. Hal tersebut dikarenakan kuaci mengandung selenium yang merupakan musuh utama sel kanker.
  2. Kuaci juga memiliki mineral yang baik bagi kesehatan tulang. Misalnya kalsium, magnesium, dan tembaga. Sebagai bonusnya, kuaci mengandung vitamin E yang membantu penderita nyeri sendi meredakan kondisinya.
  3. Kandungan magnesium dalam kuaci adalah 'obat penenang' sehingga penggemar kuaci akan dijauhkan dari stres, migrain, dan tetap rileks.
  4. Kuaci biji bunga matahari pun mampu menyehatkan kulit dari dalam. Sebab di dalamnya mengandung vitamin E yang menjaga kulit dari paparan sinar ultraviolet matahari.
  5. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh inflamasi alami seperti nyeri sendi, lesi pada lambung, dan asma bisa diredakan dengan makan kuaci. Sebab kuaci biji bunga matahari adalah sumber antioksidan yang baik.
  6. Makan satu perempat cangkir kuaci setiap hari mampu menjauhkan diri dari penyakit jantung. Pasalnya kuaci membantu tubuh menyingkirkan kolesterol jahat yang menempel pada dinding arteri.

Title :Manfaat Kesehatan dan Kandungan Gizi Biji Bunga Matahari Yang Populer Dibuat Kuaci
Link :Manfaat Kesehatan dan Kandungan Gizi Biji Bunga Matahari Yang Populer Dibuat Kuaci

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Manfaat Kesehatan dan Kandungan Gizi Biji Bunga Matahari Yang Populer Dibuat Kuaci :