Teknik Dan Cara Alami Agar Badan Bertambah Tinggi Tanpa Tersiksa

Baca Juga:


Bagaimana Cara Mudah Menambah Tinggi Badan Tanpa Menggunakan Obat-obatan Kimia dan Tanpa Menyusahkan Diri Sendiri?

Sebenarnya badan tinggi atau sedang atau pendek akan tetap terlihat indah jika proporsional dengan berat badannya. Sebagai contoh jika seorang wanita memiliki tinggi badan 155 cm, berat idealnya: (155 - 100) - (15% x (155 - 100)) = 55 - 15 = 40. Maka berat badan ideal wanita dengan tinggi badan 155 cm adalah 40 kg. Dan berikut cara menghitung berat badan ideal berdasarkan rumus Broca untuk pria: (berat badan - 100) - (10% x (tinggi badan -100)). Jadi jika berat badan sudah ideal dengan tinggi badan maka buat apa ingin badan lebih tinggi?
Tetapi namanya manusia memang banyak keinginan termasuk dengan tinggi badan ini banyak yang tidak pede atau percaya diri jika memiliki badan yang pendek meskipun ada juga yang cuek dengan tinggi badannya. Lantas bagaimana cara alami yang aman bagi mereka yang masih menginginkan bertambah tinggi badannya meskipun secara berat badan sudah sangat proporsional dengan tinggi badannya.

Percepatan pertumbuhan tinggi badan (growth spurt) dimulai dari sejak memasuki usia remaja. Pada pria, masa pertumbuhan ini dimulai sejak usia 11 tahun dengan puncak masa pertumbuhan di usia 13 tahun. Sedangkan pada wanita, masa pertumbuhan tersebut dimulai sejak usia 9 hingga 10 tahun dengan puncaknya di usia 11 hingga 12 tahun. Percepatan pertumbuhan ini akan berhenti pada akhir masa pubertas. 
Orang-orang seringkali secara tidak sadar melakukan postur tubuh yang salah, misalnya: berjalan dengan membungkuk atau duduk dengan posisi bungkuk. Posisi yang tidak benar ini akan mengganggu pertumbuhan tulang Anda. Sebab itu, Anda harus selalu sadar untuk selalu menggunakan postur tubuh yang tegap pada setiap saat. Misalnya: berdiri, berjalan, maupun duduk.
Banyak sekali kiat cara dan metode untuk menambah tinggi badan. Mulai dari memakai obat kimia sampai latihan berat peregangan otot dan tulang yang membuat sekujur badan sakit semua. Adakah cara mudah untuk menambah tinggi badan secara alami?

Berikut ini tips dan cara menambah tinggi badan secara alami:

Konsumsi makanan sehat

Makanan yang Anda konsumsi berpengaruh besar pada penambahan tinggi badan Anda. Oleh karena itu jika Anda ingin tumbuh tinggi, perbanyaklah makanan yang tinggi kalsium seperti susu dan yogurt. Sebab kalsium akan meningkatkan kepadatan, pertumbuhan serta massa tulang. Sehingga tubuh Anda bisa menjadi lebih tinggi karenanya.
Anda juga perlu mengkonsumsi makanan mengandung kalsium tinggi agar bisa membantu untuk memaksimalkan proses pertumbuhan tinggi badan, selain dengan rutin minum susu. Makanan denga kalsium tinggi misalnya: biji-bijian (biji chia, biji wijen, biji poppy), sarden dan salmon, keju, yogurt,almond, kacang dan lentil.
Banyak minum air

Saat Anda ingin menjadi lebih tinggi, jauhi segala macam minuman berkafein atau berkarbonasi. Sebaliknya, maksimalkan konsumsi air putih Anda. Sebab cara sehat ini akan meningkatkan sistem metabolisme tubuh Anda dan membuat segala macam racun dalam tubuh yang mampu menghambat pertumbuhan tulang.

Tidur yang cukup
Cara tidur yang baik supaya bisa menambah tinggi badan yaitu dengan posisi telentang, yakni wajah menghadap atas, kaki lurus tanpa memeluk guling, dan tidak menggunakan bantal yang terlalu tinggi.
Tidur yang cukup telah dibuktikan mampu menambah tinggi badan. Sebab saat tidur maka semua jaringan dan sel akan diregenerasi sehingga berpengaruh besar pada pertumbuhan tulang. Tidurlah dalam rentang waktu 8-11 jam agar tubuh menjadi tinggi secara maksimum. Menghentikan dan tidak melakukan kebiasaan yang tidak sehat seperti minum minuman yang mengandung alkohol, merokok, sering makan junkfood adalah hal lain yang harus Anda lakukan untuk membantu memaksimalkan tinggi badan. Karena kebiasaan-kebiasaan tersebut akan menghambat pertumbuhan tinggi badan Anda.

Berikut ini adalah jumlah waktu tidur bayi dan anak per hari yang disarankan sesuai usia:
- Bayi yang baru lahir hingga 3 bulan = 14-17 jam
- Bayi usia 3-11 bulan = 12-17 jam
- Balita usia 1-2 tahun = 11-14 jam
- Balita usia 3-5 tahun = 10-13 jam
- Anak usia 6-13 tahun = 9-11 jam
- Remaja usia 14-17 tahun = 8-10 jam
Sedangkan untuk orang dewasa berusia 18-64 tahun, idealnya tidur 7-9 jam dalam sehari.

Olahraga rutin

Olahraga rutin juga mampu memberikan dampak yang cukup besar untuk pertumbuhan tulang Anda. Sebab dengan olahraga, maka jaringan akan mengalami peregangan yang mampu mendukung pertumbuhan tulang.
Stretching. Stretching atau peregangan adalah latihan fisik yang mudah. Tujuannya agar otot-otot menjadi lemas dan nyaman. Latihan ini biasanya dilakukan sebelum dan sesudah berolahraga. Melakukan peregangan setelah bangun tidur juga merupakan salah satu cara menambah tinggi badan dalam 1 minggu yang efektif.
Caranya :
  • Lakukanlah peregangan secara berurutan mulai dari tubuh bagian atas ke tubuh bagian bawah.
  • Jangan melakukan peregangan secara tidak berurutan (acak) (atas - bawah - atas - bawah).
  • Karena jika melakukan peregangan secara acak bisa menyebabkan peredaran darah menjadi tidak teratur dan bisa menyebabkan rasa mual dan pusing.
Melakukan Senam Yoga

Olahraga yang dipadu dengan teknik pernapasan ini tak hanya mampu melepaskan stres, namun juga dapat meningkatkan pertumbuhan tulang. Ditambah lagi ada beberapa jenis pose yoga yang bisa membantu Anda bertambah tinggi.

Keuntungan dan Kelebihan Tersembunyi Pada Orang Bertubuh Pendek, Jadi Janganlah Minder Jika Anda Memiliki Ukuran Tubuh Kurang Tinggi, Bersyukur Sajalah!

Ternyata orang yang pendek cenderung tidak beresiko mengalami penyumbatan darah. Sehingga akan meminimalkan terkena serangan jantung. Penjelasannya, seseorang dengan tinggi badan kurang dari 155 cm, sebanyak 65 persen cenderung lebih rendah mengalami penyumbatan darah dibandingkan yang 180 cm ke atas. Karena jika seorang memiliki tubuh yang tinggi, artinya akan memiliki kaki yang lebih panjang. Area itulah yang sering terjadi penyumbatan darah.

Selain itu orang tinggi justru mempunyai tekanan gravitasi yang lebih berat pada pembuluh darah kaki. Seperti yang diketahui penyumbatan darah merupakan salah satu penyebab seseorang terkena penyakit jantung dan stroke. Dengan begitu, tak perlu merasa minder lagi jika memiliki tinggi badan yang mungil. Karena kamu beresiko kecil untuk terkena penyakit yang berbahaya.

Cara Memperkirakan Tinggi Badan Maksimal

Kurangnya tinggi badan bisa disebabkan oleh beberapa hal, yaitu asupan gizi yang kurang, penyakit kronis, dan faktor genetik. Untuk mengetahui tinggi badan maksimal yang mungkin dicapai, bisa dilakukan dengan menghitung tinggi badan kedua orang tua.
Berikut ini adalah cara untuk menghitung perkiraan tinggi badan maksimal anak:
  • Menghitung perkiraan tinggi badan maksimal anak perempuan
    (tinggi ayah – 12.7 cm + tinggi ibu) dibagi 2.
  • Menghitung perkiraan tinggi badan maksimal anak laki-laki
    (tinggi ibu + 12.7 cm + tinggi ayah) dibagi 2.
Diolah dari berbagai sumber

Title :Teknik Dan Cara Alami Agar Badan Bertambah Tinggi Tanpa Tersiksa
Link :Teknik Dan Cara Alami Agar Badan Bertambah Tinggi Tanpa Tersiksa

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Teknik Dan Cara Alami Agar Badan Bertambah Tinggi Tanpa Tersiksa :