Mengenal Perbedaan dan Persamaan Antara Kepiting Dengan Rajungan

Baca Juga:


Kepiting dan Rajungan Adalah Jenis Seafood Yang Digemari, Apa Perbedaan Antara Kepiting dan Rajungan Yang Harus Diketahui Agar Tidak Tertipu Saat Membeli Seafood Tersebut?


Antara Kepiting dan Rajungan, Mana Yang Lebih Bergizi? Keduanya mengandung banyak protein dan beragam nutrisi. Seperti vitamin B, vimtain E, mangan, fosfor, yodium hingga zinc. Tapi rajungan memiliki protein yang lebih banyak dibanding kepiting. Rajungan juga memiliki kolesterol yang lebih rendah dibanding kepiting.

Persamaan antara rajungan dengan kepiting tentu sudah sangat jelas bahwa keduanya adalah sama-sama hewan laut yang bisa dimakan. Kepiting dan rajungan sama-sama memiliki capit dibagian depannya. Tetapi ternyata perbedaan antara kepiting dan rajungan sangat terlihat nyata jika kita mau teliti mengamatinya.
Sebenarnya rajungan dan kepiting adalah satu kelompok yaitu kelompok Kepiting, hanya saja keduanya ada perbedaan khas yang mudah dibedakan. Kepiting adalah binatang anggota krustasea berkaki sepuluh dari upabangsa Brachyura, yang dikenal mempunyai "ekor" yang sangat pendek, atau yang perutnya sama sekali tersembunyi di bawah dada. Tubuh kepiting dilindungi oleh cangkang yang sangat keras, tersusun dari kitin, dan dipersenjatai dengan sepasang capit. Rajungan adalah nama sekelompok kepiting dari beberapa marga anggota suku Portunidae. Jenis-jenis kepiting ini dapat berenang dan sepenuhnya hidup di laut.
Para penggemar seafood kadang masih ada yang sering bertanya-tanya apa bedanya kepiting dengan rajungan. Jika dilihat sepintas, kepiting dan rajungan memang mirip, serupa tapi sebenarnya tidak sama. Jika kita teliti maka akan terlihat dengan sangat jelas perbedaan kepiting dan rajungan. Cara paling mudah untuk membedakan kepiting dan rajungan adalah dari fisiknya, capitnya dan kaki-kakinya. Dan ada satu yang sangat penting adalah rajungan tidak akan mampu bertahan lama setelah dikeluarkan dari laut.

Berikut Ini Perbedaan Utama Antara Kepiting dan Rajungan

Ada beberapa perbedaan antara kepiting dan rajungan yang bisa anda amati:
  • Rajungan hidup di satu alam saja, kepiting hidup di dua alam.
  • Rajungan akan mati tidak lama setelah dikeluarkan dari air. Tidak seperti kepiting yang masih dapat bertahan hidup.
  • Perbedaannya juga terletak pada kaki yang paling belakang. Pada rajungan, kaki yang terakhir itu merupakan sejenis anggota tubuh yang pipih (tidak runcing seperti kaki lainnya) dan umumnya digunakan untuk berenang.
  • Rajungan lebih umum ditemukan di laut. 
  • Untuk Lebih jelasnya silakan AMATI FOTO DIBAWAH INI
Rajungan memiliki tubuh yang lebih ramping serta capit lebih panjang dan ramping. Sedangkan kepiting memiliki tubuh atau cangkang yang bulat dan lebih tebal. Meski tak terlalu panjang, capit kepiting berukuran lebih besar dibanding capit rajungan.

Kepiting betina memiliki warna tubuh kehijauan dengan bercak putih. Sedangkan rajungan jantan memiliki warna tubuh kebiruan dengan bercak putih lebih terang. Berbeda dengan kepiting, kepiting baik jantan atau pun betina memiliki warna tubuh hijau kecokelatan.

Dari segi banyaknya daging, daging rajungan lebih sedikit dibanding daging kepiting. Ini karena bagian tubuh dan cangkang kepiting memiliki daging yang lebih tebal. Selain itu, rasa daging kepiting lebih manis dibanding daging rajungan. Tekstur daging kepiting juga lebih lembut daripada rajungan.

Title :Mengenal Perbedaan dan Persamaan Antara Kepiting Dengan Rajungan
Link :Mengenal Perbedaan dan Persamaan Antara Kepiting Dengan Rajungan

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Mengenal Perbedaan dan Persamaan Antara Kepiting Dengan Rajungan :