Mengenal Landak Laut (Bulu Babi), Hewan Laut Yang Bisa Dimakan, Apa Manfaatnya?

Baca Juga:



Apa Itu Landak Laut Atau Bulu Babi? Apa Bahaya Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan?

Gambaran mudah untuk landak laut menurut wikipedia adalah: Landak laut atau disebut juga bulu babi merupakan hewan laut yang berbentuk bundar dan memiliki duri pada kulitnya yang dapat digerakkan. Binatang ini terbagi menjadi sekitar 950 spesies dan dapat ditemukan mulai dari daerah pasang surut sampai di kedalaman 5.000 meter.
Binatang laut yang satu ini memang kalah populer dibandingkan dengan jenis hewan laut lainnya seperti tuna, ikan kakap, hiu paus dll. Landak laut hewan yang dipenuhi bulu lancip dan panjang panjang di sekujur tubuhnya ini katanya bisa diolah menjadi kuliner yang lezat bahkan sering dimakan dalam keadaan mentah.

Ternyata, landak laut atau bulu babi memang bisa dimakan. Bahkan, uni, atau jaringan lunak dari biota laut ini, adalah makanan lezat, menurut Pacific Urchin Harvesters Association. Menurut mereka lagi, daging landak laut juga cukup bergizi.

Telur Landak Laut ini, di Jepang disebut UNI, merupakan bahan baku Sushi dan Sashimi, mengandung protein tinggi, asam amino, zat besi, dan mineral sehingga bermanfaat untuk vitalitas, mengatur metabolism, rendah kolesterol, dan menurunkan tekanan darah. Telur landak laut ini banyak dibuat suplemen untuk menambah vitalitas pria. Bahkan di Jepang telur landak laut telah menjadi makanan khas yang mahal harganya. Telur landak laut di Jepang dihargai sekitar 100 ribu rupiah per 100 gramnya yang artinya per kg harga telur landak laut di jepang sekitar 1 jutaan rupiah.

Hati-hati Dengan Duri Landak Laut Yang Tajam dan Beracun

Duri landak laut atau bulu babi terkenal tajam sebagai senjata perlindungan dirinya yang membuat banyak masyarakat enggan mendekati landak laut. Karena, selain dapat melukai kulit, duri ini juga ternyata mengandung racun. Bila Anda telah terlanjur tertusuk durinya, biasanya Anda akan mengalami gatal-gatal, pegal, perih, dan nyeri di sekujur tubuh.

Efeknya memang tak langsung terasa, tapi saat racun hwan laut ini mulai menyerang, bagian sekitar tubuh yang telah tertusuk duri pun terasa gatal-gatal. Bila tidak segera ditangani, Anda akan merasakan rasa gatal yang berkepanjangan. Bahkan bisa lebih dari satu pekan.

Ketika kaki Anda telah tertusuk duri, segeralah menjauh dari kawanan tersebut. Ambil durinya dengan perlahan. Anda bisa menggunakan penjepit (pinset) sebagai alat bantu. Langkah selanjutnya, Anda bisa mencari batu atau benda tumpul lainnya. Bukan untuk memukul si bulu babi, tetapi menepuk-nepuk atau memukul bagian kaki yang tertusuk duri. Fungsinya adalah untuk menghancurkan duri yang menempel di kaki atau dengan menyiramkan cairan amoniak alami dari air seni sudah cukup untuk melunturkan racun-racun. Namun, untuk perawatan yang lebih maksimal, oleskan obat antiseptik untuk menghindari infeksi.

Kandungan nutrisi utama bulu babi atau landak laut

Seporsi berukuran 100-gram daging landak laut, yang sama dengan sekitar 3,5 ons mengandung 172 kalori dan sangat sedikit lemak. Hampir keseluruhan satu porsi daging landak laut mengandung lemak tak jenuh. Misalnya, ada 1,75 gram lemak tak jenuh ganda dalam seporsi bulu babi landak laut. Lemak tak jenuh ganda di tempat lemak jenuh, seperti yang ditemukan dalam burger, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol Anda secara keseluruhan. Landak laut juga mengandung asam lemak omega-3, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko detak jantung yang tidak normal, berdasarkan data American Heart Association.

Protein penguat

Anda akan mendapatkan sekitar 13,3 gram protein dalam seporsi 100 gram daging landak laut. Itu berarti 29 persen dari 46 gram protein yang dibutuhkan seorang wanita setiap hari dan 24 persen dari 56 gram kebutuhan harian pria, menurut Institute of Medicine ini direkomendasikan untuk dijadikan salah satu menu diet sehat. Protein diperlukan untuk produksi energi dan membuat seluruh tubuh Anda berfungsi dengan benar.

Zinc

Zinc merupakan mineral penting yang memainkan peran penting dalam penyembuhan luka. Mineral mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat dan meningkatkan reproduksi sehat dan normal. Zinc mendukung penglihatan sehat, penghiduan atau penciuman dan rasa yang sehat, juga. Satu porsi daging landak laut memasok dosis zinc yang baik dan rendah lemak, cara rendah kalori untuk meningkatkan asupan mineral.

Banyak orang makan daging landak laut mentah atau dipasangkan dengan sushi. Makan boga bahari mentah memang berisiko kontaminasi bakteri yang dapat membuat Anda sakit, jadi jangan lupa untuk meminta saran dokter Anda sebelum menambahkan daging landak laut mentah dalam diet Anda.

Anda juga bisa memasak landak laut dan kemudian memakannya polos, atau menggabungkan landak laut dengan hidangan lainnya seperti pasta dengan saus tiram atau rebusan beragam boga bahari seperti sup tomyam khas negeri Thailand.

Sistem organ dalam tubuh echinoidea.

Sistem Organ
Keterangan
Sistem pencernaan makanan
Sistem pencernaan berupa saluran panjang dan melingkar dalam cangkang. Saluran pencernaan dimulai dari mulut, terletak di daerah oral, kemudian kerongkongan yang memiliki saluran sifon dan bersilia.
Saluran sifon menghubungkan kerongkongan dengan usus. Saluran pencernaan yang dikelilingi oleh lima rangka samping yang ada dalam cangkang (terkenal sebagai “lentera aristoteles”) adalah lambung yang di perluas oleh kantong-kantong dan berakhir di rektum. Anus terletak di daerah permukaan aboral, yaitu di pusat tubuh diantara lempeng kapur yang mengandung dua, empat, sampai lima lubang genital. Beberapa echinoidea memiliki mulut dan anus di bagian pinggir tubuhnya, tetapi ada pula yang mulutnya terletak di tengah.
Sistem pernapasan
Pernapasan dilakukan oleh 10 insang yang menjorok ke membran peritonium.
Sistem saraf
Sistem saraf berupa cincin yang melingkari mulut yang selanjutnya bercabang ke saraf radial.
Sistem reproduksi
Hewan ini memiliki empat sampai lima gonad yang terletak di daerah permukaan aboral. Dari gonad terdapat saluran ke lubang genital. Sesudah perjadi fertilisasi di air, maka hasil fertilisasi akan tumbuh menjadi larva.
 
Gambar sistem organ dalam Echinoidea
sumber gambar: https://ift.tt/2LxiabM
Jika Anda akan menyertakan bahan-bahan lain ketika mempersiapkan bulu babi atau landak laut Anda, tinjau kembali nutrisi bahan-bahan tersebut, apakah seimbang dengan nutrisi daging landak laut. Minta tukang daging atau dealer ikan lokal langganan Anda untuk menyediakan bulu babi atau landak laut, khusus untuk Anda, karena biota laut ini tidak tersedia di banyak pasar tradisional atau pasar swalayan.

Manfaat Bulu Babi Sebagai Anti Bakteri

Tak hanya bahaya yang datang, namun landak laut juga memiliki khasiat yang baik. Beberapa ahli yang berasal dari Institut Pertanian Bogor (IPB), yaitu Febrina Olivia Akerina, Tati Nurhayati, dan Ruddy Suwany melakukan penelitian mengenai hewan laut ini.

Riset berjudul “Isolasi dan Karakterisasi Senyawa Antibakteri Bulu Babi” ini mengambil landak laut atau bulu babi yang dipasok dari Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, dan menggunakan bahan pelarut metil, etil asetat, dan n-heksan untuk mengambil senyawa antibakteri yang terdapat di dalamnya. Dari 30 ekor bulu babi yang diekstrak, gonad menjadi bagian yang menghasilkan ekstrak tertinggi (7,1%) daripada bagian lainnya. Bagian ini juga diduga memiliki kandungan antibakteri tertinggi.

Hal ini didasarkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa aktivitas antibakteri gonad memiliki nilai tertinggi, dibandingkan bagian lainnya ketika diujikan terhadap bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. Senyawa yang diperoleh menunjukkan bahwa ekstrak bulu babi mengandung senyawa bioaktif golongan steroid, triterpenoid, dan saponin. Ketiga golongan senyawa tersebut berperan dalam menghambat pertumbuhan bakteri.

Diolah dari berbagai sumber media online

Title :Mengenal Landak Laut (Bulu Babi), Hewan Laut Yang Bisa Dimakan, Apa Manfaatnya?
Link :Mengenal Landak Laut (Bulu Babi), Hewan Laut Yang Bisa Dimakan, Apa Manfaatnya?

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Mengenal Landak Laut (Bulu Babi), Hewan Laut Yang Bisa Dimakan, Apa Manfaatnya? :