Manfaat Kulit Kentang Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui, Kebiasaan Makan Kentang Dengan Kulitnya Ternyata Lebih Bermanfaat

Baca Juga:



Mengapa Kentang Tidak Perlu Dikupas Saat Akan Diolah Menjadi Masakan Maupun Gorengan? Ini Alasan Makan Kentang Sebaiknya Dengan Kulitnya!

Bagi mereka yang sedang diet nasi, kentang bisa menjadi pilihan yang sangat bagus untuk menjadi pengganti nasi. Meski sama-sama sumber karbohidrat tetapi ternyata kentang relatif lebih aman dikonsumsi oleh penderita penyakit tertentu seperti diabetes maupun jantung misalnya. Kentang juga mempunyai manfaat yang banyak bagi kesehatan selain tentunya juga sebagai sumber energi yang mumpuni.
 
Menurut ensiklopedia bebas wikipedia, Kentang (Solanum tuberosum L.) adalah tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang yang dapat dimakan dan disebut "kentang" pula. Umbi kentang sekarang telah menjadi salah satu makanan pokok penting di Eropa walaupun pada awalnya didatangkan dari Amerika Selatan. Dan ternyata tidak hanya dagingnya yang bermanfaat, kulit kentang juga menyembunyikan manfaat yang tidak kecil bagi kesehatan. Kentang sendiri sangat kaya akan senyawa flavonoid, karetonoid, dan asam fenolik. Senyawa-senyawa itu berperan sebagai antioksidan di dalam tubuh yang akan mencegah radikal bebas muncul yang biasanya merusak sel tubuh. Bahkan, kumpulan radikal bebas diyakini sebagai salah satu faktor risiko dari berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Penelitian dalam Nutrition and Cancer tahun 2011 menunjukan bahwa antioksidan dalam kentang dapat menekan pertumbuhan sel kanker hati dan usus besar.

Kebanyakan masyarakat kita jika mengkonsumsi kentang semisal kentang rebus biasanya akan dikupas kulitnya karena sepertinya kurang bersih jika memakan kentang rebus langsung bersama kulitnya sekaligus. Demikian juga jika ingin memasak kuliner dengan bahan dasar kentang, selalu kentang tersebut dikupas terlebih dahulu sampai bersih kemudian diiris-iris sesuai keperluan dan dimasukkan ke dalam masakan.

Jika kita perhatikan kentang goreng atau kentang "snack" yang diiris tipis-tipis yang saat ini banyak dijual sebagai camilan, terlihat masih ada kulit yang menempel pada kentang tersebut yang artinya kentang tersebut tidak dikupas terlebih dahulu sebelum dibuat makanan. Dan sekarang juga sudah mulai beberapa kalangan mengkonsumsi kentang dengan tanpa dikupas terlebih dahulu dan dimakan bersama-sama kulitnya.

Banyak yang bilang kalau kentang buruk bagi penderita diabetes, padahal sebaliknya. Manfaat kentang yang lainnya adalah membantu mengendalikan gula dalam darah, jadi sumber karbohidrat yang satu ini cukup aman bagi diabetesi.

Kentang banyak mengandung pati yang disebut dengan pati resisten yang tidak bisa diserap sepenuhnya oleh tubuh. Ketika pati resisten masuk ke dalam usus besar, pati ini akan menjadi sumber nutrisi untuk bakteri baik yang ada dalam usus. Penelitian menyatakan bahwa pati resisten dapat membuat kerja insulin, hormon pengendali gula darah, menjadi lebih optimal.

Selain itu, sebuah penelitian dalam Medicine (Baltimore) 2015 yang dilakukan pada orang yang mengalami diabetes tipe dua, juga menunjukan bahwa setelah mengonsumsi makanan dengan pati resisten, gula darah terbukti lebih stabil.

Dari penelitian yang terbaru, ternyata diketahui bahwa dalam kulit kentang tersimpan kandungan gizi dan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut beberapa manfaat kesehatan jika kita mengkonsumsi kentang beserta kulitnya sekalian (Kentang tidak perlu dikupas hanya dicuci bersih saja sebelum dimasak/diolah):

Manfaat Sebagai Antioksidan
Kulit Kentang Sebagai Sumber Vitamin C. Banyak yang tak menduga, mengonsumsi kentang bersama kulitnya akan menutrisi Vitamin C ke tubuh. Bahkan, satu kentang besar bisa berfungsi memenuhi setengah Vitamin C kebutuhan Anda. Vitamin C penting bagi tubuh sebagai antioksidan dan membantu menyembuhkan luka. 

Manfaat Untuk Kekebalan Tubuh
Kentang dan Kulit Kentang Kaya Vitamin B6.  Makan satu kentang beserta kulitnya telah memenuhi 46% Vitamin B6 yang dibutuhkan tubuh. Vitamin ini berfungsi dalam kerja kardiovaskular, pencernaan dan kekebalan tubuh.


Menurunkan Tekanan Darah dan Menghindari Dehidrasi
Kentang dan Kulitnya Kaya kandungan Kalium. Salah satu buah yang juga kaya akan kandungan Kalium adalah pisang. Seperti hanlnya pisang kandungan Kalium dalam kentang dan kulit kentang tergolong tinggi. Bahkan dengan mengonsumsi kentang beserta kulit mengandung 1.600 mg kalium, setengah dari jumlah kalium yang dibutuhkan tubuh per harinya. Terpenuhinya kebutuhan kalium jadi kunci penting untuk menghindari dehidrasi dan menurunkan tekanan darah.
Karotenoid dalam kentang membantu menjaga fungsi jantung dengan baik. Vitamin C dan B6 juga membantu mengurangi radikal bebas pada sel jantung dan sel-sel tubuh lainnya. Vitamin B6 juga memiliki peranan penting dalam proses di dalam tubuh bernama proses metilasi. Proses ini salah satu fungsinya mengubah homosistein, molekul yang berbahaya menjadi metionin, struktur komponen baru dalam protein. Terlalu banyak homosistein dapat merusak dinding pembuluh darah dan kadarnya yang semakin tinggi memiliki kaitan terjadinya peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.
Menurunkan Kolesterol dan Mencegah Diabetes
Kulit Kentang Berserat Tinggi. Jika makan kentang beserta kulitnya, artinya telah mengonsumsi kebutuhan serat sekitar 7 gram atau sekitar seperempat dari kebutuhan per hari. Namun jika tanpa serat, banyaknya serat dalam kentang hanya 1 gram. Konsumsi kentang akan membuat kenyang lebih lama. Selain itu mengurangi risiko serangan jantung, menurunkan kolesterol dan membantu mencegah diabetes.

Menjaga dalam Metabolisme Protein, Karbohidrat dan Kolesterol
Kandungan Kentang dan Kulitnya Sebagai sumber mangan. Kandungan nutrisi ini memang jarang dikenal, tapi tubuh membutuhkannya. Satu kentang besar dengan kulit mengandung 33% kebutuhan mangan per hari. Mangan berperan penting dalam pengolahan protein, karbohidrat dan kolesterol.

Manfaat Kulit Kentang Lainnya 
  • Menguatkan Rambut
  • Terapi kulit muka yang berminyak
  • Memutihkan kulit wajah
  • Menyuburkan rambut
Diolah dari berbagai sumber

Title :Manfaat Kulit Kentang Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui, Kebiasaan Makan Kentang Dengan Kulitnya Ternyata Lebih Bermanfaat
Link :Manfaat Kulit Kentang Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui, Kebiasaan Makan Kentang Dengan Kulitnya Ternyata Lebih Bermanfaat

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Manfaat Kulit Kentang Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui, Kebiasaan Makan Kentang Dengan Kulitnya Ternyata Lebih Bermanfaat :