Sukses Dalam Burung Lovebird Mengenal Internal Egg Laying

Baca Juga:


INTERNAL EGG LAYING Adalah Suatu kondisi dimana betina tidak sanggup berproduksi alasannya adanya kegagalan fungsi organ reproduksi, dan hampir tidak mungkin untuk kembali normal.

GEJALA:

  • Betina lebih sering berada didalam glodog selama berhari-hari atau berminggu-minggu ibarat hendak bertelur tapi tidak ada satupun telur yang terlihat didalam glodog
  • Perut bab bawah dibagian "vent" terlihat membesar hampir sama persis ibarat ketika seekor betina mengandung telur (gendong telur) tapi jikalau diperhatikan dengan seksama bentuknya berbeda dengan ketika betina mengandung telur normal.
  • Abdomen bawah diatas vent terlihat berwarna kekuningan dan ketika diraba terasa empuk (selama ini banyak orang menyebut berlemak)
 Adalah Suatu kondisi dimana betina tidak sanggup berproduksi alasannya adanya kegagalan fungsi Sukses Dalam Burung Lovebird MENGENAL INTERNAL EGG LAYING

PENYEBAB :

Kegagalan atau kerusakan organ reproduksi yang tidak bisa memproduksi cangkang pada telur atau mendorong keluar telur dari dalam perut.

Hal ini bisa terjadi alasannya beberapa faktor, diantaranya :

  • OverBreed, dimana organ reproduksi terus dipaksa untuk memproduksi telur tanpa ada istirahat atau jeda untuk rekondisi.
  • Usia terlalu muda, sehingga organ reproduksi belum cukup matang dan berpengaruh untuk memproduksi telur dengan tepat dan dipaksa untuk terus berproduksi.
  • Sangkar yang terlalu kecil, sehingga ruang gerak kurang dan betina tidak menerima cukup latihan latihan untuk menjaga kesehatan diri dan melatih supaya otot-ototnya berkembang baik.

EFEK YANG DITIMBULKAN
  • Dalam JANGKA PANJANG, betina yang mengalami kondisi ini sudah tidak layak dan baik lagi untuk dijadikan bahan ternak alasannya biasanya kondisi ini bersifat permanent.
  • Sementara JANGKA PENDEK, sanggup mengakibatkan maut betina alasannya telur tanpa cangkang yang melekat didinding rahim tidak bisa dikeluarkan dan menjadi lahan subur kawasan berkembangbiaknya basil yang sanggup mengakibatkan abuh pada organ internal.

Walaupun intinya "lemak" (telur tanpa cangkang yang melekat dirahim) sanggup diserap kembali oleh badan parkit tapi membutuhkan waktu yang cukup lama, dan sebaliknya kemampuan badan untuk memproduksi bakal telur lebih cepat dari proses perembesan kembali telur yg gagal tersebut.

Dan jikalau pemilik terlambat mengidentifikasi betina mengalami "internal egg laying" maka penumpukkan residu telur tanpa cangkang di dinding rahim akan lebih banyak dan memakan waktu usang untuk hilang.

PENCEGAHAN:

  • Hanya kembangbiakkan indukan ketika cukup usia. Minimal 8 bulan untuk betina atau lebih baik mulai kembangbiakkan sesudah 1 tahun.
  • Beri jeda masa produksi paling tidak istirahatkan indukan sesudah 2-3x berproduksi.
  • Gunakan Kandang umbaran yang cukup luas supaya parkit bisa bermain bebas dan melatih otot-ototnya.
  • Beri asupan pakan yang seimbang serta cukup kandungan Asam Amino, Protein dan Kalsium.

Catatan:

Hal ini bisa terjadi pada semua unggas.


Semoga bermanfaat

Title :Sukses Dalam Burung Lovebird Mengenal Internal Egg Laying
Link :Sukses Dalam Burung Lovebird Mengenal Internal Egg Laying

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Sukses Dalam Burung Lovebird Mengenal Internal Egg Laying :