Beberapa Kriteria Penilaian Kontes Lovebird

Baca Juga:


Beberapa Kriteria Penilaian Kontes Lovebird -Di Indonesia, kontes lovebird yang diselenggarakan mencakup dua jenis, yaitu kicauannya dan tampilannya. Kedua kontes tersebut tentunya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Bagi Anda yang tertarik mengikuti kontes-kontes tersebut, berikut ini kami ulas beberapa kriteria penilaian kontes lovebird yang harus Anda ketahui. 

Beberapa Kriteria Penilaian Kontes Lovebird 

1. Kontes Kicauan 
Salah satu penilaian kontes lovebird yang digunakan ialah kontes kicauan. Pada kontes ini, lovebird yang dinilai adalah lovebird yang memiliki variasi suara dan ngekek yang merdu. Biasanya yang mengikuti kontes ini, lovebird yang sudah dilatih sebelumnya atau sudah pernah meraih juara. Adapun beberapa kriteria penilaian tersebut dijabarkan sebagai berikut. 

a. Irama 
Kriteria penilaian kontes lovebird di bidang kicauan yang pertama mencakup irama. Hal yang dinilai dalam kriteria ini adalah naik turunnya lagu yang dibawakan oleh burung. Irama akan dinilai bagus jika nadanya mampu naik dan turun secara bervariasi layaknya seorang penyanyi dangdut. 

b. Lagu 
Kriteria penilaian kontes lovebird di bidang kicauan yang kedua mencakup lagu yang didendangkan burung. Hal yang menjadi penilaian dalam kriteria lagu ialah ciri khas suara yang dimiliki oleh burung tersebut. Tentunya masing-masing burung memiliki suara-suara yang berbeda tergantung cengkok yang dimilikinya masing-masing. 

c. Panjang lagu 
Kriteria penilaian kontes lovebird di bidang kicauan yang ketiga mencakup panjang lagu yang dibawakan oleh burung. Durasi ideal yang dimiliki lovebird untuk memainkan lagu ialah 25 detik. 

d. Intonasi Suara 
Kriteria penilaian kontes lovebird di bidang kicauan yang keempat mencakup intonasi suara. Burung yang memiliki intonasi suara yang keras termasuk kategori burung dengan kriteria yang ideal karena volumenya mampu terdegar secara jauh. 

e. Kerapatan lagu 
Kriteria penilaian kontes lovebird di bidang kicauan yang kelima mencakup kerapatan lagu yang dimainkan. Saat lovebird berkicau, nada lagu harus dinyanyikan dengan rapat dan tidak terlalu renggang layaknya seorang penyanyi. Untuk itu, Anda harus bersabar dalam melatihnya. 

f. Durasi kerja 
Kriteria penilaian kontes lovebird di bidang kicauan yang keenam mencakup durasi kerja yang mampu ditempuh oleh burung. Durasi kerja ideal saat memainkan lagu harus berjumlah minimal 75% dari total waktu yang disediakan oleh juri. 

Selain itu, durasi bunyi juga dinilai oleh juri saat burung melantunkan lagu. Semakin lama burung berbunyi maka semakin baik nilai yang diperoleh. Tentunya dalam hal ini, juri akan menyeleksi frekuensi suara burung yang memenuhi kriteria atau tidak. 

2. Kontes kecantikan 
Kriteria penilaian kontes lovebird selanjutnya ialah kontes kecantikan. Tentunya kontes ini berbeda dengan jenis kontes kicauan. Pada umumnya lovebird yang mengikuti kontes ini terdiri dari: Blorok, Batman, Lutino, Dakocan, Biola, dan lain-lain karena cenderung memiliki bulu-bulu yang indah. Adapun kriteria penilaian tersebut dijabarkan sebagai berikut. 

a. Postur tubuh dan kesehatan 
Kriteria penilaian kontes lovebird di bidang kecantikan yang pertama mencakup postur tubuh dan kesehatan. Burung yang memiliki kriteria penilaian yang ideal ialah burung yang memenuhi beberapa indikator yang meliputi: (1) keharmonisan bentuk tubuh secara keseluruhan, (2) kondisi tubuh lengkap dan sempurna, serta tidak cacat, (3) ukuran tubuh proposional yang ditunjukkan dengan tinggi dan bobotnya, dan (4) kesehatan tubuh tampak segar, lincah, dan bersih. 

b. Kombinasi Warna 
Kriteria penilain kontes lovebird di bidang kecantikan yang kedua mencakup kombinasi warna yang dimiliki oleh burung. Kriteria warna ideal yang dimiliki harus bersikap tegas meliputi keseluruhan tubuh lovebird. Adapun variasi warna yang terdapat di tubuh lovebird harus tersebar secara halus dan tidak berantakan. 

Itulah beberapa kriteria penilaian kontes lovebird yang harus Anda ketahui. Segera persiapkan lovebird Anda dengan sebaik mungkin untuk bisa menjadi jawara. Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Selamat mencoba. 

Title :Beberapa Kriteria Penilaian Kontes Lovebird
Link :Beberapa Kriteria Penilaian Kontes Lovebird

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Beberapa Kriteria Penilaian Kontes Lovebird :