Kupas Tuntas Kangkung, Kandungan Nutrisi, Bahaya Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan, Benarkah Kangkung Dilarang Di Amerika?

Baca Juga:


Sayur Kangkung, Ciri-ciri Tanaman, Bahaya dan Manfaatnya

Kangkung berasal dari wilayah India yang kemudian menyebar ke wilayah Asia, Australia dan Afrika. Penanaman kangkung dilakukan pada tempat yang basah seperti pada rawa atau permukaan lumpur. Kangkung sendiri merupakan tanaman yang dapat dengan cepat tumbuh sekitar 6 minggu penanaman, hasilnya sudah dapat dipanen.

Berbagai jenis kangkung sudah di budidayakan secara luas. Yang terdapat di Indonesia sendiri adalah jenis kangkung darat dan kangkung air. Kangkung air memiliki daun yang lebih lebar dan bewarna hijau kelam dan bunga yang bewarna keunguan. Sedangkan kangkung yang kering lebih kecil daunnya dengan bunga yang bewarna keputihan.
Kangkung termasuk sayuran yang mudah hidup, baik didaerah yang banyak air ataupun yang minim air. Itu dikarenakan kangkung memiliki 2 spesies yaitu, kangkung darat dan kangkung air. Kandungan nutrisi pada sayur kangkung adalah Lemak 0,2 g, Natrium 113 mg, Kalium 3 mg, Karbohidrat 3,1 gr, Serat pangan 2.3 gr, Fosfor 29.00 mg Protein 2,6 gr, Vitamin A 63 mg. Vitamin C 55 mg, Vitamin D 77 mg, Vitamin B6 0,1 mg Zat besi 1,7 mg dan Magnesium 10,373 mg.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, yang dimaksud dengan kangkung adalah tumbuhan sayuran yang menjalar, batangnya berair, daunnya berbentuk tameng dan meruncing pada bagian ujungnya, bertangkai panjang dengan permukaan daun sebelah atas berwarna hijau yang lebih tua daripada permukaan sebelah bawah.

Selain definisi kangkung, para ahli juga menyatakan bahwa sayuran yang satu ini mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Kangkung, selain rasanya lezat, juga mengandung vitamin A, B,dan C, asam amino, fosfor, zat besi, sitosterol, dan karoten (Perdana, 2009).

Terdapat pendapat lain mengenai kandungan gizi yang dimiliki oleh sayur hijau ini.Menurut Syamsu hidayat dan Hutapea (1991), kangkung juga mengandung flavonoid, saponin, serta poliferol. Dari beberapa pernyataan di atas, dapat disimpulkan bahwa kangkung merupakan sayuran dengan ciri-ciri khusus yang memiliki berbagai kandungan nutrisi sehingga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Gizi Kangkung. Kandungan zat gizi kangkung tidak kalah dengan sayuran lain, Sejumlah zat penting seperti vitamin A. C dan B kompleks, kalsium, fosfor dan zat besi terkandung dalam kangkung. Hal ini menjadi pertimbangan yang dapat anda lakukan untuk pemberian sayur kangkung sebagai menu asupan makanan sehari-hari.

Ciri-ciri Tanaman Kangkung

Berikut ini morfologi kangkung darat dan kangkung air yang perlu Anda ketahui sehingga bisa mengenalinya dengan mudah.
  • Morfologi batang
Baik kangkung darat dan kangkung air mempunyai morfologi batang yang cukup unik,yaitu berongga. Namun, batang kangkung darat cenderung berwarna putih kehijauan serta mempunyai ruas yang lebih besar. Sementara itu, kangkung darat mempunyai batang berwarna lebih hijau serta ukuran batang yang tidak terlalu besar.Ruas-ruas yang dimiliki kangkung air juga tidak terlalu besar.
  • Morfologi daun
Ciri khas tanaman kangkung yang selanjutnya adalah bentuk daun yang panjang dan meruncing pada bagian ujungnya. Terlihat pula tulang-tulang daun yang tebal pada bagian tengah dan tulang halus pada bagian tepi-tepinya.
Kangkung darat mempunyai daun yang sedikit lebih kecil daripada kangkung air. Belum diketahui apakah ukuran daun dipengaruhi oleh kandungan air yang diperoleh atau tidak. Selain itu, kangkung darat juga mempunyai warna daun hijau tua,sedangkan kangkung air mempunyai warna daun yang terlihat lebih pucat namun berukuran besar.
  • Morfologi biji
Kangkung merupakan jenis tanaman yang memproduksi bunga dan biji untuk berkembang biak secara generatif. Biji kangkung berwarna coklat tua dengan bentuk menyerupai seperempat lingkaran. Untuk budidaya, biji yang berkualitas akan disemai kemudian dipindah pada media yang telah disiapkan.
Kangkung darat diketahui mempunyai biji dengan ukuran yang lebih besar dan lebih banyak daripada kangkung air. Meskipun kangkung air juga mengeluarkan biji, namun kebanyakan petani tidak menggunakannya untuk pembibitan. Hal inilah yang menyebabkan kangkung darat lebih mudah dibudidayakan menggunakan biji,sementara kangkung air dibudidayakan dengan cara stek batang.
  • Morfologi akar
Kangkung merupakan tanaman dengan akar tunggang yang mempunyai akar-akar kecil disekitarnya. Akar tersebut mampu tumbuh hingga kedalaman 100 cm di bawah tanah.Bahkan untuk kangkung air, pertumbuhan akar bisa mencapai 150 cm bahkan lebih.

Manfaat Kangkung Bagi  Kesehatan 

Beberapa kandugan nutrisi baik diatas, memberikan dampak positif bagi kesehatan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

Pencegahan Anemia. Badannya yang terasa lesu dan lemah disertai kepala yang terasa pusing dapat menjadi pertanda anda kekurangan darah. Kangkung terdapat ada zat besi yang dapat merangsang produksi sel darah merah dalam tubuh.

Pencegahan terhadap diabetes. Mengkonsumsi kangkung menghasilkan zat-zat yang mampu menghambat penyerapan gula pada tubuh. Jadi anda mungkin tidak terlalu khawatir jika memakannya dengan nasi.

Meningkatkan kualitas otak. Manfaat kangkung dengan kandungan vitamin B kompleks dan omega 3 membantu kinerja otak lebih baik. Sehingga sayur kangkung sangat baik dihidangkan pada anak-anak yang dalam masa pertumbuhan, karena mampu meningkatkan kecerdasan otak.

Menjaga Kesehatan Jantung. Kangkung memiliki nutrisi penting dan kandungan yang cukup tinggi vitamin A dan C serta beta-karoten. Nutrisi ini dapat membantu mengurangi radikal bebas di tubuh (sebagai antioksidan) sehingga dapat membantu mencegah kolesterol yang teroksidasi. Kolesterol yang teroksidasi pada dinding pembuluh darah, menyebabkan arteri tersumbat, serangan jantung atau stroke. Selain itu, folat yang terkandung dalam kangkung dapat membantu untuk mengkonversi bahan kimia yang berpotensi berbahaya yang disebut homosistein, yang pada tingkat tinggi dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Magnesium merupakan mineral yang menurunkan tekanan darah dan memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung.

Menjaga Sistem Imun. Sayuran hijau adalah salah satu sumber sayuran yang dapat menjaga sistem imun dan meningkatkan tingkat kekebalan tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi Sayuran hijau maka anda dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh anda.

Sangat Baik Untuk Mata. Mungkin anda tidak menyangka bahwa sayuran kangkung terdapat kandungan vitamin A, karotenoid, dan lutein. Ketiga kandungan vitamin dan mineral ini dapat membantu menjaga kesehatan mata. Selain itu zat ini dapat membantu mencegah katarak.

Mengurangi Kolesterol. Kangkung sebagai sumber yang sangat penting untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh anda. Penelitian yang dilakukan dengan subjek tikus telah membuktikan bahwa kangkung efektif untuk menurunkan kadar kolesterol serta triglycoside dalam darah.

Bahaya Makan Sayur kangkung berlebihan.

1. Penyakit Asam Urat.

Kangkung sangat berbahaya bagi para penderita asam urat, baik yang sedang dalam proses penyembuhan ataupun yang sedang mengalami sakit asam urat. Zat purin yang terdapat dalam kangkung dapat menyebabkan asam urat kambuh , sendi nyeri dan bisa mengalami pembengkakan.

2. Mengantuk.

Mitos yang mengatakan kangkung dapat membuat seseorang mengantuk itu benar adanya. Hal ini disebabkan kangkung memiliki zat kalium yang cukup tinggi yang mampu mempengaruhi saraf saraf bagian kepala.

3. Alergi.

Beberapa kasus menemukan sayur kangkung bisa menyebabkan alergi. Walaupun tidak pada semua orang tetapi beberapa orang mengalami alergi gatal gatal, ruam merah ataupun pusing sementara usai memakan kangkung. Penyebab alergi ini adalah zat magnesium yang terkandung didalam kangkung.

4. Gangguan Pencernaan.

Mengkonsumsi kangkung tanpa nasi dalam kadar yang berlebihan dapat mengganggu jaringan usus dan sekitarnya. Kangkung memiliki kandungan gas dan zat purin yang dapat menyebabkan sistem pencernaan menjadi iritasi.

5. Tidak baik untuk anak dibawah usia 5 tahun.

Struktur sayur kangkung yang tidak mudah hancur ketika dikunyah ternyata berbahaya bagi sistem pencernaan anak dibawah usia 5 tahun. Sebaiknya kangkung diberikan kepada anak yang sudah berusia diatas 5 tahun, karena pada saat itulah kondisi pencernaan anak sudah bagus.

Budidaya Kangkung Darat dan Kangkung Air

Dilihat dari habitatnya, terdapat dua jenis kangkung yaitu kangkung darat dan kangkung air. Kangkung darat mempunyai habitat di darat dan menggunakan tanah sebagai media tanam. Namun kangkung darat bisa juga ditanam tanpa tanah, yaitu menggunakan metode hidroponik. Sementara itu, kangkung air secara alami hidup di permukaan air dan tidak bisa ditanam di tanah.

kangkung darat bisa ditemukan dengan mudah di perkebunan, sedangkan kangkung air bisa tumbuh sangat subuh di area persawahan. Hal ini dikarenakan kangkung memang jenis tanaman yang mudah hidup dan tahan segala kondisi sehingga tidak mudah mati. Oleh karena itu, kangkung juga sangat mungkin untuk dibudidayakan demi nilai praktis dan ekonomis.

Karena mempunyai habitat yang berbeda, kangkung darat dan air juga memerlukan cara penanaman yang berbeda pula. Langkah penanaman kangkung darat dimulai dari pemilihan biji berkualitas, penyemaian, persiapan lahan, pemindahan bibit, penyulaman, perawatan, hingga masa panen.

Lain halnya dengan kangkung air, sayuran yang satu ini mempunyai langkah penanaman yang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan kangkung darat. Untuk mendapatkan bibit kangkung air, Anda tidak bisa menggunakan biji. Biasanya pembibitan dilakukan dengan cara stek batang. Anda bisa mendapatkan bibit berukuran 20 hingga 30 cm di toko pertanian.

Untuk kangkung air, Anda harus memastikan lahan yang digunakan mempunyai banyak air.Genangan air yang dibutuhkan minimal 6 cm sebelum dilakukan penanaman. Untuk perawatan, Anda perlu membersihkan rumput-rumput di sekitar tanaman kangkung.Berbeda dengan kangkung darat, kangkung air lebih cepat memasuki masa panen,yaitu sekitar 11 hari saja sejak masa penanaman.

Ketika memanen, Anda perlu menyisakan batang pohon sekitar 2 atau 3 cm agar tanaman bisa tumbuh kembali. Dengan demikian, Anda hanya perlu melakukan satu kali tanam untuk beberapa kali masa panen. Saat memanen, pastikan Anda membersihkan tanaman dengan baik agar kotoran atau hewan yang menempel bisa hilang.

Serba-serbi Kangkung di Berbagai Negara Hingga Dianggap Sebagai Gulma Berbahaya di Amerika

Di Thailand, sayuran ini disebut phak bung, rau hijau di Vietnam, trokuon di Kamboja, dan Kalmi shak di Bangladesh. Di Amerika, kangkung dikenal sebagai Chinese water spinach. Departemen Pertanian AS memilih melabeli kangkung sebagai gulma berbahaya ketimbang sayuran bernilai gizi tinggi.

Dibenci sebagai spesies invasif, kangkung berkembang di lahan basah Texas, Florida, dan bahkan California. Di negara itu, sayuran dengan batang berungga ini lebih sering digunakan sebagai makanan kelinci.

Hal sebaliknya terjadi di China. Di negeri ini, tanaman bernama ilmiahAaquatica ipomoea itu digunakan sebagai ramuan ajaib untuk berbagai penyakit, mulai dari diabetes hingga wasir dan insomnia.

Dalam kangkung terkandung banyak zat berguna. Satu porsi atau setara 100g kangkung mengandung air (90 persen), protein (3 persen), serat (3 persen), lemak (0,9 persen), karbohidrat (4,3 persen), mineral (2 persen), nicotinamide (0.6mg), riboflavin (120mg), vitamin C (137 mg), dan vitamin E (11 mg). Kangkung juga diketahui mengandung karoten, asam amino termasuk polifenol (antioksidan), dan mineral seperti kalium, zat besi dan magnesium.

Tapi, bahaya kangkung bukan datang dari zat yang dikandungnya, melainkan cara pengolahan yang dilakukan sebelum dihidangkan. Jika tak hati-hati saat membersihkan dan memasaknya, Anda bisa berakhir di ranjang rumah sakit dengan kasus Fasciolopsiasis.

Penyakit ini adalah kondisi yang disebabkan oleh kuman Fasciolopsis buski, parasit pada larva yang berasal dari kotoran manusia atau babi yang terinfeksi. Kuman yang masuk ke dalam tubuh segera menempel pada dinding usus dan menyebabkan gangguan pencernaan, reaksi alergi, dan sakit perut hebat.

Karenanya, sebelum dikonsumsi, pastikan kangkung dibersihkan secara benar. Selain itu, sayuran ini sebaiknya dimasak hingga betul-betul matang.

Title :Kupas Tuntas Kangkung, Kandungan Nutrisi, Bahaya Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan, Benarkah Kangkung Dilarang Di Amerika?
Link :Kupas Tuntas Kangkung, Kandungan Nutrisi, Bahaya Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan, Benarkah Kangkung Dilarang Di Amerika?

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Kupas Tuntas Kangkung, Kandungan Nutrisi, Bahaya Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan, Benarkah Kangkung Dilarang Di Amerika? :