Hijauan Alternatif Daun Nangka Untuk Pakan Ternak Saat Kemarau

Baca Juga:




Penggunaan Daun Nangka Sebagai Pakan Ternak Alternatif Saat Kesulitan Hijauan Di Musim Panas

Di daerah pedesaan dimana ternak banyak dipelihara, banyak ditemukan tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai hijauan makanan ternak pengganti rumput dan leguminosa. Beberapa jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai hijauan makanan ternak di antaranya daun nangka (Artocarpus integra), daun dan limbah pisang (Musa sapientum), daun bambu (Bambusa vulgaris), daun umbi ketela pohon (Manihot utilisima), daun waru (Hibiscus tiliaccus), daun umbi ubi jalar (Ipomea batatas poir), daun bunga sepatu (Hibiscus rosa sinensis), daun mangga (Mangifera indica), daun jambu air (Eugenia aquea), daun pepaya (Carica papaya) dan daun asem (Tamarindus indica). Nilai gizi hijauan makanan ternak sangat bervariasi antara 3%-6%.

Pohon Nangka bagus untuk cadangan hijauan makanan ternak karena daunnya yang disukai ternak, baik sapi, kambing maupun domba. Daun nangka layak dijadikan hijauan alternatif dalam menghadapi musim kemarau karena sifat dari pohon nangka yang mudah tumbuh, meskipun kurang tahan terhadap kekeringan tetapi karena sifatnya sebagai tanaman kayu yang hidup menahun maka akarnya akan jauh masuk ke dalam tanah sehingga masih dapat mendapatkan suplai air asal kekeringan atau kemarau tidak terlalu panjang.

Habitat tanaman ini menyukai wilayah dengan curah hujan lebih dari 1500 mm pertahun di mana musim keringnya tidak terlalu keras. Nangka kurang toleran terhadap udara dingin, kekeringan dan penggenangan.Untuk kecepatan pembentukan buah, pohon nangka yang berasal dari biji, mulai berbunga pada umur 2-8 tahun. Sedangkan yang berasal dari klon atau cangkok mulai berbunga di umur 2-4 tahun. Di tempat yang cocok, nangka dapat berbuah sepanjang tahun.
Bahan pakan dihasilkan dari alam baik dengan kegiatan budidaya atau hasil sisa limbah kegiatan agroindustri. Dalam penggunaan pakan ternak selain perlu diketahui kandungan nutrisi, aspek-aspek lain seperti mudah diperoleh, tidak bersaing dengan kebutuhan manusia, ketersediaan (kontinuitas), akses transportasi dan mempertimbangkan harga sehingga kegiatan budidaya ternak dapat berlangsung optimal. Ragam jenis bahan pakan ternak yang semakin beragam akan memberikan manfaat dalam hal substitusi pakan jika terdapat jenis bahan pakan yang memiliki kelangkaan.
Daun nangka cocok untuk pakan ternak karena memiliki kandungan Protein Kasar (PK) yang cukup tinggi yaitu diatas 20%. Untuk meningkatkan produksi susu kambing juga bagus dengan diberikan pakan tambahan daun nangka ini.

Manfaat Lain Pohon Nangka

Buah nangka muda sangat digemari sebagai bahan sayuran. Di Sumatera, terutama di Minangkabau, dikenal masakan gulai nangka. Di Jawa Barat buah nangka muda antara lain dimasak sebagai salah satu bahan sayur asam. Di Jawa Tengah dikenal berbagai macam masakan dengan bahan dasar buah nangka muda (disebut gori), seperti sayur lodeh, sayur megana, oseng-oseng gori, dan jangan gori (sayur nangka muda). Di Jogyakarta nangka muda terutama dimasak sebagai gudeg.

Sementara di seputaran Jakarta dan Jawa Barat, bongkol bunga jantan (disebut babal atau tongtolang) kerap dijadikan bahan rujak. Ketupat gulai nangka, contoh olahan dari "buah" nangka muda. Daun-daun nangka merupakan pakan ternak yang disukai kambing, domba maupun sapi. Kulit batangnya yang berserat, dapat digunakan sebagai bahan tali dan pada masa lalu juga dijadikan bahan pakaian.

Getahnya digunakan dalam campuran untuk memerangkap burung, untuk memakal (menambal) perahu dan lain-lain. Kayunya berwarna kuning di bagian teras, berkualitas baik dan mudah dikerjakan. Kayu ini cukup kuat, awet dan tahan terhadap serangan rayap atau jamur, serta memiliki pola yang menarik, gampang mengkilap apabila diserut halus dan digosok dengan minyak.

Title :Hijauan Alternatif Daun Nangka Untuk Pakan Ternak Saat Kemarau
Link :Hijauan Alternatif Daun Nangka Untuk Pakan Ternak Saat Kemarau

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Hijauan Alternatif Daun Nangka Untuk Pakan Ternak Saat Kemarau :