Kupas Tuntas Tanaman Genjer, Manfaat dan Kandungan Nutrisinya

Baca Juga:


Cara Tanam Dan Perawatan Tanaman Genjer, Sayuran "Wong Cilik" Yang Menyembunyikan Banyak Manfaat Bagi Kesehatan, Bagaimana Kandungan Gizi Genjer?

Genjer kaya akan kandungan energy, protein, lemak, karbohidrat, serat dan mineral. Dalam setiap 100 g genjer mengandung energi 39 kkal, protein1,7 g, lemak 0,2 gr, karbohidrat 7,7 g, serat 0,95 gr dan mineral antara lain kalsium 62 mg,fosfor 33 mg, zat besi 17.97 mg, kalium 300,46 mg, natrium 3,13 mg, magnesium 2,81 mg, zn1,28 mg dan tembaga 0,613 mg. Daun dan bunga genjer mengandung juga zat kardenolin,flavonoida dan polifenol. Dalam bahasa internasional dikenal sebagai limnocharis, sawah-flower rush, sawah-lettuce, velvetleaf, yellow bur-head, atau cebolla de chucho.
Tanaman genjer merupakan tanaman yang tumbuh di rawa dan biasa nya tumbuh di sawah atau di ladang yang cukup banyak air nya. Tanaman genjer, jika tumbuh bersamaan dengan tanaman utama nya misal nya padi, maka dia akan menjadi salah satu penghambat tumbuh nya tanaman padi.

Genjer atau kalayau, genjer, paku rawan dengan nama latin Limnocharis flava, adalah sejenis tumbuhan rawa yang banyak dijumpai di sawah atau perairan dangkal. Biasanya ditemukan bersama-sama dengan eceng gondok.( Wikipedia). Tumbuhan ini tumbuh di permukaan perairan atau akarnya masuk ke dalam lumpur, tumbuhan tahunan; rimpang tebal dan tegak, tinggi tumbuhan dapat mencapai setengah meter; daun tegak atau miring, tidak mengapung, tangkainya panjang dan berlubang, helainya bervariasi bentuknya; mahkota bunga berwarna kuning dengan diameter 1.5cm, kelopak bunga hijau.

Untung nya tanaman genjer ini bukan hanya menjadi masalah saja, namun juga bermanfaat bagi manusia. Tanaman genjer dapat dimasak dan dijadikan makanan sebagai sayur untuk lauk yang sangat menggugah selera. Meski pun sampai saat ini tanaman genjer masih dianggap sebagai makanan kampung, namun tidak sedikit orang yang sangat menyukai nya, karena rasa nya khas dan enak.
Klasifikasi Genjer (Limnocharis flava)
  • Regnum                   : Plantae
  • Divisi                      : Magnoliophyta
  • Anak divisi              : Angiospermae
  • Classis                    : Monocotyledonae
  • Ordo                       : Alismatales
  • Familia                    : Limnocharitaceae
  • Genus                      : Limnocharis
  • Spesies                     : Limnocharis flava
Tanaman genjer ini memiliki penampakan daun yang mengkilap seperti daun talas, hal ini karena di lapisan luar daun genjer terdapat lapisan lilin yang menyelimuti nya. Bukan hanya enak dan lezat ketika dimasak, namun tanaman genjer ini juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh manusia, karena kandungan gizi di dalam nya.

Tanaman genjer (Limocharis flava) merupakan tanaman yang mempunyai daun yang termasuk kategori daun lengkap.
  • Karena daun genjer mempunyai ketiga bagian-bagian daun itu. Jadi berdasarkan kelengkapan daun, tanaman genjer ini termasuk pada daun lengkap. 
  • Pada tanaman ini tidak ditemukan daun tambahan, dan jumlah helaian daun tanaman ini termasuk pada kategori daun tunggal (folium simplex). 
  • Berdasarkan susunan tulang daun, tanaman genjer memiliki tulang daun yang melengkung yaitu daun yang susunan tulang daunnya melengkung. 
  • Bagian daun terlebar pada genjer terletak pada bagian tengah helaian daun. 
  • Ujung distal helai daun (apex) meruncing (acuminatus). 
  • Tunggal, roset akar, bertangkai persegi, lunak, panjang 15-25 cm, helai daun lonjong, ujung meruncing pangkal tumpul, tepj rata, panjang 5-50 cm, lebar 4 25 cm, pertulangan sejajar, hijau.
Berdasarkan ada tidaknya batang, tumbuhan genjer ini termasuk pada tumbuhan berbatang jelas, karena batangnya terlihat dengan jelas.
  • Berbeda dengan acaulis, selain tidak terlihat batangnya biasanya acaulis letak daun-daunnya sangat merapat. 
  • Berdasarkan sifat batang genjer termasuk pada batang basah (herba), karena batang ini biasanya mengandung air, tidak berkayu dan berwarna hijau. 
  • Batang tanaman genjer berbentuk bundar (globosus). 
  • Berdasarkan arah batang di atas tanah genjer memiiki batang yang tegak (erectus) dengan berarah tegak lurus ke atas.
Bunga Genjer
  • Bunga merupakan alat untuk mempertahankan generasi dari suatu tumbuhan, dan biasa disebut dengan alat perkembangbiakan (organum reproductivum). 
  • Genjer memiliki bunga yang mempunyai sifat seperti daun. 
  • Berdasarkan kelengkapan bunga, genjer memiliki bunga yang lengkap, karena di situ semua daun bunga seperti kelopak, mahkota, benang sari dan putik terdapat pada bunga genjer. 
  • Pada suatu tumbuhan ada kalanya hanya terdapat satu bunga saja, tetapi umumnya pada suatu tumbuhan dapat ditemukan banyak bunga. 
  • Tumbuhan yang hanya menghasilkan satu bunga saja dinamakan tumbuhan berbunga tunggal (plantauniflora) sedang lainnya tumbuhan berbunga banyak (planta multiflora). 
  • Jika suatu tumbuhan hanya mempunyai satu bunga saja, biasanya bunga itu terdapat pada ujung batang, jika bunganya banyak, sebagian bunga-bunga tadi terdapat pada ketiak-ketiak daun dan sebagian pada ujung batang atau cabang-cabang.
  • Berdasarkan pada letaknya, bunga pada tanaman genjer ini terdapat di ketiak daun (flos lateralis atau flos axillaries). 
  • Majemuk, bentuk payung, di ketiak daun, terdiri dari 3-15 kuntum, tangkai panjang 15-25 cm, hijau, kelopak lepas, bentuk kuku, hijau, benang sari 3, tangkaj putik kuning, kepala putik bulat, mahkota lepas, ujung melengkung ke dalam, kuning.
  • Biji dari genjer berbentuk bulat, kecil, dan berwarna hitam.

Berikut adalah beberapa manfaat tanaman genjer :

MENAMBAH NAFSU MAKAN

Manfaat pertama yang bisa didapat kan oleh tubuh kita dari mengkonsumsi tanaman genjer adalah untuk menambah nafsu makan. Hal ini disebab kan karena tanaman genjer memiliki aroma dan cita rasa yang khas yang mampu menggugah selera makan.
Untuk penambah nafsu makan dipakai ± 15 gram daun segar Limnocharis flava, dicuci dan dikukus sampai setengah matang lalu dimakan sebagai lalapan.
Nafsu makan sangat lah penting, karena jika nafsu makan menurun akan mengakibat kan metabolisme juga ikut menurun.

MENYEHATKAN SEL TUBUH

Kandungan zat yang ada di dalam tanaman genjer sangat baik untuk menyehatkan sel-sel tubuh.

Ketika sel tubuh kita sehat, maka tubuh kita akan lebih kebal terhadap berbagai macam jenis penyakit baik dari dalam maupun dari luar.

Oleh karena itu sebaik nya kita tidak usah ragu ketika ingin mengkonsumsi tanaman genjer.

SEBAGAI SUMBER ENERGI

Manfaat lain nya dari tanaman genjer ini adalah sebagai sumber energi bagi tubuh.

Kandungan energi dari tanaman genjer ini cukup banyak dan cukup untuk memenuhi kebutuhan energi harian kita.

Jadi ketika kita merasa lemas dan lesu, segera lah makan tanaman genjer saja, yang sudah dimasak, sesuai selera, niscaya tubuh kita akan kembali fit dan bugar.

MENGUATKAN TULANG

Di dalam tanaman genjer terdapat kandungan kalsium yang cukup tinggi yang sangat baik untuk kesehatan tulang.

Bagi anak-anak yang mengkonsumsi tanaman genjer sangat baik untuk membantu proses pertumbuhan tulang lebih maksimal.

Sedang kan untuk para orang tua, mengkonsumsi tanaman genjer sangat lah baik untuk menjaga ketahanan dan kesehatan tulang supaya tidak mudah keropos dan terhindar dari penyakit tulang ketika usia bertambah.

MELANCARKAN PENCERNAAN

Bagi yang mengalami masalah pencernaan atau susah BAB sebaik nya mengkonsumsi tanaman genjer ini.

Kandungan serat di dalam tanaman genjer ini sangat baik untuk melancarkan pencernaan.

Apalagi bagi yang ingin menurunkan berat badan atau diet, maka sangat baik mengkonsumsi tanaman genjer ini, agar tidak ada timbunan lemak dan kotoran di dalam usus yang berpotensi menjadi tumpukan lemak.

MENCEGAH SEMBELIT

Sembelit meskipun sering kali di sepelekan, namun sebenar nya sangat tidak baik untuk tubuh.

Sembelit terjadi karena ada nya penumpukan sisa makanan dalam usus besar, karena tidak cukup lunak untuk keluar. Kekurangan serat dan air menjadi penyebab utama nya.

Sembelit jika dibiar kan begitu saja, maka dapat menyebab kan sakit perut dan anemia, karena mengejan terlalu keras saat BAB.

Yang lebih parah lagi adalah terjadi nya infeksi usus yang menyebab kan bibit penyakit kanker usus besar, karena ada nya infeksi bakteri dari kotoran yang terlalu lama menumpuk di dalam usus besar.

Oleh karena itu, sebaik nya segera mengatasi masalah sembelit dan mencegah nya sebelum terjadi masalah, dengan mengkonsumsi tanaman genjer ini dan minum air putih yang banyak.

MENYEHATKAN GIGI

Selain tulang, gigi juga membutuh kan kalsium, agar tetap sehat dan kuat.

Dengan mengkonsumsi tanaman genjer ini, kita sudah berusaha untuk menyehat kan gigi.

Ini sangat penting untuk menunjang kesehatan tubuh, karena ketika ada satu gigi kita yang sakit, maka semua tubuh kita akan ikut merasakan sakit.

Kita dapat mengkonsumsi tanaman genjer tersebut sesuai dengan selera masakan kita masing-masing.

MENYEHATKAN JANTUNG

Meskipun dianggap sebagai tumbuhan liar dan kadang menjadi hama bagi tanaman lain nya, namun tanaman genjer ini juga sangat baik untuk menyehat kan jantung.

Terlebih lagi saat ini banyak kasus penyakit jantung yang sudah diketahui parah namun tidak menunjukkan tanda-tanda pada awal nya.

Masalah jantung tidak dapat dianggap sepele karena jika jantung bermasalah maka tubuh kita sedang dalam bahaya besar.

MENCEGAH ANEMIA

Bagi yang mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah yang ditandai dengan lesu, lemah, lunglai maka di anjurkan untuk mengkonsumsi tanaman genjer ini.

Tanaman genjer ini mengandung zat besi, dimana zat besi tersebut sangat dibutuh kan untuk produksi sel darah merah.

Ini akan menghindarkan kita dari penyakit anemia yang dapat membuat kita tidak dapat menjalan kan aktivitas sehari-hari seperti biasa nya.

ANTI KUMAN

Manfaat tanaman genjer selanjut nya adalah di gunakan sebagai anti kuman.

Ketika kita mengkonsumsi tanaman genjer ini, maka secara tidak langsung kita membersih kan diri dari kuman-kuman yang menyerang di dalam tubuh.

Dengan hilang nya kuman di dalam tubuh, maka tubuh kita akan menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit.

SEHAT UNTUK IBU DAN JANIN

Bagi ibu hamil mengkonsumsi tanaman genjer juga merupakan pilihan yang tepat, karena sangat baik untuk kesehatan ibu dan janin.

Di dalam setiap 100 gram tanaman genjer setidak nya terdapat 62 mg kalsium yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang, gigi dan janin di dalam perut.

Jumlah kalsium di dalam tanaman genjer juga merupakan salah satu yang tertinggi, jika dibandingkan dengan kalsium yang ada di dalam sayuran lain nya.

MENGANDUNG GIZI YANG TINGGI

Meskipun sering di anggap sebagai makanan kampung, namun jangan tanyakan masalah kandungan gizi di dalam tanaman genjer ini.

Kandungan gizi di dalam tanaman genjer ini relatif lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan gizi dalam sayuran lain nya.

Jadi sangat beruntung kita yang suka makan tanaman genjer ini yang dijadikan sayur untuk lauk.

MENYEHATKAN LAMBUNG

Kandungan serat dalam tanaman genjer yang cukup tinggi ini, membuat lambung kita menjadi lebih sehat, hal ini di karena kan ketika lambung di masuki oleh serat, serat akan berubah menjadi gel yang akan membuat proses pencernaan makanan menjadi lebih lancar dan penyerapan nutrisi lebih efektif. Serat juga dapat membuat rasa kenyang lebih lama sehingga kita tidak mudah lapar.

Adapun manfaat lain nya dari tanaman genjer adalah sebagai berikut :
  • 1. Tidak mudah lapar
  • 2. Menyehatkan usus
  • 3. Sumber karbohidrat
  • 4. Baik untuk menu diet
  • 5. Mengatasi keracunan
  • 6. Mencegah nyeri sendi
  • 7 Membentuk masa otot
  • 8. Mengatasi sakit kepala
  • 9. Mengembalikan tenaga
  • 10. Mencegah ostoeporosis
  • 11. Menstabilkan gula darah
  • 12. Menambah sel darah merah
  • 13. Membantu peluruhan lemak
  • 14. Menjaga metabolisme tubuh
  • 15. Mengatasi mual dan muntah
  • 16. Mengikat lemak dalam tubuh
  • 17. Membentuk otot dalam tubuh
  • 18. Menambah stamina dan tenags
  • 19. Lebih mudah dicerna oleh tubuh
  • 20. Sebagai detoksifikasi tubuh alami
  • 21. Mempercepat penyembuhan luka
  • 22. Membantu proses pertumbuhan anak
  • 23. Mengatasi morning sickness pada ibu hamil.
  • Meremajakan sel-sel tubuh. Kandungan protein dalam tanaman genjer berperan dalammembantu memproduksi sel-sel baru untuk menggantikan sel-sel yang sudah tidak berfungsi lagi di dalam tubuh.
  • Cadangan energy dalam tubuh. Fungsi karbohidrat dan lemak dalam kehidupan kita untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Karbohidrat dan lemak merupakan asupan yang dibutuhkan tubuh untuk mendapatkan energi selain protein.
  • Memperkuat tulang. Jika pada anak-anak kalsium berfungsi untuk pembentukan tulang, akan tetapi kalsium untuk orang dewasa berfungsi untuk memperkuat tulang dan mengurangi resiko terkena osteoporosis, serta menghilangkan rasa ngilu pada persendian.
  • Mencegah kanker colon dan mencegah sembelit. Kanker colon terjadi akibat polamakan yang tidak benar. Genjer mengandung serat yang cukup tinggi sehingga berfungsi dalam melancarkan pencernaan (mencegah sembelit).
  • Mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker. Kandungan polifenol dalam genjer dapat berperan sebagai antioksidan sehingga dapat mencegah penyakit jantung dan kanker. Sedangkan kandungan mineral pada genjer sangat penting untuk berfungsinya tubuh kita. Sebagian besar mineral berguna bagi metabolisme tubuh, keseimbangan kadar air, dan kesehatan tulang. Mineral juga berperan kedalam ratusan fungsi kecil lainnya untuk mendukung kesehatan tubuh.

Cara Budidaya Tanaman Genjer, Dari Persiapan Lahan, Pembibitan, Perawatan Hingga Panen

Persiapan Lahan
Genjer membutuhkan lahan basah seperti sawah dan tidak cocok untuk ditanam dilahan kering seperti ladang atau sawah yang sudah kering. Lahan yang baik adalah sehabis panen padi dimana jeraminya bisa dimanfaatkan sebagai pupuk alami. Anda tak perlu membuat bedengan atau membajak sawah anda. Cukup lakukan penyiangan rumput dan gulma dengan memanfaatkan herbisida agar lebih cepat dan optimal. Tentu akan lebih baik lagi jika anda mau menambahkan pupuk organik seperti kotoran hewan atau kompos dengan menaburkannya merata ke areal persawahan anda. Semprotkan juga EM4 agar kompos cepat terurai dengan sempurna.

Pembibitan Tanaman Genjer
Bibit genjer bisa diperoleh dari anakan genjer yang tumbuh liar di alam dengan jalan mencabuti anakan genjer beserta akarnya. Genjer sendiri sebenarnya bisa dibudidayakan melalui bijinya namun cara yang pertama jauh lebih cepat untuk diterapkan mengingat genjernya sudah tumbuh.

Cara Penanaman Bibit Genjer
Bibit genjer bisa langsung anda tanam dilahan pada pagi atau sore hari. Anakan genjer ditanamkan di lahan dengan jarak sekitar 20-30 cm. Biarkan anakan genjer beradaptasi dengan lingkungan baru hingga anda melihat bertambahnya ukuran daun anakan yang menandakan akar genjer sudah menyebar.

Pengairan Tanaman Genjer
Pengairan yang dimaksud disini adalah mengatur kebasahan lahan sawah anda. Genjer tetap bisa tumbuh asalkan lumpur sawh masih lunak dan tidak kering keras. Biasanya pada musim kemarau air akan surut dan lumpur mulai mengeras akibat suhu panas dan menguapnya air didalam lumpur. Pada kondisi ini anda perlu melakukan pengairan segera agar lumpur kembali lunak.

Sebaliknya, pada musim penghujan air sangat melimpah dan menggenangi sawah. Pada kasus seperti ini anda harus mengatur aliran irigasi agar air bisa tuntas dan tidak menenggelamkan tanaman genjer anda. Air yang membanjiri lahan sawah juga berpotensi menghanyutkan banyak unsur hara dalam lumpur akibat terbawa aliran air.

Cara Menanggulangi Hama Tanaman Genjer
Hama utama yang memakan genjer adalah keong sawah. Jika tidak ada tanaman padi atau rumput disekitarnya, maka otomatis mereka akan memakan daun genjer dan bertelur dibatang atau daun genjer yang sifatnya memang kedap air. Untuk itu hama keong sawah perlu dibasmi.

Cara mengatasinya anda bisa dengan memunguti langsung keong sawah dan telurnya lalu memanfaatkannya untuk pakan ikan atau bebek. Cara kedua adalah dengan menggunakan moluskisida tabur disela-sela lahan tanam maka keong sawah akan mati dengan sendirinya.

Hama yang selanjutnya adalah ulat. Ini sering menyerang apabila anda jarang menyiangi lahan tanam genjer anda sehingga dipenuhi gulma. Untuk mengatasinya cukup dengan penyiangan dan menggunakan insektisida alami seperti daun sirsak dan mimba.

Cara Pemupukan Susulan Tanaman Genjer
Meski secara alami genjer bisa tumbuh dengan baik tanpa pemupukan, namun dalam budidaya kita tentu mengharapkan hasil yang lebih optimal. Untuk itulah anda bisa melakukan pemupukan susulan pada tanaman genjer anda. Pupuk yang digunakan bisa npk tabur atau organik tabur lalu ZPT Auksin untuk memacu pertumbuhan genjer setelah dipanen.

Waktu dan Cara Panen Genjer
Panen genjer sebaiknya tidak terlalu tua karena rasanya lebih enak ketika masih muda dan segar. Jadi segera petik daun beserta batang tangkainya yang masih usia tanggung ditandai dengan warna masih hijau cerah (muda) dan bukan hijau gelap tua. Dengan adanya zpt auksin anda bisa melakukan panen genjer sekitar 3-5 hari sekali.

Diolah dari berbagai sumber

Title :Kupas Tuntas Tanaman Genjer, Manfaat dan Kandungan Nutrisinya
Link :Kupas Tuntas Tanaman Genjer, Manfaat dan Kandungan Nutrisinya

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Kupas Tuntas Tanaman Genjer, Manfaat dan Kandungan Nutrisinya :