Cara Membuat Warna Gigi Semakin Putih Dengan Bahan Alami

Baca Juga:



Macam-macam Jenis Makanan Yang Bisa Membuat Gigi Semakin Putih dan Tips Memutihkan Gigi Secara Alami

Orang normal tentunya sangat menginginkan agar warna giginya tetap putih dan bersih berpapun umur dan apapun yang dimakan dan diminumnya. Sebenarnya apa itu gigi? Gigi adalah salah satu struktur berkalsifikasi dan keras yang terdapat di dalam mulut manusia dan hewan vertebrata. Akar gigi tertutup oleh gusi. Gigi memiliki struktur pelindung yang disebut email gigi, fungsinya untuk membantu mencegah terbentuknya lubang pada gigi.
Banyak pasta gigi yang didalamnya telah ditambahkan pemutih gigi dan menjanjikan gigi anda menjadi lebih putih dan cemerlang seperti giginya para bintang iklan. Tetapi jika anda telah menggunakan pasta tersebut ternyata gigi tidak cenderung dan tidak kunjung menjadi lebih putih maka saatnya anda perlu melakukan tips ekstra untuk membuat warna gigi menjadi lebih putih.

Seiring bertambahnya usia, lapisan enamel gigi yang putih makin tipis, sehingga lapisan dentin yang berwarna kuning makin terlihat. Kandungan kromogen atau zat warna dalam makanan dan minuman adalah salah satu penyebab utama gigi kuning. Zat warna ini dapat menyebabkan noda pada lapisan enamel gigi. Memakai sedotan saat mengonsumsi jus, minuman berkarbonasi, dan teh bisa mengurangi noda gigi. Dengan begini minuman bisa langsung tertelan dan minim kontak dengan gigi.

Ternyata berbagai jenis makanan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran ada sebagian yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk memutihkan gigi bahkan dengan cara yang menyenangkan hanya dengan cukup menyantapnya secara rutin dengan teknik tertentu. Berikut ini daftar buah-buahan, sayuran dan makanan lain yang bisa digunakan untuk memutihkan Gigi dan cara memanfaatkannya:

Buah Merah Stroberi : 
  • Stoberi mengandung asam malat yang akan bertindak sebagai zat pengikis dan penghilang noda pada permukaan gigi. Cara penggunaannya ; Ambil stroberi dan campur dengan setengah sdt baking soda, kedua bahan itulah yang akan bertindak sebagai pemutih gigi. Oleskan pada permukaan gigi selama 5 menit untuk menjadikan gigi putih yang memuaskan. Tapi cara ini, tidak boleh dilakukan dengan waktu yang lama karena asam stroberi bisa menghancurkan enamel gigi dari waktu kewaktu.
Buah Apel Segar : 
  • Buah apel ini mempunyai dua kualitas sebagai pemutih gigi ; 1. Mengunyah buah apel yang renyah dan keras dapat melunturkan plak gigi yang dapat mengubah warna gigi, Mengunyah bisa merangsang produksi air liur yang dapat melawan bakteri dalam mulut juga sehingga dapat merubah warna gigi. 2. Apel mengadung asam malat yang bertindak sebagai pengendur dan penghilang noda pada permukaan gigi.
Wortel : 
  • Wortel seperti halnya apel ialah makanan yang dapat melunturkan plak gigi yang keras selama proses dalam mengunyah.
Buah Jeruk Lemon :
  • Buatlah jus lemon tambah garam atau soda kue untuk membuat pasta, kemudian gosokkan pada gigi selama beberapa menit. Setelah menggunakan jus lemon selalu bilas dan sikat gigi dengan baik, karena asam sitrat yang dikandung jus lemon bisa menyebabkan korosi dari enamel gigi.

Berbagai Macam Jenis Bahan Alami Pemutih Gigi

Memutihkan Gigi dengan Memakai Siwak


Merawat gigi juga dapat dilakukan dengan menggunakan Siwak atau miswak adalah dahan atau akar pohon yang dapat digunakan untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut. Cara ini sudah dilakukan kaum muslim sejak jaman dahulu untuk menjaga kebersihan dan kekuatan gigi. Semua dahan atau akar pohon bisa digunakan untuk bersiwak jika memenuhi syarat yaitu lembut dan harus terjaga kebersihannya.

Memutihkan Gigi dengan Memakai Arang Kayu dan Cara Menggunakannya


Arang adalah residu hitam berisi karbon tidak murni yang dihasilkan dengan menghilangkan kandungan air dan komponen volatil dari hewan atau tumbuhan. Arang yang hitam, ringan, mudah hancur, dan meyerupai batu bara ini terdiri dari 85% sampai 98% karbon, sisanya adalah abu atau benda kimia lainnya.
Tips memutihkan gigi selanjutnya adalah dengan menggunakan arang kayu. Aneh memang, memutihkan gigi dengan benda yang jelas-jelas berwarna hitam. Cara ini memang termasuk cara yang tradisional namun ampuh menghilangkan warna kuning. Tapi Anda juga harus berhati-hati dalam memakai arang kayu, penggunaan secara berlebih dapat merusak email gigi dan menyebabkan rasa sakit pada gigi. Jadi lakukan sewajarnya saja.

Cara Memutihkan Gigi dengan Kulit Jeruk 



Siapa yang menyangka, kulit jeruk yang biasa kita buang begitu saja ternyata juga bermanfaat. Kulit jeruk dapat kita gunakan untuk merawat gigi. Gunakan bagian dalam kulit jeruk yang berwarna putih untuk menggosok gigi kuning anda. Lakukan secara teratur setiap hari dan gigi akan menjadi putih secara alami dan cepat. Hati-hati bagi anda yang memiliki gigi sensitif, kandungan vitamin C yang terkandung di dalamnya tidak cocok untuk jenis gigi anda.

Cara Memutihkan Gigi dengan Pasta Gigi Alami 



Untuk membuat pasta gigi tradisional terlebih dahulu kita sediakan daun salam serta kulit jeruk kemudian jemur keduanya sampai kering. Tumbuk hingga halus lalu tambahkan air dan aduk sampai berbentuk pasta. Gunakan pasta gigi alami yang sudah anda buat untuk menggosok gigi, ramuan ini ampuh membuat gigi terlihat lebih putih.

Cara Memutihkan gigi dengan baking soda 
Baking soda adalah nama lain untuk natrium bikarbonat yang juga dikenal sebagai soda bikarbonat. Bubuk putih ini adalah campuran natrium dan hidrogen karbonat, dan paling sering digunakan untuk membuat kue atau roti soda.


Tips selanjutnya yaitu menggunakan baking soda. Baking soda mampu menghilangkan noda-noda yang ada pada gigi, namun jika terlalu sering digunakan baking soda justru akan merusak lapisan alami gigi oleh karena itu gunakanlah baking soda untuk memutihkan gigi maksimal 1 atau 2 kali dalam sebulan. Memutihkan gigi dengan cara yang satu ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengoleskan baking soda ke seluruh permukaan gigi dan diamkan selama sekitar 10 menit. Setelah itu sikatlah gigi anda dengan pasta gigi sampai bersih.

Berhenti merokok



Perlu anda ketahui bahwa yang namanya rokok mengandung tar dan campuran tembakau yang menjadikan gigi Anda berwarna kuning. Jika Anda benar-benar ingin memutihkan gigi maka sebaiknya Anda berhenti merokok mulai dari sekarang. Selain dapat memutihan gigi, merokok juga dapat membuat hidup anda lebih sehat.
Mengurangi konsumsi makanan dan minuman penyebab gigi kuning
Mungkin sulit untuk menghilangkan kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman di atas, secara sekaligus. Anda bisa mencoba dengan mengurangi konsumsinya. Misalnya saja selama ini Anda terbiasa mengonsumsi minuman berkarbornasi, maka menguranginya menjadi seminggu sekali, bukan hal yang terlalu sulit, bukan? Demikian juga dengan merokok. Ingat, mengurangi kebiasaan merokok bukan hanya akan baik untuk kesehatan mulut dan gigi, tapi juga untuk jantung dan paru-paru Anda.
Menggunakan biji buah pinang



Biji buah pinang bermanfaat untuk merawat gigi kita. Biji buah pinang diyakini oleh masayarakat dulu dapat membantu untuk memutihkan gigi. Caranya yaitu dengan membakar biji buah pinang hingga hangus lalu dihaluskan hingga lembut. Lalu gosokan biji buah pinang yang telah halus tersebut ke gigi kita dengan menggunakan sabut pinang atau kain katun. Lakukan 2 minggu sekali. Dan tunggu hasilnya.

Cara Memutihkan gigi dengan mengonsumsi produk susu



Tahukah anda, beberapa produk susu yang terjual di pasaran seperti keju atau jenis makanan lain (yogurt) yang mengandung kalsium yang tinggi akan sangat baik dikonsumsi untuk membantu memutihkan dan menguatkan gigi kita.

Title :Cara Membuat Warna Gigi Semakin Putih Dengan Bahan Alami
Link :Cara Membuat Warna Gigi Semakin Putih Dengan Bahan Alami

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Cara Membuat Warna Gigi Semakin Putih Dengan Bahan Alami :