Banyak Manfaat Tersembunyi Dalam Segelas Jus Tomat

Baca Juga:


Jus Tomat

Jus Tomat dan Masalah Perut Gendut

Azmina Govinji, seorang ahli nutrisi, menjelaskan bahwa tomat bisa memegang kunci untuk mengontrol berat badan dan mencegah penambahan berat badan. Sayangnya dalam penelitian ini tak ada kelompok kontrol yang bisa digunakan untuk membandingkan partisipan yang minum jus tomat dengan yang tidak.
Masalah perut buncit yang dipicu oleh menumpuknya lemak dibagian perut bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Lemak yang menumpuk di perut adalah salah satu musuh bagi banyak orang. Beberapa orang memiliki kecenderungan memiliki perut yang buncit ketika mereka mulai menambah berat badan. Perut buncit tak hanya buruk untuk penampilan, namun juga berbahaya. Sebelumnya banyak penelitian yang mengungkap bahwa lemak yang berkumpul di perut lebih berbahaya dibanding lemak yang berkumpul di bagian lain tubuh.
Lemak pada perut buncit juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, stroke, dan serangan jantung. Hal ini karena lemak pada perut buncit dapat memicu perubahan hormon yang mengontrol penyempitan pembuluh darah atau yang disebut dengan angiotensin. Perut buncit disebabkan penumpukan lemak pada bagian perut. Lemak di bagian perut ini terdiri dari dua macam, yaitu lemak subkutan dan lemak viseral. Lemak subkutan adalah lemak yang berada di bawah kulit. Lemak ini dapat dicubit dan terlihat.
Buah yang bernama tomat ini sudah banyak diketahui manfaatnya bagi kesehatan selain sebagai sumber antioksidan, sumber vitamin dan lainnya, buah tomat ini juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan prostat untuk kaum laki-laki. Dan ternyata ada satu lagi manfaat tomat jika dikonsumsi sebagai minuman atau dibuat jus yaitu bisa untuk merampingkan perut. Jadi jika Anda termasuk yang memiliki banyak lemak di daerah perut, jangan khawatir. Anda bisa segera menghilangkannya dengan minum segelas jus tomat setiap hari. Sebuah penelitian menemukan bahwa minum segelas jus tomat setiap hari bisa menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak pada bagian perut.

Seperti halnya obesitas pada tubuh, perut buncit timbul oleh karena asupan makanan yang melebihi energi yang diperlukan untuk aktivitas fisik. Apabila Anda makan terlalu banyak, khususnya makanan yang tinggi gula dan kolesterol dan kurang berolahraga, Anda akan mengalami penumpukan lemak pada tubuh, termasuk lemak di perut.

Riwayat obesitas pada keluarga, kurang tidur, kebiasaan mengonsumsi alkohol, dan stres yang tinggi juga berpengaruh terhadap timbulnya perut buncit. Usia tua dan ketidakseimbangan hormon pada wanita menopause juga mempermudah timbulnya perut buncit.
Bagaimanakah perut buncit yang berbahaya?

Ukurlah lingkar pinggang Anda untuk mengetahui apakah Anda memiliki obesitas. Anda dapat menggunakan meteran yang dilingkarkan di perut Anda. Posisi meteran adalah sejajar ujung tulang panggul dan pusar. Seorang laki-laki dinyatakan menderita obesitas apabila lingkar pinggang melebihi 102 cm. Sedangkan pada perempuan, di atas 89 cm. Untuk memantau status gizi, Anda juga bisa menghitung indeks massa tubuh. Semakin tinggi angka indeks massa tubuh, berarti semakin banyak jumlah lemak di dalam tubuh.

Hasil Penelitian Tentang Manfaat Jus Tomat
Penelitian yang dilakukan di China Medical University, taiwan, ini menjelaskan bahwa wanita yang minum segelas jus tomat setiap hari selama delapan minggu mengalami pengecilan lingkar pinggang. Tingkat kolesterol mereka pun menurun hingga 10 persen, seperti dilansir oleh Daily Health Post.

Hasil ini didapatkan peneliti setelah mengamati sekitar 25 wanita sehat berusia rata-rata 20 sampai 30 tahun. Mereka diminta minum segelas jus tomat setiap hari dan peneliti mengamati penurunan lingkar pinggang. Ukuran lingkar pinggang wanita tersebut diketahui menurun hingga satu inci, kebanyakan wanita juga mengalami pengurangan lemak setelah dua bulan.
Meskipun mengecilkan perut buncit bukan perkara mudah, Anda tetap perlu berusaha untuk mengatasi perut buncit. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan.
Tips Untuk Menjaga Perut Agar Tidak Buncit Selain Mengonsumsi Jus Tomat
  • Perhatikan makanan yang dikonsumsi dan asupan kalorinya
    Untuk mengurangi lemak pada perut, Anda perlu mengurangi asupan kalori dalam tub Konsumsi kalori setidaknya dikurangi 500-1000 kalori per hari dari total kebutuhan. Kurangi karbohidrat dan mulai mengonsumsi banyak sayuran, buah, produk susu rendah lemak, produk biji-bijian utuh, dan protein tanpa lemak.
  • Perbanyak aktivitas fisik
    ­Kurangnya aktivitas dapat membuat Anda kesulitan mengecilkan perut buncit. Mulai biasakan melakukan olahraga, dengan kombinasi latihan angkat beban dan Jika sudah tidak terbiasa melakukan olahraga berat, mulailah dengan rutin berjalan kaki atau yoga.
  • Kurangi konsumsi minuman beralkohol
    Selain tidak baik untuk kesehatan, minuman beralkohol juga dapat menyebabkan perut Anda menjadi buncit.
  • Hindari stres
    Stres juga dapat memicu perut buncit. Apabila Anda memiliki masalah, cobalah bermeditasi, lakukan relaksasi, dan berbincanglah dengan orang terdekat Anda.
  • Tidur yang cukup
    Kurang tidur dapat menyebabkan nafsu makan meningkat sehingga memengaruhi pola makan. Banyak penelitian juga menemukan bahwa kurang tidur berpengaruh pada peningkatan berat badan. Rekomendasi tidur sehari-hari untuk orang dewasa yaitu 7-8 jam per

Manfaat Jus Tomat Selain Untuk Mengecilkan Perut dan Lingkar Pinggang
Sebagai tambahan bahwa jus tomat tidak hanya bermanfaat untuk masalah perut buncit atau perut besar tetapi juga memiliki manfaat lain yaitu:
  • Minum jus tomat bisa menurunkan risiko kanker, 
  • Mencegah timbulnya penyakit jantung, 
  • Jus Tomat bisa untuk mengurangi depresi. 
Lebih lengkapnya manfaat lain jus tomat silahkan simak dibawah ini:

Jus Tomat Bisa Mencegah sembelit. Jus tomat yang dicampur dengan jus bayam bukan cuma menyehatkan hati, tetapi juga ampuh mencegah sembelit atau buang air besar.

Memberikan energi. Kandungan kalium dalam jus tomat bisa mengatasi rasa letih dan lesu. Setelah berolahraga, minum jus tomat pun sangat dianjurkan jika ingin mendapatkan energi secara instan.


Melancarkan pencernaan. Sebelum makan, ada baiknya jika jus tomat dikonsumsi sebagai makanan pembuka. Fungsinya adalah untuk melancarkan pencernaan.


Menghancurkan radikal bebas. Vitamin A dan C dalam tomat punya tugas untuk menghancurkan radikal bebas pada tubuh. Jadi minum jus tomat secara rutin bisa digunakan sebagai pencegah berbagai penyakit secara alami.


Minuman yang Kaya antioksidan. Tomat mengandung lycopene, salah satu jenis antioksidan yang punya khasiat melindungi kulit dari sinar UV matahari, sel tubuh, dan organ penting. 

Mampu Melawan kanker. Lycopene juga memiliki kemampuan untuk melindungi DNA dalam sel darah putih, sehingga sistem imun menjadi lebih kuat untuk melawan kanker.

Mencegah penyakit jantung yang kambuh. Penelitian menyebutkan kalau lycopene dalam jus tomat mampu mencegah penyakit jantung datang kembali, sehingga pasien penyakit tersebut dianjurkan minum jus tomat secara teratur.


Menyembuhkan penyakit paru-paru.
Jus tomat segar adalah penyembuh alami dari dalam, termasuk meredakan penyakit paru-paru, bronkitis, dan TBC.

Baik bagi penderita diabetes. Menurut sebuah penelitian, jus tomat ampuh dalam menghambat penggumpalan pembuluh darah. Sehingga minuman ini sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita diabetes.


Sumber nutrisi bayi. Vitamin C dan kalium yang terkandung dalam jus tomat sangat baik bagi ibu hamil sebab mereka sama saja dengan menyalurkan nutrisi penting bayi bayi dalam kandungan.

Title :Banyak Manfaat Tersembunyi Dalam Segelas Jus Tomat
Link :Banyak Manfaat Tersembunyi Dalam Segelas Jus Tomat

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Banyak Manfaat Tersembunyi Dalam Segelas Jus Tomat :