Cara Mengobati Sapi Mencret dan Pencegahannya

Baca Juga:


Cara Mencegah Sapi Mencret/Diare dan Pengobatannya
Penyakit diare atau mencret memang sering menyerang ternak, baik itu ternak ruminansia besar, ruminansia kecil maupun jenis ternak unggas. Penyakit mencret terlihat sederhana tetapi jika tidak segera diatasi bisa berakibat fatal bahkan bisa menyebabkan kematian karena ternak mengalami dehidrasi dan malnutrisi.

Penyebab Sapi Mencret. Perlu diketahui bahwa ternak sapi yang diare atau mencret bukan sebuah penyakit namun hanya merupakan gejala dari penyakit yang menyerang saluran pencernaan sapi.

Faktor-faktor penyebab Diare/mencret pada sapi :
  • Pergantian pakan atau pola pakan yang mendadak
  • Faktor cuaca, transportasi, kuantitas & kualitas pakan, dll
  • Infeksi mikroorganisme (bakteri, virus, jamur, protozoa)
  • Asidosis rumen
Dari ketiga faktor penyebab kejadian diare/ mencret pada sapi, faktor pergantian pakan atau pola pakan adalah penyebab paling umum sapi mengalami mencret/diare.

Sapi adalah hewan ruminansia yang mempunyai lambung lebih dari satu (rumen, retikulum, omasum, abomasum) dan pada proses pencernaanya sangat dibantu oleh peranan ‘bakteri baik’ yang ada pada lambung tersebut. Sehingga jika terjadi masalah dengan bakteri pencernaan maka fungsi perncernaan tidak akan berjalan dengan baik. Akibatnya munculah gejala-gejala seperti diare/ mencret, kebung/ bloat, rumen sarat dll. Oleh karena itu, jika akan mengganti jenis pakan maka jangan langsung diberikan langsung dalam jumlah banyak. Ternak dibiasakan dulu dengan pakan yang baru sedikit demi sedikit, sampai akhirnya bisa kita ganti dengan pakan jenis lain agar ‘bakteri baik’ dalam lambung sapi tersebut tidak mati dan dapat menjalan fungsinya dengan baik.


Cara Mengobati Penyakit Sapi Diare Secara Alami

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memperbaiki pola pakan sapi. Jika kita mengetahui jenis pakan yang diberikan ditempat asala atau pakan yang diberikan sebelumnya maka dapat kita lakukan pemberian pakan tersebut. Namun jika kita tidak mengetahui jenis pakan yang diberikan sebelumnya maka kita dapat memberikan pakan yang kaya serat, salah satu contoh terbaik adalah daun jambu biji. Selain mengandung serat, daun jambu biji juga ampuh mengatasi diare. Dan pada banyak kasus sapi diare, jika sapi diare/ mencret umumnya sapi tersebut akan malas amakan, namun jika disuguhkan daun jambu biji maka sapi  langsung dengan lahap menyantap daun jambu biji tersebut, kemungkinan secara insting dia tahu bahwa daun tersebut adalah obat untuk mengatasi daire/ mencret.

Selain pemberian daun jambu biji untuk sapi mencret/ diare, para peternak sekalian juga dapat memberikan maka arang pada ternak. Caranya, ambil arang kayu atau arang rumput, ukurannya satu genggam tangan orang dewasa kemudian masukan ke dalam mulut sapi lewat samping mulut agar tidak tergigit. Untuk arang kayu, pilih arang yang mudah hancur. Biasanya setelah pemberian arang, sapi yang awalnya malas makan langsung mulai semangat untuk makan. Pemberian arang dan daun jambu biji ini minimal diberikan selama 3 – 5 hari, meskipun pada hari pertama pemberian sudah membaik namun harus tetap diberikan agar proses penyembuhannya bisa maksimal.

Title :Cara Mengobati Sapi Mencret dan Pencegahannya
Link :Cara Mengobati Sapi Mencret dan Pencegahannya

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Cara Mengobati Sapi Mencret dan Pencegahannya :