Lemofit, Penyedap Rasa Agar Ternak Doyan Makan

Baca Juga:


Cara Mengatasi Ternak Sapi, Kambing dan Domba Yang Tidak Mau Makan Menggunakan Produk Lemo-Fit
Lemo-Fit adalah produk pakan imbuhan yang diformulasi khusus untuk ternak ruminansia baik ternak kecil (domba, kambing dll.) maupun ternak besar. (Sapi, kerbau dll). Khasiat nutrisi produk imbuhan pakan ini selain sebagai peningkat nafsu makan ternak, juga akan meningkatkan produktivitas sehingga efisiensi ekonomis dapat dicapai oleh peternak. Beberapa hasil uji lapangan ke peternakan rakyat juga memperlihatkan adanya pengaruh positif dari Lemo-Fit terhadap kesehatan ternak.
Sama seperti manusia, ternak seperti sapi dan kambing terkadang sulit makan karena nafsu makan berkurang. Terkadang untuk mengatasi hal tersebut, manusia menambahkan penyedap rasa untuk menambah cita rasa makanan.

Dari realitas seperti itu, UPT Balai Pengembagan Proses dan Teknologi Kimia (BPPTK), LIPI Yogya menciptakan penyedap rasa untuk hewan ternak yang diberi nama Lemofit.

"Lemofit merupakan peningkat cita rasa pakan ternak yang mengalami penurunan nafsu makan karena sakit atau dalam masa disapih induknya," kata pemimpin inovator Hadi Julendra dikutip dari materi 106 Inovasi Indonesia 2014 Kemenristek Dikti, Senin (20/4).
Lemo-Fit adalah suplemen ternak yang merupakan formulasi khusus dari bahan alami yang berguna untuk merangsang napsu makan ternak. Lemo-Fit berisi vitamin, mineral dan AA Esential yang merangsang pertumbuhan ternak anda.
Dari uji coba yang dilakukan para inovator, terbukti Lemofit mendorong meningkatnya berat badan hewan ternak tanpa efek negatif. "Lemofit dapat diberikan terus menerus karena Lemofit terbuat dari bahan alami yaitu dedak dengan mineral organik dari limbah kitin kitosan yang difermentasi dari jamur," sambung dia.

Para inovator ini juga memaparkan keunggulan lain dari Lemofit, seperti beraroma khas dan aman, dapat dikonsumsi oleh berbagai jenis ternak, dan teruji dapat digunakan pada kondisi apapun.

"Cukup ditaburkan dalam pakan atau dicampur dalam air minum," jelas dia lagi.

Kini kesiapan inovasi sudah masuk ke dalam kategori sudah layak komersial dan ekonomis dan telah memiliki hak paten. Atas penemuannya ini, Hardi dan kawan-kawan terpilih menjadi satu dari 106 inovator terbaik yang dinobatkan Kemenristek Dikti.
Mereka dipilih melalui seleksi ketat dari para ahli dan dinyatakan unggul dalam bidang ketahanan pangan.

Title :Lemofit, Penyedap Rasa Agar Ternak Doyan Makan
Link :Lemofit, Penyedap Rasa Agar Ternak Doyan Makan

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Lemofit, Penyedap Rasa Agar Ternak Doyan Makan :