Cara Merawat Pedet Baru Lahir, Pastikan 3 Hal Ini Anda Lakukan!

Baca Juga:


Tips Merawat Pedet Baru Lahir Agar Sehat dan Tumbuh Baik

Pedet adalah salah satu yang ditunggu-tunggu peternak pembibit sapi setelah sembilan bulan lebih sedikit merawat induk bunting dengan penuh ketelatenan.

Pedet yang baru lahir ibaratnya adalah sebuah batu intan yang perlu diasah agar mengkilat, demikian juga perawatan pedet yang baru lahir wajib dilakukan dengan serius oleh peternak pembudidaya sapi agar pedet bisa sehat dan berkembang baik sesuai harapan.

Ada sedikitnya 3 hal yang wajib dilakukan oleh pemilik pedet untuk memastikan pedetnya bisa sehat dan tumbuh dengan baik tidak mudah terserang penyakit dan tentunya bisa memiliki pertumbuhan atau penambahan bobot/berat badan yang sesuai.

Berikut ini 3 hal penting terkait Perawatan pedet (anak sapi) yang baru lahir:
1. Membersihkan lendir pada hidung, mulut, dan lendir yang ada diseluruh tubuhnya karena cairan yang menutupi hidung akan mengganggu pernafasan anak sapi
2. Pedet dimasukan ke dalam kandang anak yang sudah diberi alas jerami padi atau kain kering yang tidak menimbulkan becek
3. Pemotongan tali pusar
Tali pusar yang masih menggantung kemudian dicelupkan pada larutan yodium tinctuur. Pencelupan tali pusar kedalam larutan yodium dilakukan setiap hari sampai tali pusar kering.

Pedet Super

Jangan sampai kita menyepelekan 3 hal tersebut karena jika lendir pada hidung tidak segera dibersihkan maka dikhawatirkan pedet akan mengalami gangguan pada pernafasan. Meletakkan pedet pada kandang yang lembab dan becek juga akan memperbesar resiko pedet terjangkit penyakit. Tali pusar yang dirawat dengan dicelup dalam desinfektan untuk mencegah infeksi yang bisa mengganggu pedet.

Title :Cara Merawat Pedet Baru Lahir, Pastikan 3 Hal Ini Anda Lakukan!
Link :Cara Merawat Pedet Baru Lahir, Pastikan 3 Hal Ini Anda Lakukan!

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Cara Merawat Pedet Baru Lahir, Pastikan 3 Hal Ini Anda Lakukan! :