Jenis-jenis Burung Bondol (Pipit), Mulai Pipit Bondol Jayawijaya, Kalimantan Hingga Bondol Jawa

Baca Juga:


Macam-macam jenis burung pipit (Bondol) yang hidup di Indonesia

Pernahkah anda melihat segerombolan burung kecil yang terbang pagi beramai-ramai menuju sawah? Burung apakah itu? Anda pasti sangat tahu jawabannya, burung pipit atau bondol.

Ternyata burung pipit ini diberi nama sesuai dengan daerah asalnya sehingga tidak heran ada nama bondol Jawa, Bondol Kalimantan, Jayawijaya, dll. Ada juga bondol yang diberinama sesuai kondisi khas pada warna bulunya seperti bondol haji, bondol warna tutul, bondol totol putih dll.

Ada juga bondol yang diberinama sesuai keadaan organ tubuh tertentu seperti pada paruhnya sehingga ada nama bondol paruh besar, bondol kepala pucat, bondol dada coklat dll.

Burung pipit atau bondol memang dikenal sebagai burung yang suka berkoloni. Dalam 1 pohon besar yang rimbun biasanya bisa tinggal hingga ratusan ekor burung pipit ini terutama burung pipit yang hobi pergi ke sawah yang padinya mulai menguning. Pipit termasuk jenis hewan herbivora (pemakan tumbuhan). Biji yang dimakan kelompok burung pipit ini termasuk biji padi, jagung, millet dan bijian kenari.
Pipit adalah nama umum bagi sekelompok burung kecil pemakan biji-bijian yang menyebar di wilayah tropis Dunia Lama dan Australasia. Burung-burung ini sekarang dimasukkan ke dalam suku Estrildidae, meski ada juga yang menganggap kelompok ini adalah anak-suku, bagian dari suku Passeridae yang lebih luas. Wikipedia
Sebagai burung yang termasuk dalam jenis pemakan biji-bijian, burung pipit memiliki paruh yang kecil yang berguna untuk mematuk biji-bijian dan juga untuk membuka kulit biji seperti kulit padi dan bijian lainnya. Burung pipit juga dibekali dengan kaki yang kecil dan gerakan yang lincah karena harus bertengger di batang-batang tanaman yang lemah seperti tanaman padi misalnya.

Burung pipit banyak tersebar di daerah tropis terutama di Indonesia. Masyarakat banyak yang berbondong-bondong melakukan pembasmian pada burung ini karena dianggap sebagai hama. Namun berbeda halnya apabila di wilayah Amerika, Eropa dan Australia. Terdapat beberapa jenis burung pipit yang memiliki keindahan bulu serta digemari untuk dijadikan piaran atau koleksi oleh masyarakat. Di ketiga daerah tersebut burung pipit atau biasa disebut dengan burung Finch sering disilangkan untuk mendapatkan anakan dengan warna unik dan juga menarik. Selain memiliki warna bulu yang cantik, menawan dan juga tamkak lebih cerah burung pipit banyak digemari karena mudah dalam perawatannya.

Beberapa jenis burung pipit yang diimpor dari luar negeri atau local yang memiliki warna bulu indah, yaitu Gould Amadian, burung pipit zebra timor atau zebra finch, Society finch atau di Indonesia sering disebut dengan emprit jepang, stroberry finch dan juga owl finch.

Jenis Burung Pipit Snow Mountain Munia  (Western Alpine Mannikin) Bondol Jayawijaya
Lonchura montana (Junge, 1939)
Hidup dalam kawanan kecil di daerah padang rumput berlumut di dataran tinggi Pegunungan Jayawijaya pada rentang ketinggian antara 2100 – 4100 mdpl., meski lebih mudah dijumpai pada ketinggian di atas 3000 mdpl. Bersarang pada rerumputan di tepi daerah perairan dan memakan biji gulma di daerah padang rumput. 

 
Dusky Munia,Bondol KalimantanLonchura fuscans (Cassin, 1852)
Bondol Kalimantan adalah sejenis burung kecil pemakan biji-bijian yang tergolong dalam suku Estrildidae. Sebelumnya, burung ini dimasukkan sebagai anggota suku Ploceidae. Burung ini diketahui hidup terbatas di Kalimantan.

Pale-headed Munia Bondol Kepala Pucat
Lonchura pallida (Wallace, 1864)
Munia berkepala pucat adalah spesies finch estrildid yang ditemukan di Indonesia. Ini ditemukan di lanskap buatan, dataran rendah subtropis dan tropis, semak kering dan habitat padang rumput. Status spesies dievaluasi sebagai Least Concern.

Burung Pipit dengan Paruh Khas, Grand Munia  (Great-billed Mannikin) Bondol Paruh Besar
Lonchura grandis (Sharpe, 1882)

White-rumped Munia, Bondol Tungir Putih
Lonchura striata (Linnaeus, 1766)

Jenis Black-faced Munia. Bondol Taruk
Lonchura molucca (Linnaeus, 1766)
Munia berwajah hitam adalah spesies finch estrildid yang ditemukan di Indonesia. Nama umum lainnya termasuk munia triwarna atau munia kastanye. Ini terjadi di berbagai habitat termasuk lanskap buatan, hutan, padang rumput, dan sabana. 

Jenis Pipit Warna Unik Tutul Pada Kepala Hingga Sayap, White-spotted Munia (White-spotted Mannikin) Bondol Tutul
Lonchura leucosticta (D’Albertis & Salvadori, 1879


Grey-crowned Munia (White- crowned Mannikin) Bondol Topi Putih
Lonchura nevermanni (Stresemann, 1934)

Burung Pipit Perut Putih, White-bellied Munia Bondol Perut Putih
Lonchura leucogastra (Blyth, 1846)

 Grey-banded Munia (Arfak Mannikin) Bondol Arfak
Lonchura vana (Hartert, 1930)
Mannikin beruban abu-abu atau munia beralur abu-abu, adalah spesies finch estrildid yang diketahui ditemukan di Anggi Gigi, Pegunungan Tamrau dan Pegunungan Arfak di Semenanjung Vogelkop di barat laut Papua, Indonesia. Spesies ini hidup di tengah-tengah padang rumput basah dan rawa-rawa.

Jenis Pipit Coklat yang Indah, Bondol coklat (Lonchura atricapilla) Bondol Coklat
black-headed munia, chestnut munia, chestnut mannikin, black-headed nun atau black hooded nun.
Hooded Munia  (New Britain Mannikin) Bondol Buba
Lonchura spectabilis (P. L. Sclater, 1879)
Jenis Burung Pipit Coreng / Streak-headed Munia  (Streaked Mannikin) Bondol coreng
Lonchura tristissima (Wallace, 1865)

Chestnut-breasted Munia (Chestnut-breasted Mannikin) Bondol Dada Coklat
Lonchura castaneothorax (Gould, 1837)
Black-breasted Munia (Grand Valley Mannikin)
Lonchura teerinki (Rand, 1940)
Jenis Burung Bondol haji (Lonchura maja), pipit haji
Jenis Pipit Hitam/Black Munia  (Black Mannikin) Bondol Hitam
Lonchura stygia (Stresemann, 1934)
Jenis Pipit White-capped Munia  (Chestnut Munia) Bondol Oto
Lonchura ferruginosa (Sparrman, 1789)
Jenis Pipit Peking/Burung bondol peking (Lonchura punctulata)
Jenis burung pipit Jawa, Lonchura leucogastroides (Javan Munia) Bondol jawa
Bondol jawa adalah sejenis burung kecil pemakan padi dan biji-bijian. Burung ini juga disebut dengan nama lain seperti pipit bondol, piit bondol, emprit bondol dan lain-lain, mengikuti suara yang dihasilkannya. Nama ilmiahnya adalah Lonchura leucogastroides. Dalam bahasa Inggris burung ini disebut sebagai Javan Munia.

Burung pipit memiliki habitat yang paling dominan di sawah, perkebunan, dan hutan rimba. Banyak orang menyebut burung pipit ini dengan nama Emprit yang biasanya sering disebutkan oleh orang jawa.

Burung pipit memiliki paruh pendek dengan tubuh yang kecil. Menyukai serangga kecil, biji-bijian, dan buah-buahan. Maka dari itu, anda dapat menemukan dengan mudah burung ini di daerah persawahan dan perkebunan. Sebagian orang menganggap burung pipit merupakan hama bagi tanaman mereka terutama tanaman padi dan buah. Hal ini dikarenakan burung pipit sering memakan padi yang akan dipanen dan merusak buah hingga buah mengalami pembusukan.
Para ilmuwan dari Liverpool John Moores University dan The Royal Veterinary College, Inggris, meneliti populasi burung pipit di Australia. Dari hasil pengujian ditemukan, burung pipit dengan kepala berwarna merah memiliki watak agresif. Sementara itu, pipit berkepala hitam bersifat lebih berani dan mengambil lebih banyak risiko. Temuan ini dipublikasikan dalam jurnal Animal Behaviour. "Warna bulu burung pipit mengisyaratkan taktik dan perilaku mereka," kata pemimpin penelitian, Lea Williams. Ia mengatakan penelitian juga menunjukkan burung pipit berkepala hitam bertindak sebagai "pemimpin" dalam kelompok. Williams mengatakan semua burung pipit berwarna cokelat zaitun sewaktu ditetaskan. Beberapa bulan kemudian, mereka memiliki warna berbeda-beda.
Habitat Burung Pipit dan Jenis-jenisnya tersebar dibelahan dunia terutama di Negara yang beriklim tropis karena burung jenis ini tidak dapat bertahan pada iklim yang dingin. Akan tetapi, ada juga beberapa jenis burung pipit yang tahan akan cuaca dingin. Sebagian burung pipit tidak sama seperti burung hias yang memiliki suara dan warna bulu yang bagus, juga jarang ada yang mengkonsumsi karena dagingnya yang tidak seberapa. Namun, karena notabenenya burung ini menyukai biji-bijian maka tidak heran apabila mereka dikatakan sebagai hama.

Title :Jenis-jenis Burung Bondol (Pipit), Mulai Pipit Bondol Jayawijaya, Kalimantan Hingga Bondol Jawa
Link :Jenis-jenis Burung Bondol (Pipit), Mulai Pipit Bondol Jayawijaya, Kalimantan Hingga Bondol Jawa

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Jenis-jenis Burung Bondol (Pipit), Mulai Pipit Bondol Jayawijaya, Kalimantan Hingga Bondol Jawa :