Ciri-ciri Dan Perbedaan Karakter Iguana Jantan Dan Betina

Baca Juga:



Cara Membedakan Iguana Jantan Dan Betina

Karakteristik Fisik Iguana Jantan:

Saat dewasa, iguana jantan menunjukkan beberapa tambahan karakteristik seksual. Salah satu hal yang paling mudah diidentifikasi adalah otot rahang yang besar pada kedua sisi rahang bawah, di bawah telinga. Otot ini memproduksi rahang yang terlihat membengkak & besar. Iguana jantan memiliki kepala yang besar dan rahangnya membuat kepalanya tampak lebih besar lagi.
Iguana jantan juga memiliki semacam penyimpan lemak pada keningnya, dibalik mata & diatas telinga. Hal ini juga membuat ukuran kepala menjadi lebih besar.
Iguana jantan juga cenderung memiliki duri duri yang lebih panjang di sepanjang punggungnya, terutama di daerah sepanjang leher.
Indikasi lain yang menunjukkan iguana jantan adalah pori-pori besar yang terlihat di sepanjang bagian dalam paha. Pori-pori ini disebut pori-pori femoralis, selalu terlihat pada iguana jantan dan seringkali terisi dengan zat yang mirip lilin.
Dua karakteristik iguana jantan lainnya adalah tubuh yang besar, kokoh & lebih berat dari betina serta tonjolan di dekat pangkal ekor dimana terletak hemipenes.

Karakteristik Fisik Iguana Betina:

Cara termudah untuk mengidentifikasi iguana betina adalah dengan tidak terlihatnya karakteristik seksual sekunder iguana jantan. Kepala mereka lebih kecil dan lebih ramping, dan tidak memiliki simpanan lemak di belakang mata juga memiliki rahang yang lebih jelas. Sebagai tambahan, selain memiliki kepala yang lebih kecil, iguana betina juga memiliki pori femoral yang kecil yang tidak timbul tonjolan seperti pada iguana jantan. Iguana betina cenderung memiliki badan yang lebih panjang dan langsing dibandingkan dengan iguana jantan & tidak terlihat tonjolan hemipenes di dekat kloakanya.
Menurut wikipedia.org, Iguana adalah marga kadal yang hidup di daerah tropis Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan kepulauan Karibia. Sejauh ini, genus Iguana hanya terdiri dari dua spesies, yaitu iguana hijau (Iguana iguana) dan iguana Antilles Kecil (Iguana delicatissima).

Berikut sedikit fakta tentang iguana:
Nama Ilmiah: Iguana iguana
Rentang Umur: antara 10 hingga 12 tahun, meskipun bisa mencapai 20 tahun
Ukuran: hingga 10 kg dan panjang hingga 2 meter

Iguana adalah hewan herbivora. Iguana makan buah-buahan, sayuran, dan produk tumbuhan tertentu. Hal ini perlu diketahui oleh seorang calon pemilik iguana.

Karena iguana memakan tumbuhan, tidak berarti semua jenis tumbuhan dan buah-buahan cocok buat mereka.

Ada jenis makanan yang perlu diberikan secara teratur, ada yang hanya diberikan sesekali saja, dan ada pula yang jangan pernah diberikan ke iguana.

Jadi, agar iguana dapat hidup sehat dan sejahtera, mengetahui jenis makanan yang cocok amatlah diperlukan.

Merangkum penjelasan sebelumnya, ada tiga jenis atau kategori makanan iguana:
Makanan yang harus diberikan secara teratur
Makanan yang hanya perlu diberikan sesekali saja
Makanan yang tidak boleh diberikan

Jenis Makanan iguana

Roti, Pasta dan Biji-bijian. Sesekali, anda bisa menambahkan makanan seperti nasi, pasta yang dimasak serta roti gandum.

Serangga, Reptil peliharaan biasanya akrab dengan serangga, khusus jangkrik dan ulat.

Air, Buah dan sayur sudah menyediakan air bagi iguana.
Suplemen.

Waspadai Penyakit BS Pada Iguana

Salah satu penyakit yang menghantui para pecinta iguana adalah BS atau Bladder stone, karna penyakit ini sering terjadi pada iguana. Jadi kali ini kita bahas tentang BS atau bladder stone pada iguana.

Sama hal nya dengan dengan kencing batu pada manusia, Bs (bladder stone) digunakan untuk hewan, tidak hanya pada iguana tapi juga terjadi pada hewan lainnya seperti kura kura, ular ataupun hewan lainnya.

Penyebab BS (Bladder Stone)
Penyebabnya adalah kelebihan kalsium baik dari makanan maupun minuman. Dan juga kekurangan asupan mineral, Untuk mengantisipasi hal ini baiknya pastikan makanan dan minuman yang teman teman berikan pada iguana terjamin kualitasnya. Jangan selalu memberi pakan yang mengandung kalsium tinggi, walaupun iguana sangat membutuhkan kalsium tapi jika berlebihan akan menyebabkan penumpukan di saluran pencernaan yaitu BS (bladder stone). Berikan makanan yang mudah di cerna dan bagus untuk pencernaan seperti pepaya dan diselinggi sayuran lainnya.

Akan sangat berbahaya sekali jika BS (bladder Stone) pada iguana sudah parah, karna sampai saat ini penyembuhannya adalah melalui operasi, jika BS masih kecil dan sedikit mungkin dengan cara pemberian pakan yang bagus untuk pencernaan akan dapat melarutkan gumpalan BS hingga keluar, akan tetapi dengan BS yang besar sudah dipastikan tidak mudah mengeluarkannya melalui saluran pembuangan kotoran jalan satu satunya adalah dilakukannya operasi.

Seperti apa ciri ciri iguana BS

Gejala yang terjadi pada iguana yang terkena BS adalah sbb :

– iguana sulit buang air kecil
Hal inivterjadi dikarnakan gumpalan BS menyumbat saluran kencing yang mengakibatkan iguana susah buang air kecil

– keluarnya darah bersamaan dengan air kencing

Sama hal nya yang terjadi pada manusia, iguana yang mengalami BS biasanya mengeluarkan darah dalam urine nya, semakin parah BS akan semakin sering dan banyak.

– nafsu makan berkurang
Dalam kondisi mengalami BS yang pasti membuat iguana merasa sakit sehingga berpengaruh pada nafsu makannya. Iguana yang mengalami BS akan cenderung kurang aktif dan mengalami penurunan nafsu makan

– iguana kurang aktif, terlihat lesu dan kurang agresif
– dikotoran iguana tidak ada /hanya sedikit kotoran warna putih
Pada sebagian iguana yang mengalami BS biasanya dalam kotorannya tidak terdapat / sedikit kotoran putihnya.

Jika sudah parah, kita bisa rapa perut bagian bawah iguana saat iguana belum makan, jika terasa ada benjolan keras kemungkinan besar adalah Bladder Stone.

Ini adalah efek lain dari rasa sakit yang dialami iguana.
Jika iguana teman teman mengalami hal diatas, coba periksa di bagian saluran pembuangan kotoran iguana, bisa jadi iguana teman teman mengalami BS (bladder stone)

Cara mengobati BS (bladder stone) pada iguana

Jika BS belum terlalu parah, teman teman bisa lakukan hal sbb :

1. Ganti menu makan dengan sayuran atau buah buahan yang mudah di cerna

2. Mandikan secara rutin iguana dengan air hangat

3. Berikan VCO (minyak kelapa) 10 ml dengan dicampurkan makanan atau langsung di teteskan kedalam mulut iguana, atau di campur makanan yang dijus lalu di lolohkan ke iguana (menggunakan suntikan)

4. Jika diperlukan, berikan obat tambahan dulcolax atau sejenisnya. Dengan takaran 1 butir dibagi menjadi 3. Seminggu diberikan 3x saja.

Dengan cara ini biasanya SB akan pecah dan keluar.

Jika BS (bladder stone) pada iguana sudah parah dan besar lebih baik langsung dibawa kedokter hewan untuk dilakukan operasi.

Umumnya BS terjadi pada iguana yang sudah besar, karna pada dasarnya memang penumpukan kalsium yang membentuk bola dan menyumbat saluran pembuangan air kecil iguana ada efek samping jangka panjang dari kelebihan kalsium.

Source : dari berbagai sumber seperti wikipedia.org, hobibinatang.com dan sharring grup pecinta iguana.

Title :Ciri-ciri Dan Perbedaan Karakter Iguana Jantan Dan Betina
Link :Ciri-ciri Dan Perbedaan Karakter Iguana Jantan Dan Betina

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Ciri-ciri Dan Perbedaan Karakter Iguana Jantan Dan Betina :