Cara Jitu Agar Hati Sapi Tidak Amis Dan Tidak Lengket Saat Digoreng

Baca Juga:


Hati Sapi

Tips Mudah Cara Menghilangkan Bau Amis pada Hati Sapi Saat Dimasak Dan Agar Tidak Lengket di Wajan

Hati sapi adalah bagian tubuh sapi yang berasal dari hati sapi. Biasanya hidangan yang dapat dibuat oleh bagian tubuh ini adalah sambal goreng dan rempela ati goreng. Hati sapi sudah lama dimanfaatkan sebagai salah satu bahan masakan kegemaran masyarakat di negara kita. Hidangan kuliner berbahan hati sapi ini banyak dijumpai di beberapa rumah makan, mulai yang kelas bawah hingga kelas atas. Memasak hati sapi bisa langsung ditumis bersama bumbu, tetapi hati sapi yang mentah relatif lebih sulit dipotong secara rapi, dan tidak ajek ketika diiris. Begitu juga ketika diaduk, agak menempel di wajan. Konsumsi hati sapi, sebaiknya mempertimbangkan kondisi tubuh. Batasi hati sapi, jika Anda berisiko mengalami kolesterol tinggi.
Penting! Bahaya Hati Sapi Jika Dikonsumsi Secara Berlebihan. Hati sapi banyak mengandung zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sayangnya, bersamaan dengan itu, hati sapi juga menyumbangkan kolesterol dengan jumlah tinggi. Hal ini disebabkan karena hati adalah organ yang memproduksi kolesterol sekaligus menyimpannya. Tidak mengherankan jika kadar kolesterol paling tinggi pada daging hewan ada pada hati. Jika Anda mengonsumsi hati sapi seberat 85 gram, itu berarti ada asupan kolesterol sebanyak 331 mg. Padahal jumlah asupan kolesterol yang disarankan bagi orang dewasa adalah tidak lebih dari 300 mg per hari. Jumlah itu sudah melebihi kebutuhan kolesterol dalam satu hari. Belum lagi jika Anda mengonsumsi makanan lain yang juga mengandung kolesterol. Untuk menghindari risiko kelebihan kolesterol, penting untuk membatasi konsumsi hati sapi. Jika Anda ingin menikmatinya, konsumsi hati sapi cukup satu kali dalam sebulan. Porsi yang disarankan tidak lebih dari 85 gram, agar Anda terhindar dari kelebihan kolesterol.
Karena itu beberapa resep masakan menyarankan agar hati direbus dulu, setidaknya setengah matang. Beberapa lagi menyarankan agar disangrai dahulu. Sebetulnya perebusan dan penyangraian selain mempermudah pemotongan dan pengadukan juga untuk mengurangi bau amisnya. Karena ketika direbus atau disangrai, kita bisa menambahkan jahe atau salam.

Orang Indonesia punya banyak masakan yang dibuat dari hati sapi. Masakan western atau masakan Asia lain tak banyak atau malah tak ada yang menggunakan hati sapi. Mengolah hati sapi bisa dalam bumbu tradisional seperti sambal goreng, rendang, dendeng balado, atau masak kecap. Dalam olahan yang sederhana, bisa dibuat saus tiram hanya dengan bumbu bawang putih dan jahe.

Untuk bahan lainnya, hati sapi paling enak dikombinasikan dengan kentang, sayuran keras seperti buncis, kacang merah, atau kerecek. Memasak hati sapi yang harus diperhatikan adalah jangan merebus terlalu lama agar tidak semakin keras. Jangan memotong dalam potongan yang terlalu tebal agar proses pematangan dan peresapan tidak butuh banyak waktu.

Manfaat Hati Sapi
Hati sapi kaya akan manfaat bagi kesehatan. Pada sebagian orang, makan hati sapi cukup dianjurkan, karena kandungan hati sapi memang mengandung zat besi yang tinggi. Zat besi adalah unsur penting dalam pembentukan sel darah merah, karena itu hati bagus dikonsumsi mereka yang memiliki kadar haemoglobin (Hb) rendah.

Kandungan hati sapi yang juga mengandung vitamin A (Penelitian membuktikan 100 gram hati sapi mengandung lebih dari 300% dari asupan vitamin A penting untuk per harinya)., vitamin B12, asam folat, vitamin C, fosfor, seng, dan zat besi, bagus dikonsumsi mereka yang dalam masa penyembuhan dari sakit dan ibu hamil. Hati juga dipercaya mengandung zat kolin yang berperan penting untuk perkembangan fungsi otak. Karenanya, bagus untuk dikonsumsi anak balita.
Meski belum diketahui bagaimana kinerja ekstrak hati sapi sebagai pengobatan pada manusia, namun diyakini kandungan zat besi, vitamin B12 dan asam folat pada ekstrak hati dapat digunakan untuk membantu menangani penyakit hati kronis, menumbuhkan jaringan hati yang baru untuk menggantikan yang rusak, mencegah kerusakan hati, serta memperbaiki fungsi hati.

Ekstrak hati juga dipercaya bersifat detoksifikasi, yaitu mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, sehingga kerap digunakan untuk membantu memulihkan tubuh yang sebelumnya sempat mengalami kecanduan maupun keracunan bahan kimia.

Ekstrak hati juga ada hubungannya dengan stamina. Bahan ini bisa digunakan pada orang yang menderita sindrom kelelahan kronis. Kalangan binaragawan juga memanfaatkannya untuk meningkatkan kekuatan, stamina, ketahanan tubuh, dan perkembangan otot.

Meski kemungkinan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun untuk memastikan manfaat ekstrak hati masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut. Harus diwaspadai kemungkinan adanya risiko konsumsi hati hewan yang terkontaminasi penyakit. Untuk ibu hamil dan menyusui, tidak disarankan untuk mengonsumsi ekstrak hati.

Contoh Resep masakan hati sapi:

Semur Hati Sapi

Semur Hati Sapi (bango.co.id)
Bahan
  • 500 gram hati sapi, direbus di dalam air yang sudah diberi 2 lembar daun salam dan 2 cm jahe sampai empuk, dipotong 3x4 1/2 cm
  • 8 butir bawang merah, diiris halus
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, dimemarkan
  • 6 sendok makan Kecap Manis Bango
  • 1 sendok teh air asam dari 1 sendok teh asam jawa dilarutkan dalam 1 sendok makan air panas
  • 1/2 sendok makan garam
  • 1/4 sendok teh lada putih bubuk
  • 1 sendok teh pala bubuk
  • 800 ml santan dari 1/2 kelapa
  • 5 butir cengkeh, dimemarkan
  • 2 cm kayu manis
  • 2 sendok makan Minyak goreng untuk menumis
Bumbu Halus
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 3 buah cabe keriting merah
  • 1/8 sendok teh jintan
Cara memasak
  • Tumis bumbu halus bersama bawang merah iris sampai harum. Tambahkan daun salam dan serai. Aduk sampai harum.
  • Masukkan hati sapi. Aduk rata.
  • Tambahkan Kecap Manis Bango, air asam, garam, lada putih bubuk, dan pala bubuk. Aduk rata.
  • Tambahkan santan, cengkeh, dan kayu manis. Rebus di atas api kecil sampai kuah mengental.
Referensi:
www. wartakota.tribunnews,com
www.bango.co.id (resep dan foto masakan)

Title :Cara Jitu Agar Hati Sapi Tidak Amis Dan Tidak Lengket Saat Digoreng
Link :Cara Jitu Agar Hati Sapi Tidak Amis Dan Tidak Lengket Saat Digoreng

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Cara Jitu Agar Hati Sapi Tidak Amis Dan Tidak Lengket Saat Digoreng :