Mengenal Jenis-jenis Buah Naga Yang Beredar Di Pasaran

Baca Juga:


Ciri-ciri dan Habitat Macam-macam Jenis Buah Naga

Dikutip dari wikipedia.org, Buah naga adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Buah naga ini mengandung sekitar 60 kalori dan kaya akan vitamin C, B1, B2 dan B3, dan mineral seperti zat besi, kalsium, dan fosfor. Di sekujur kulit buah dipenuhi dengan jumbai-jumbai yang dianalogikan dengan sisik naga. Oleh sebab itu, buah ini disebut buah naga. Batangnya berbentuk segitiga, durinya sangat pendek dan tidak mencolok, sehingga sering dianggap "kaktus tak berduri".
Tekstur daging buah tebal dan enak membuat buah yang dikenal dengan sebutan Dragon Fruit ini cocok jadi camilan buah. Kandungan vitamin dan rasanya yang menyegarkan membuat buah ini juga cocok dibuat jus. Di Indonesia, buah naga sudah dikenal sejak pertengahan tahun 2000. Peminat untuk membudidayakannya pun semakin bertambah hingga saat ini. Bahkan saking banyaknya yang menanam buah ini, saat panen raya menyebabkan harga buah naga anjlok tidak terkendali, jika dipedagang buah saja ada yang menjual Rp 2.500 per kg, lalu berapa harga di tingkat petani?


Dilihat dari warna daging buah, buah naga ternyata mempunyai 4 jenis. Semua mempunyai karakteristik buah dan rasa yang berbeda-beda. Berikut 4 jenis buah naga lengkap dengan ciri-cirinya.

Jenis Buah naga putih (Hylocereus undatus)

Buah naga jenis ini dikenal dengan sebutan White Pitaya. Kulit buahnya berwarna merah memiliki sisik atau jumbai yang berwarna hijau. Meski kulitnya merah, saat dibelah daging buahnya berwarna putih bersih dengan hiasan biji berwarna hitam.

Secara morfologi, tanaman ini memiliki warna hijau tua dan mampu tumbuh baik di lokasi dengan ketinggian tidak lebih dari 400 m dpl. Saat matang, biasanya buah naga putih memiliki berat rata-rata 400—650 g dengan rasa asam dan tidak terlalu manis
Selain warna daging buah, ternyata buah naga putih juga memiliki aroma yang khas dan berbeda denga jenis buah naga lainnya. Berdasakan penelitian dengan menggunakan sistem bernama QDA, diperoleh perbedaan antara buah naga putih dan buah naga merah. Buah naga putih memiliki urutan aroma berdasarkan intensitasnya dimulai dari green leafy, floral, fatty green, sweet, fruity, dan terakhir plastic green. Sementara buah naga merah, secara berurutan adalah green leafy, floral, fatty green, fruity, sweet, dan diakhiri dengan aroma plastic green. Peneliti QDA menyimpulkan buah naga putih mengandung karakteristik arima sweet yang lebih menonjol jika dibandingkan dengan buah naga merah. Sementara itu, aroma yang dominan pada buah naga merah adalah fruity lebih yang lebih menonjol daripada aroma sweet.
Buah naga putih kaya akan vitamin C dan antioksidan. Hanya saja, antioksidan di dalam buah naga putih lebih sedikit. Jadi, jika dibandingkan buah naga putih dan merah, buah naga merah kandungannya lebih banyak.

Jenis Buah naga ungu (Hylocereus polyrhizus)

Sesuai dengan namanya, buah naga ini memiliki daging buah yang berwarna ungu kemerahan. Tampak luar, kulit buah naga ungu juga memiliki sisik dan jumbai berwarna hijau. Buah matang memiliki berat rerata 400 g dan jika dibandingkan buah naga putih, buah naga ungu terasa lebih manis.

Secara morfologi, tanaman buah naga ungu lebih kokoh dibanding buah naga putih begitu juga dengan duri pada batang dan cabang lebih rapat.

Tanaman buah naga ungu dapat tumbuh ideal pada pada ketinggian rendah dan sedang. Meski memiliki sifat mudah berbunga sepanjang tahun sayangnya tingkat keberhasilan bunganya hanya 50%. Hal inilah yang membuat buah naga ungu memiliki produktivitas rendah.

Jenis Buah Naga Merah (Hylocereus costaricensis)

Buah naga ini memiliki daging buah yang berwarna super-merah atau lebih merah dibanding buah naga ungu yang didominasi warna ungu. Batang tanaman lebih besar sehingga cocok ditanam di daerah yang panas dengan ketinggian rendah sampai sedang.

Saat matang, buah naga merah biasanya berbobot 400-500 g dan memiliki rasa lebih manis dibandingkan buah naga ungu.
BUAH NAGA SUPER RED HYBRID adalah jenis buah naga yang tergolonng baru berasal dari Thailand yang memiliki banyak kelebihan dan sudah 100% diterima dan mendapat respon terbaik oleh konsumen.
Beberapa kelebihan BUAH NAGA SUPER RED HYBRID yaitu:
1. Ukuran buah rata-rata diatas 350gram (diatas 75%), syarat minimum untuk diterima Supermarket.
2. Bentuk buah seragam, bulat sedikti lonjong.
3. Bentuk sirip panjang menarik, bagus untuk parcell.
3. Rasa buah lebih manis.
4. Warna kulit merah muda, menarik perhatian konsumen.
5. Pembuahan alami, tidak perlu dikawinkan.
6. Pertumbuhan pohon sangat cepat, berbeda dengan jenis lain

Jenis Buah Naga Kuning (Selenicereus megalanthus)

Kandungan vitamin A dalam buah naga kuning lebih banyak. Sehingga, buah ini baik untuk menjaga kesehatan mata. Rasa buah naga kuning lebih manis dan segar dengan kandungan antioksidan dan karoten yang hampir sama dengan buah naga lainnya.
Buah naga yang satu ini dikenal dengan sebutan Yellow Pitaya. Tampak luar, kulit buahnya berwarna kuning tanpa sisik. Namun saat dikupas, daging buahnya berwarna putih dengan hiasan biji hitam yang merata. Ukuran buahnya lebih kecil dibandingkan jenis lainnya, yakni sekitar 80-100 g. Meski kecil, buah naga kuning memiliki rasa paling manis dibandingkan jenis-jenis lainnya. Secara morfologi, tanaman buah naga kuning memiliki warna hijau cerah dengan ukuran yang lebih kecil dibanding buah naga jenis lainnya. Di Indonesia, buah naga kuning termasuk jarang karena memiliki syarat tumbuh di suhu yang dingin atau pada ketinggian di atas 800 m dpl.
Masa tanam hingga panen atau produksi tanaman buah naga kuning ini jauh lebih lama dibandingkan dari buah naga merah.  Umumnya, buah naga merah akan mulai berproduksi atau mulai berbunga sekitar 1,5 tahun sampai 2 tahun setelah masa tanam, sedangkan buah naga kuning waktunya lebih lama lagi.
Jika dicermati, pembagian buah naga putih, merah dan hitam didasarkan pada warna daging buahnya. Meski daging buahnya berbeda, ketiga jenis tersebut memiliki kulit yang sama, berwarna merah dan dilengkapi struktur yang identik. Akan tetapi, sistem pembagian tersebut tidak berlaku pada buah naga kuning. Unsur pembedanya justru terletak pada kulitnya. Daging buah naga kuning berwarna putih berbiji hitam persis buah naga putih. Namun, kulitnya berwarna kuning terang dengan sisik berukuran besar yang pada ujungnya terdapat gradasi warna hijau. Selain kulit berisisk, buah naga kuning juga memiliki varian kulit lain yakni buah dengan permukaan kulit berduri.

Perbedaan lain buah naga kuning dengan jenis lainnya terletak pada ukuran buah dan juga ukuran pohonnya. Secara umum diketahui bahwa pohon buah naga kuning cenderung lebih pendek ketimbang pohon lainnya. Hal ini juga ternyata berimbas pada ukuran buahnya yang juga dua kali lebih kecil dibandingkan varian lain.

Meski kecil, tetapi rasa manis buah naga kuning melampaui buah naga lain. Hal ini disebabkan kandungan sakrosa juga fruktosa buah ini lebih tinggi. Selain manis, buah naga kuning juga cenderung berair sehingga meninggalkan rasa segar saat dikonsumsi. Secara umum budidaya buah naga kuning tidak berbeda dengan buah naga merah. Hanya saja, perbedaannya adalah pada syarat tumbuh yang dikehendaki oleh tanaman buah naga kuning ini.

Title :Mengenal Jenis-jenis Buah Naga Yang Beredar Di Pasaran
Link :Mengenal Jenis-jenis Buah Naga Yang Beredar Di Pasaran

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Mengenal Jenis-jenis Buah Naga Yang Beredar Di Pasaran :