Cara Meracik Pakan Kalkun yang Ekonomis

Baca Juga:


Kalkun merupakan binatang omnivora. Unggas ini mau memakan sayur-mayur, buah-buahan, biji-bijian, hingga daging-dagingan. Nafsu makannya pun sangat tinggi. Hampir semua pakan yang Anda berikan pasti akan dihabiskan oleh kalkun dalam waktu yang sangat cepat. Hal ini tentu menjadi sebuah kabar gembira bagi Anda peternak kalkun karena menguntungkan. Anda tidak perlu pusing memikirkan pakan yang akan diberikan ke kalkun.
Di dalam manajemen pemberian pakan untuk binatang ternak, kita harus memperhatikan manfaat dari pakan tersebut bagi kalkun. Setidak-tidaknya pertumbuhan dan pertambahan bobot kalkun akan berbanding lurus dengan jumlah pakan yang kita berikan. Oleh karena itu, kami selalu menekankan untuk memberikan pakan yang bergizi kepada kalkun. Sehingga kalkun tersebut akan cepat tumbuh besar sesuai keinginan.
cara-meracik-pakan-kalkun.jpg
Namun masalahnya harga pakan ternak yang bernilai gizi tinggi itu mahal. Bisa-bisa kita tidak mendapatkan keuntungan dari beternak kalkun kalau biaya produksinya sudah sangat tinggi. Inilah alasan utamanya kita harus meracik sendiri pakan untuk kalkun dari bahan-bahan yang harganya murah, tetapi nilai gizinya tinggi dan kalkun pun menyukainya. Lantas bagaimana caranya untuk bisa membuat pakan yang ekonomis ini?
  1. Manfaatkan Daun-daun dari Tanaman
Kalkun pada dasarnya sangat menyukai dedaunan. Anda bisa memanfaatkan daun-daun dari pohon yang biasa dipakai untuk naungan sebagai pakan kalkun. Asalkan daun tersebut dipotong-potong kecil, maka kalkun akan memakannya dengan lahap. Adapun contohnya seperti lamtoro, turi, pepaya, singkong, dan lain-lain. Setelah dirajang halus, berikan pakan ini kepada kalkun.
  1. Campur dengan Dedak/Konsentrat
Kalkun juga membutuhkan pakan lain selain daun-daunan. Anda bisa memberikan dedak/konsentrat sebagai makanan campuran untuknya. Harga dedak ini terbilang cukup murah jika dibandingkan dengan makanan tambahan yang lain. Anda bisa mencampur daun dan konsentrat ini memakai perbandingan 3:7. Setelah tercampur rata, Anda bisa memberikannya ke kalkun peliharaan.
  1. Keringkan Pakan agar Lebih Awet
Kalkun pun doyan sekali dengan pakan yang kondisinya kering. Pakan yang kering bisa disimpan dalam waktu yang lebih lama daripada pakan basah. Buatlah campuran daun dan konsentrat dengan perbandingan 3:7 terlebih dahulu. Setelah tercampur rata, campuran tersebut dijemur di bawah terik matahari untuk mengeringkannya. Anda bisa memberikan pakan ini berkali-kali selagi kondisinya masih layak.

Title :Cara Meracik Pakan Kalkun yang Ekonomis
Link :Cara Meracik Pakan Kalkun yang Ekonomis

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Cara Meracik Pakan Kalkun yang Ekonomis :