Agar Berhasil Mengawinkan Ayam Bangkok, Ini Caranya!

Baca Juga:


Sudah tidak diragukan lagi kalau ayam bangkok merupakan jenis ayam aduan yang mempunyai kualitas unggul. Bahkan ayam jago lokal bisa dibuat babak belur oleh ketangguhan ayam yang satu ini. Maka dari itu, Anda tentu menginginkan keturunan dari ayam bangkok yang sudah terbukti gahar karena mampu menang berkali-kali. Namun kadang-kadang kita mengalami kesulitan untuk mengawinkan ayam bangkok tersebut.
Ternyata eh ternyata, ada trik tersendiri untuk merangsang ayam bangkok indukan supaya mau melakukan perkawinan loh. Trik ini sudah terbukti berhasil kami terapkan di peternakan sendiri. Ayam bangkok yang telah sukses dikawinkan pun akan cepat menghasilkan telur. Nah, selanjutnya kita tinggal menunggu waktu sebentar sampai telur-telur tersebut berkembang dan menetas menjadi anakan ayam bangkok unggul yang siap dibudidayakan.
cara-mengawinkan-ayam-bangkok.jpg
Ada mitos yang menyebutkan kalau Anda ingin mendapatkan hasil keturunan ayam bangkok yang kualitasnya baik, maka kawinkanlah indukan ayam bangkok pada kamis sore hari menjelang malam jumat. Mitos ini tentu tidak terlepas dari mitos malam jumat yang terkenal akan keangkerannya. Konon katanya ayam bangkok yang dikawinkan pada waktu ini bakal menghasilkan keturunan lebih tangguh lagi daripada induknya.
Sebelum proses perkawinan dimulai, Anda tentu perlu menyiapkan pasangan ayam bangkok indukan terlebih dahulu. Setiap ayam bangkok jantan bisa dipasangkan dengan 3-5 ekor ayam bangkok betina sekaligus. Idealnya selisih usia antara ayam jantan dan ayam betina adalah 1 tahun. Contohnya jika si ayam jantan berumur 3 tahun, maka usia ayam-ayam betina berada di kisaran 2 tahunan. Nantinya pasangan ini akan menghasilkan keturunan yang terbaik.
Berikut ini trik-trik yang bisa dicoba untuk merangsang ayam bangkok agar segera melakukan perkawinan dan cepat bertelur.
Trik Pertama
Siapkan kandang umbaran yang ukurannya cukup luas. Masukkan ayam bangkok ke dalam kandang tersebut. Ingat, setiap kandang hanya boleh diisi dengan seekor ayam jantan saja. Sedangkan jumlah ayam betina yang bisa menempati kandang tersebut berkisar antara 1-5 ekor. Pada awalnya, ayam-ayam ini akan saling berkenalan secara alamiah. Setelah merasa cocok dan waktunya tepat, mereka pun akan melakukan perkawinan secara bergantian.
Trik Kedua
Kadang-kadang ada ayam bangkok betina yang mempunyai kualitas sangat bagus dan berasal dari keturunan jawara, tetapi ayam tersebut enggan melakukan perkawinan. Padahal Anda sudah sangat yakin kalau usia ayam ini sudah lebih dari cukup. Maka satu-satunya solusi yang dapat diambil yaitu memaksanya supaya kawin. Caranya ialah pegang ayam betina tadi dengan posisi menghadap ke dalam. Lalu letakkan ayam betina tersebut di depan ayam jantan yang sudah siap melakukan perkawinan. Anda mungkin butuh usaha beberapa kali sampai si ayam jantan terpancing.
Trik Ketiga
Trik ketiga ini dapat dilakukan bila ayam bangkok jantan yang merasa malas untuk melakukan perkawinan. Keadaan ini biasanya disebabkan oleh kondisi tubuh ayam tersebut yang kurang bugar. Jadi solusinya adalah Anda bisa memberikan pengobatan kepadanya. Kami biasanya menggunakan jamu obat kuat yang biasa dipakai manusia guna mengatasi ayam bangkok yang malas-malasan. Niscaya setelah meminum obat tersebut, ayam bangkok tadi akan lebih beringas dan bersemangat.

Title :Agar Berhasil Mengawinkan Ayam Bangkok, Ini Caranya!
Link :Agar Berhasil Mengawinkan Ayam Bangkok, Ini Caranya!

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Agar Berhasil Mengawinkan Ayam Bangkok, Ini Caranya! :