Masalah Umum Yang Dihadapi Peternak Sapi Potong

Baca Juga:


Tips Beternak Sapi Potong, Cara Mengatasi Berbagai Masalah Penggemukan Sapi Potong dari Mulai Polusi Bau, Perijinan Hingga Pencurian Ternak

Penggemukan Sapi Potong Skala Besar / Komersial

Dalam usaha apapun termasuk usaha penggemukan sapi potong pasti ada saja masalah yang bisa timbul dengan lingkungan sekitarnya. Ada beberapa masalah akibat usaha peternakan sapi potong yang jika tidak bisa diatasi bisa mengakibatkan tutupnya usaha tersebut. Apa saja masalah yang mungkin timbul dari usaha pemeliharaan sapi ini?

Polusi Bau Kotoran
Masalah pertama ini sebenarnya adalah masalah yang bisa dianggap paling ringan karena secara umum jika dalam satu komplek memang isinya peternak sapi semua maka masalah bau kandang adalah semacam parfum wajib yang tidak akan dipermasalahkan. Tetapi jika dalam satu kampung yang rapat penduduknya, hanya ada 1 atau 2 orang peternak yang kandangnya bau dan mengganggu masyarakat sekitarnya maka hal ini wajib diantisipasi.

Salah satu cara untuk menghindari komplain warga akibat bau kandang adalah dengan membangun kandang yang jauh dari pemukiman (dengan kepastian keamanan ternak tentunya). Dan jika terpaksa agak berdekatan maka pemilik sapi wajib menjaga kebersihan kandang dan membuang kotoran sapinya jauh dari pemukiman atau bisa langsung diolah menjadi kompos.

Polusi Kotoran Sapi
Hal ini masih sangat berkaitan dengan polusi bau kandang tetapi selama masalah kebersihan kandang terjamin dan ada tempat khusus membuang atau mengolah kotoran sapi tersebut yang jauh dari pemukiman maka masalah ini akan mudah teratasi.

Perlu diperhatikan jangan sampai air dari kandang meluber ke jalanan atau fasilitas warga. Jaga juga jangan saampai kandang penuh dengan lalat yang jika menyebar ke perumahan bisa mengakibatkan masalah tambahan. Untuk masalah lalat bisa digunakan obat lalat yang banyak dijual di  toko pertanian dan peternakan.

Masalah Penyakit Ternak Sapi Yang Bisa Menular Ke Manusia
Penyakit sapi ada beberapa macam, ada yang hanya menyerang sapi tetapi juga ada yang bisa menular pada manusia. Penyakit sapi yang menular pada manusia seperti antraks misalnya wajib diwaspadai agar tidak sampai menjangkiti ternak sapi. Jaga kebersihan kandang dan konsultasikan pada tenaga kesehatan hewan terdekat jika ada tanda-tanda penyakit antraks ini.

Masalah Keamanan Sapi dari Pencurian
Didaerah tertentu, memelihara sapi lokal harus ekstra ketat dalam menjaganya karena hampir setiap waktu ada saja maling yang mengintai untuk mencurinya. Alternatif yang bisa dilakukan warga untuk mencegah pencurian sapi bisa dengan ronda secara bergiliran atau dengan mengumpulkan sapi-sapi lokal yang dipelihara pada kandang kelompok sehingga mudah saat melakukan penjagaan secara bergiliran.

Masalah Transportasi Akibat Jauhnya Lokasi Kandang Dengan Pasar Hewan
Untuk masalah yang satu ini saat ini mungkin sudah bukan masalah besar lagi karena banyaknya pengusaha truk angkutan yang bersedia mengangkut ternak antar kota antar propinsi bahkan sampai menyeberang pulau.

Masalah Perijinan Untuk Peternakan Sapi Potong Skala Besar
Untuk peternak kecil, masalah ini bisa diabaikan sedangkan untuk peternak besar yang memiliki sapi hingga puluhan atau ratusan ekor masalah perijinan wajib dipenuhi karena disamping berhubungan dengan masalah gangguan (HO) juga berhubungan dengan masalah perpajakan, Jamsostek, BPJS dll.

Title :Masalah Umum Yang Dihadapi Peternak Sapi Potong
Link :Masalah Umum Yang Dihadapi Peternak Sapi Potong

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Masalah Umum Yang Dihadapi Peternak Sapi Potong :