Berapa Ton Produksi Rumput Odot Per Hektar?

Baca Juga:


Terapkan Umur Panen Yang Tepat Agar Produksi Odot Stabil Dalam Tiap Hektar Lahan

Dewasa ini jenis rumput yang satu ini masih menjadi primadona para peternak dan petani untuk membudidayakannya. Salah satu alasan mengembangkan rumput odot sebagai hijauan pakan ternak adalah kecepatan tumbuhnya, produksi yang tinggi, mudah menanamnya dan tentunya palatabilitas yang tinggi.

Palatabilitas atau kesukaan ternak akan rumput ini sangat bagus sehingga hampir semua ternak ruminansia menyukai jenis rumput odot ini.

Perkembangan rumput odot setelah panen pertama, kedua dan ketiga akan sangat cepat, mengapa? Rumput odot berkembang dengan cepat dari perkembangan rumpunnya setelah dipotong akan tumbuh banyak sekali tunas yang akan membentuk rumpun atau pols.

Berapa produksi per hektar tanaman rumput odot?
Rumput unggul ini ternyata bisa berproduksi antara 60 - 70 ton per hektar. Produksi rumput odot sangat dipengaruhi oleh ketercukupan air dan juga pemupukan yang baik.

Berapa Umur Potong Rumput Odot?
Ada dua periode untuk menyatakan berapa umur potong rumput unggul ini. Umur panen rumput odot yang pertama adalah 3 bulan setelah tanam baru boleh dipanen, hal ini bertujuan untuk mendapatkan hasil yang optimal dan tentunya agar rumput yang baru ditanam lebih kuat perakarannya. Untuk pemanenan berikutnya bisa dilakukan setiap 2 bulan sekali.

Berapa harga bibit rumput odot?
Dari berbagai sumber informasi, harga bibit rumput odot sangat bervariasi. Di pasaran online ada yang menjualnya hingga Rp 25.000 per kg dan menurut penulis harga tersebut terlalu mahal. Harga ideal bibit rumput odot seyogyanya tidak lebih dari Rp 10.000 per kg agar tidak memberatkan para peternak yang berminat menanam rumput ini. Meskipun jika harga bibit mahal karena rumput odot ini bisa dipanen terus menerus selama beberapa tahun akan tetap diminati para peternak.


Berapa harga rumput odot untuk pakan ternak?
Seperti halnya harga bibitnya, harga rumput odot ini juga bervariasi. Harga kisaran antara 250 - 350 rupiah per kg. Harga akan sangat terpengaruh dengan jauh dekatnya lahan rumput odot dengan lokasi pembeli akibat perbedaan biaya transportasi. Tentunya makin jauh lokasi lahan penanaman rumput odot dengan lokasi peternakan akan menyebabkan harga rumput tersebut menjadi semakin mahal.

Title :Berapa Ton Produksi Rumput Odot Per Hektar?
Link :Berapa Ton Produksi Rumput Odot Per Hektar?

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Berapa Ton Produksi Rumput Odot Per Hektar? :