Keunggulan Rumput Odot Dalam Produksi Per Ha dan Kandungan Gizinya

Baca Juga:



Berapa produksi rumput odot per hektar?

Penanaman rumput odot sedang booming dan menjadi trend dikalangan peternak. Rumput yang mudah tumbuh ini bahkan banyak ditanam dipematang tegalan dan dipinggir-pinggir sungai yang bisa disabit sewaktu-waktu peternak lokal membutuhkan.

Jika ditanam secara intensif dengan pengolahan tanah yang baik, pengairan, perawatan dan pemupukan yang baik, rumput odot bisa menghasilkan produksi hingga 60 ton per hektar. Kandungan protein yang tinggi terutama pada daunnya membuat rumput odot cepat populer dikalangan petani ternak.
Pengadaan bibit odot yang mudah dengan menggunakan batang odot yang sudah tua dan mudah tumbuh menjadi salah satu kelebihan rumput ini. Dan saat ini bibit odot mudah diperoleh dimana-mana dengan harga yang terjangkau.

Kandungan Gizi odot
Protein rumput odot tergolong tinggi untuk jenis rumput gajahan, bahkan tergolong paling tinggi hingga lebih 14%. Sementara
keunggulan lainnya jika dibandingkan jenis rumput lain adalah palatabilitasnya yang sangat tinggi, sangat disukai ternak karena batangnya empuk dan daunnya tidak berbulu kasar.

Keunggulan lainnya pertumbuhan rumput odot cepat sekali dan setelah dipotong juga tambah rimbun karena banyak tunas baru yang tumbuh sehingga polls nya tambah rapat dan subur.

Karakter rumput odot
Memiliki batang pendek dan daun yang banyak menjadikan rumput odot sangat disukai ternak.
Hampir semua bagian batang dan daun rumput odot bisa dimakan ternak hingga 100% sedangkan rumput lain hanya sekitar 70% saja yang dimakan ternak.
Panen pertama rumput odot bisa dilakukan setelah 60 hari tanam, sedangkan panen berikutnya pada umur 30 - 40 hari sekali.

Ciri-ciri Rumput Odot:
- Batang pendek dan lunak
- Tumbuh berumpun dan bertunas
- Kondisi perakaran kuat dan dalam
- Daun dan batang tidak berbulu kasar


Pembibitan Odot
Syarat-syarat bibit odot yang baik:
- Pilih batang yang besar
- Pilih batang yang tua
- Warna hijau kekuningan
- Ukuran sekitar 20 cm

Cara Menanam Bibit Odot
Cara tanam bibit odot sangat mudah, benamkan bibit batang odot pada lahan yang sudah diolah dengan posisi miring.
Jarak tanam rumput odot dalam barisan sekitar 50 - 75 cm sedangkan jarak tanam antar baris sekitar 75 cm hingga 150  cm.

Title :Keunggulan Rumput Odot Dalam Produksi Per Ha dan Kandungan Gizinya
Link :Keunggulan Rumput Odot Dalam Produksi Per Ha dan Kandungan Gizinya

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Keunggulan Rumput Odot Dalam Produksi Per Ha dan Kandungan Gizinya :