Harga Terbaru 2020 Bahan Pakan Ternak, Onggok, White Pollard, Molases Hingga Bungkil Kopra

Baca Juga:


Pakan adalah komponen utama penunjang keberhasilan usaha peternakan. Faktor pakan ini sangat berpengaruh pada peternakan unggas karena menyumbang biaya hingga 70%.

Bahan baku pakan untuk ternak ruminansia sebagian besar berasal dari sisa atau limbah pertanian dan limbah industri pertanian. Selain itu juga bahan pakan segaran atau hijauan yang merupakan pakan alami ternak besar seperti sapi, kambing, domba dan kerbau.

Onggok merupakan limbah industri pengolahan tapioka yang pada awalnya tidak begitu dimanfaatkan untuk pakan ternak sehingga jadi barang limbah buangan. Tetapi saat ini onggok telah menjadi salah satu komoditi pakan utama yang banyak dicari para peternak baik lokal maupun feedlotter. Dan untuk harga onggok juga cenderung terus naik setiap tahun.

Daftar Harga Bahan Baku Pakan Ternak Saat Ini:

Harga Onggok Kering Rp 2.500 - Rp 3.000 per kg.
Harga Bungkil Kopra Rp 3.200 - Rp 3.600 per kg
Harga Bungkil Sawit Rp 1.500 - Rp 1.700 per kg
Harga Tebon Rp 600 - Rp 700 per kg
Harga rumput Odot Rp 300 - Rp 350 per kg
Harga Molases Rp 1.800 - Rp 1.900 per kg
Harga White Pollard Rp 2.800 -Rp 2.900 per kg
Harga DDGS Rp 3.900 - Rp 4.200 per kg.

DDGS
DDGS singkatan dari Destillers Dried Grains with Solubles merupakan hasil samping pengolahan jagung menjadi biofuel. Saat ini mulai marak digunakan sebagai salah satu bahan baku pembuatan pakan ternak. Bahan asal yang sering digunakan dari jagung dan gandum.

Pollard
POLLARD (dedak gandum-Triticum sativum lank), adalah produk samping dari proses milling gandum , yang berguna sebagai bahan baku untuk pembuatan produk pakan ternak karena memiliki kadar protein dan nutrisi yang tinggi Angka konversi pollard dari bahan baku sekitar 25-26%. Pollard merupakan pakan yang popular dan penting pada pakan ternak karena palatabilitasnya cukup tinggi.

MOLASIS
Molase (bahasa Inggris: molasses) merupakan produk sampingan dari industri pengolahan gula tebu atau gula bit yang masih mengandung gula dan asam-asam organik. Molase yang hasil dari industri gula tebu di Indonesia dikenal dengan nama tetes tebu.

BUNGKIL KOPRA
Bungkil kopra adalah hasil ikutan dari ekstraksi minyak dari daging buah kelapa kering yang masih mengandung protein sekitar 16%-18% dan berpotensi digunakan sebagai bahan pakan ikan.

Title :Harga Terbaru 2020 Bahan Pakan Ternak, Onggok, White Pollard, Molases Hingga Bungkil Kopra
Link :Harga Terbaru 2020 Bahan Pakan Ternak, Onggok, White Pollard, Molases Hingga Bungkil Kopra

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Harga Terbaru 2020 Bahan Pakan Ternak, Onggok, White Pollard, Molases Hingga Bungkil Kopra :