Teknik Dan Cara Agar Buah Naga Terus Berbunga dan Berbuah Sepanjang Tahun

Baca Juga:


Buah Naga Adalah Tanaman Kaktus Yang Berbuah Musiman Tetapi Dengan Cara Ini Bisa Berbuah Terus Menerus Tanpa Kenal Musim

Buah naga merupakan jenis tanaman kaktus dari marga Hylocereus yang berbunga hanya pada
malam hari (night blooming cereus) sehingga untuk proses penyerbukan yang sempurna dengan
bantuan manusia hanya mungkin dilakukan malam.

Biasanya buah naga dibudidaya dengan cara stek atau penyemaian biji. Tanaman akan tumbuh subur jika media tanam atau tanah yang tidak becek, kaya akan unsur hara, berpasir, cukup sinar matahari dan bersuhu antara 38-40 °C. Jika perawatan cukup baik, tanaman akan mulai berbuah pada umur 11 - 17 bulan. Buah naga sangat adaptif dibudidaya di berbagai daearah dengan ketinggian di 0 –1200 meter dpl. Hal terpenting adalah mendapatkan sinar matahari yang cukup merupakan syarat pertumbuhan buah naga merah.

Buah naga tidak bisa berbuah setiap saat. Di bulan-bulan tertentu, biasanya mulai dari Februari hingga September, tanaman ini tidak berbuah. Kondisi ini membuat sebagian petani memutar otak agar produktivitas buah ini berlangsung terus-menerus. Ide cemerlang pun muncul. Perangsangan pembuahan dengan menggunakan lampu menjadi tren di kalangan petani. Penggunaan lampu ini menjadi temuan berharga bagi petani.

Petani seolah berlomba memasang lampu di kebun buah naga yang mereka miliki. Untuk pembiayaan, modal yang mereka keluarkan mencapai puluhan juta. Mereka tertarik setelah melihat teman yang lain berhasil menggunakan metode ini. Kendati demikian, para petani mengaku tidak tahu menahu siapa yang pertama kali melakukan uji coba ini.

Pemberian cahaya lampu itu untuk meningkatkan produksi buah naga. Jika pada umumnya
buah naga memiliki masa panen 6 bulan sekali maka dengan teknik penyinaran yang tepat
tanaman buah naga bisa panen di luar musim.

Sinar lampu ini membantu pohon buah naga berbunga dan berbuah di luar musim. Sinar ultraviolet yang dipancarkan lampu membantu Fotosintesis batang dan memunculkan bunga disela duri tanaman kaktus itu.

Fenomena pemasangan lampu di kebun buah naga yang dilakukan oleh para petani begitu massif. Bagi petani dengan perlakuan penyinaran lampu dapat tumbuh calon buah serta dapat berbuah ketika tanaman buah naga masuk masa istirahat buah dengan asumsi ketersediaan buah naga terbatas, harga buah naga melonjak.

Fenomena perlakuan penyinaran lampu ini dikalangan petani yaitu penyinaran dilakukan dari pukul 17.00 - 05.00 WIB. Sebagai bentuk sinergi antara CSR PT Bumi Suksesindo, Yayasan Dewi Sri Bhakti Nusa (YDSBN) dan kelompok tani binaan CSR PT Bumi Suksesindo bersama-sama melakukan penelitian sekaligus sebagai bentuk edukasi para petani di wilayah lingkar tambang PT Bumi Suksesindo.

Penelitian tersebut didapat hasil sebagai berikut :

Pengaruh penyinaran lampu terhadap hasil buah naga tahap I :

1.      Penyinaran antara 17.30 - 23.00 memberikan calon buah sebanyak 4 calon buah menjadi 2 buah dengan berat semua 0,5 Kg,

2.      Penyinaran dari 17.30 - 05.30 memberikan calon buah sebanyak 3 calon buah menjadi 2 buah dengan berat 0,9 Kg, sedangkan untuk

3.      Penyinaran dari 23.00 - 05.30 calon buah 11 dan menjadi buah 4 buah dengan berat semua 1,6 Kg.

 Pengaruh penyinaran lampu terhadap hasil buah naga tahap II :

1.      Penyinaran antara 17.30 - 23.00 memberikan calon buah sebanyak 8 calon buah menjadi 5 buah buah berat semua 1,5 Kg ,

2.      Penyinaran dari 17.30 - 05.30 memberikan calon buah sebanyak 13 calon buah menjadi 6 buah dengan berat 1,9 Kg,

3.      Penyinaran dari 23.00 - 05.30 calon buah 15 dan menjadi buah 8 buah dengan berat semua 2,5 Kg.

Hasil tesebut dapat disimpulkan bahwa lamanya perlakuan penyinaran lampu terhadap tanaman buah naga bukan sebagai indikator akan tumbuhnya calon bunga buah naga serta dapat berdampak pada biaya yang dikeluarkan untuk tenaga listriknya. Pada penelitian tahap 1 dan 2 didapat bahwa point 3 bisa diaplikasikan oleh para petani dengan penyinaran dilakukan pada pukul 23.00 - 05.30 WIB.

Catatan : Untuk penyempurnaan penelitian ini perlu penelitian lebih lanjut baik waktu, lokasi serta sarana penelitian lainnya.

Diolah dari berbagai sumber

Referensi:

Www.detik.com

Www.tribunnews.com

Www.linkedin.com

Dll

Title :Teknik Dan Cara Agar Buah Naga Terus Berbunga dan Berbuah Sepanjang Tahun
Link :Teknik Dan Cara Agar Buah Naga Terus Berbunga dan Berbuah Sepanjang Tahun

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Teknik Dan Cara Agar Buah Naga Terus Berbunga dan Berbuah Sepanjang Tahun :