Macam-macam Tahu, Kandungan Nutrisi, Manfaat Dan Cara Membuatnya

Baca Juga:



Tips Panduan Singkat Cara Membuat Tahu Yang Banyak Manfaatnya Bagi Kesehatan Karena Kandungan Nutrisinya Yang Bagus, Kenali Macam-macam Jenis Tahu Berikut Ini!

Produk tahu yang kita kenal secara umum adalah produk tahu yang berasal dari kedelai dan bukan dari bahan lain.Seperti diketahui, kacang kedelai sudah lama diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan ternyata setelah diolah menjadi produk olahan tertentu juga masih banyak memiliki manfaat bagi kesehatan. Tahu adalah makanan yang dibuat dari endapan perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi. Tahu berasal dari Tiongkok, seperti halnya kecap, tauco, bakpau, dan bakso. Nama "tahu" merupakan serapan dari bahasa Hokkian, yang secara harfiah berarti "kedelai terfermentasi".
Setelah diolah menjadi tahu, khasiat kacang kedelai ternyata masih terbawa sampai menjadi produk tahu tersebut.

Kandungan Gizi Tahu, Jumlah Per 100 g

  • Kalori (kcal) 76
  • Jumlah Lemak 4,8 g
  • Lemak jenuh 0,7 g
  • Lemak tak jenuh ganda 2,7 g
  • Lemak tak jenuh tunggal 1,1 g
  • Kolesterol 0 mg
  • Natrium 7 mg
  • Kalium 121 mg
  • Jumlah Karbohidrat 1,9 g
  • Serat pangan 0,3 g
  • Protein 8 g
  • Vitamin A 85 IU 
  • Vitamin C 0,1 mg
  • Kalsium 350 mg 
  • Zat besi 5,4 mg
  • Vitamin D 0 IU 
  • Vitamin B6 0 mg
  • Vitamin B12 0 µg 
  • Magnesium 30 mg

Manfaat Tahu Bagi Kesehatan

Berikut beberapa manfaat dari tahu kedelai bagi kesehatan anda:

Konsumsi tahu yang mengandung Selenium bisa menurunkan resiko kanker
Kandungan selenium di dalam tahu mampu melindungi tubuh Anda dari radikal bebas dan juga dapat meminimalkan resiko terkena kanker usus besar. Selain itu, isoflavon di dalam tahu mampu mengurangi resiko kanker prostat dan kanker payudara.

Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular
Dengan kandungan proteinnya yang tidak kalah tinggi, tahu bisa menggantikan protein hewani dalam menu makanan Anda. Kandungan protein nabati yang ada di dalam tahu diduga berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh, tekanan darah tinggi, dan risiko aterosklerosis. Zat aktif di dalam kedelai dan tahu juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), sehingga risiko terkena penyakit jantung dapat berkurang.

Tahu mengandung Mineral, Vitamin dan Protein yang Bagus buat Kulit
Kandungan mineral, vitamin, dan protein yang ada di dalam tahu mampu menjaga elastisitas kulit Anda sehingga kulit Anda pun terhindar dari penuaan dini.

Membuat darah menjadi lebih sehat
Zat besi dan tembaga adalah nutrisi di dalam tahu yang mampu membuat darah Anda menjadi lebih sehat. Zat besi berperan penting untuk hemoglobin dalam melepas oksigen di dalam darah.

Menstabilkan Kolesterol darah
Tahu dapat Anda jadikan salah satu alternatif makanan dalam menu diet Anda. Kandungan nutrisi di dalamnya dapat menurunkan kolesterol dan juga melindungi pembuluh darah Anda terhadap efek buruk dari kolesterol.

Manfaat Tahu Untuk Wanita Menopause
Berkat nutrisi yang terkandung di dalamnya, tahu baik dikonsumsi oleh wanita yang akan mengalami menopause. Kandungan isoflavon di dalamnya mampu meredam efek buruk dari ketidakseimbangan hormon estrogen.

Diabetes tipe 2
Pola makan sehat yang memasukkan kedelai dan produk olahannya, termasuk tahu, dalam menu harian, dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Hal ini diduga berkaitan dengan nutrisi di dalam tahu yang dapat membantu memperbaiki kadar lemak dan mencegah resistensi insulin di dalam darah.

Baik untuk fungsi otak dan elastisitas kulit
Kandungan isoflavon dan lecithin pada tahu diduga memiliki pengaruh baik terhadap fungsi otak dan ingatan. Selain itu, isoflavon dapat secara signifikan mengurangi keriput dan meningkatkan elastisitas kulit.

Mencegah Penyakit Gagal Ginjal
Kandungan protein kedelai yang terdapat pada produk tahu mampu mencegah hilangnya protein melalui ginjal sampai 10%.

Cegah Penyakit Jantung dan Osteoporosis
Konsumsi tahu secara rutin menghindarkan anda dari resiko terkena penyakit jantung dan oeteoporosis. Cara terbaik mengkonsumsi tahu adalah dengan direbus atau dikukus dan bukan dengan menggorengnya karena jika kita terlalu sering mengkonsumsi produk gorengan juga akan berbahaya atau akan merugikan kesehatan anda.
Tahu termasuk makanan yang rendah kalori, lemak, dan karbohidrat. Di dalam 100 gram tahu hanya terdapat sekitar 70 kalori, 2 gram karbohidat, dan 4 gram lemak. Tahu mengandung banyak nutrisi, di antaranya ada protein termasuk asam amino esensial, juga berbagai vitamin dan mineral seperti mangan, kalsium, selenium, fosfor, magnesium, zat besi, seng, dan tembaga. Itulah kenapa, sayang sekali jika Anda tidak menyukai tahu dan menyia-nyiakan manfaat tahu bagi kesehatan tubuh.

Tips Singkat Cara Membuat Tahu Skala Rumahan

Bahan Yang Diperlukan
  • 1 kg kacang kedelai yang sudah direndam semalaman
  • 100 ml cuka makan
  • Air
Alat Yang Diperlukan
  • Blender
  • Panci besar
  • Serbet makan
  • Saringan
  • Cara Membuat Tahu
Kacang kedelai yang sudah direndam semalaman, dipacah dengan cara diremas-remas.


Kacang kedelai yang sudah dipecah (sumber foto: https://ift.tt/33osKYw)

Kedelai dan air secukupnya diblender sampai lembut dan halus


Kedelai diblender sampai halus dan lembut (foto: https://ift.tt/33osKYw)

Tambahkan air hingga volume susu kedelai 10 l. Masak di atas kompor. Sediakan wadah untuk air dingin. Saat mulai panas, susu kedelai akan berbusa. Segera siram susu kedelai dengan air dingin dan suhu kompor diturunkan. Setiap busa mulai naik, segera siram dengan air dingin. Rebus terus susu kedelai hingga busa habis. Biarkan susu kedelai tanpa busa mendidih dengan api sedang, selama 20 menit.


Rebus susu kedelai dan sediakan air dingin untuk menyiram busa yang terbentuk

Setelah susu kedelai agak dingin, saring menggunakan saringan yang di atasnya di lapisi serbet makan. Peras ampas kedelai hingga susu keluar semua. Ampas susu kedelai ini, namanya OKARA. Jika suka okara ini bisa di olah menjadi perkedel, kue, kroket dll.
Susu kedelai direbus kembali hingga panas tetapi belum mendidih


Susu kedelai yang sudah disaring ampasnya

Angkat susu kedelai dari kompor. Masukkan 100 ml cuka makan, aduk sebentar. Diamkan susu kedelai selama 30 menit. Susu kedelai akan terpisah menjadi calon tahu dan air.


Susu kedelai yang sudah ditambah cuka akan terbentuk massa tahu

Saring massa tahu dengan serbet makan hingga air keluar. Serbet ditata rapi kemudian ditindih dengan pemberat, diamkan 15-20 menit hingga semua air keluar.


Massa tahu disaring dengan serbet makan

Tahu sudah jadi dan siap diolah selanjutnya untuk teman makan nasi. Selamat mencoba membuat tahu sendiri, insyaallah bisa dilakukan sendiri di rumah.
Cara Sehat Mengolah Tahu
Bahan-bahan yang dibutuhkan:
  • 400 gram tahu padat
  • 2 sdm gula
  • 1 sdt minyak wijen
  • 6 sdm kecap asin
  • 2 sdt biji wijen
  • 1 sdt bawang putih cincang
  • (kurang lebih) 10 sdm perasan apel
  • 1 sdt jahe cincang
Cara membuatnya:
  • Potong tahu berbentuk kotak, dengan ukuran sesuai selera.
  • Untuk membuat saus teriyaki, campur kecap asin, gula, minyak wijen, biji wijen, bawang putih, perasan apel, dan jahe cincang di dalam mangkuk. Tuangkan campuran tersebut ke dalam loyang dengan ukuran sekitar 23x23 cm.
  • Susun tahu di atas saus teriyaki. Balik beberapa kali agar saus merata dengan baik. Kemudian panggang dengan menggunakan oven selama sekitar 15 menit. Lalu balik tahu satu per satu, panggang kembali selama sekitar 10 menit.

Langkah-langkah Pembuatan Tahu Secara Tradisional

Secara umum tahu yang dijual di pasaran masih banyak yang dibuat dengan cara tradisional. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat tahu terdiri dari kacang kedelai, garam, air bersih dan air biang tahu.

Biang tahu merupakan air sisa pembuatan tahu yang sudah berumur 1-2 hari. Untuk pembuatan pertama, penggumpal yang digunakan adalah asam cuka (asam asetat) pekat sekitar 98-99%.

Pertama-tama kedelai di timbang dan dicuci hingga bersih. Setelah itu kacang kedelai di masukkan ke dalam alat khusus untuk memisahkan kulit dan kacangnya.

Kedelai direndam dalam air bersih dengan tujuan agar kedelai mengembang dan ​lebih mudah untuk digiling. Perendaman dilakukan sekitar 4-10 jam. Saat ​digiling ditambahkan ​sedikit air hingga menghasilkan tekstur yang halus seperti bubur.

Kedelai yang sudah halus dimasak dalam tungku besar hingga mendidih. Selama proses pemasakan perlu ditambahkan air dan diaduk agar tidak terjadi buih.

Adonan yang sudah matang kemudian disaring dengan kain saring tahu dan diperas. Cara ini akan menghasilkan ampas tahu. Tahu yang sudah disaring ini berbentuk seperti sari kedelai dan ditambahkan larutan pengendap (air biang) sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan.

Setelah proses penggumpalan, air asam dibuang dan adonan tahu bisa dicetak. Proses pencetakan dilakukan menggunakan kain saringan tahu dan dipress agar tahu padat.

Untuk menghasilkan warna yang kuning seperti tahu Bandung, proses pembuatannya direbus dengan menggunakan air rebusan kunyit yang ditumbuk.

Ampas tahu mengandung protein dan juga serta yang tak kalah bergizi dengan sari kedelai. Untuk itu, kini banyak yang memanfaatkan ampas tahu menjadi olahan kerupuk yang renyah gurih. Atau diolah menjadi oncom merah.​

Macam-macam Jenis Tahu dan Cara Mengolahnya

TAHU PUTIH

Tahu jenis ini teksturnya padat dengan pori-pori agak besar. Di pasaran dapat dijumpai dalam beragam bentuk dan ukuran. Tahu putih cocok diolah untuk lauk, hidangan berkuah (sup, sayur kuah), aneka tumis, adonan isian dan goring. Selain itu juga cocok dijadikan campuran kud pan seperti kroket, perkedel, nugget dan lain-lain.Tapi ingat karena tahu putih mudah hancur, sebaiknya tambahkan sedikit tepung teigu atau telur saat mengolahnya. Dengan begitu teksturnya akan tetap kokoh. Jangan menyimpan tahu putih terlalu lama. Tahu putih hanya bisa bertahan selama 2 hari. Lebih dari itu akan terjadi perubahan aroma dan tekstur. Pengukusan dan penyimpanan dalam almari pendingin hanya mengawetkan 1 hari.



TAHU KUNING

Tahu ini dikenal dengan nama tahu takwa atau tahu Kediri, karena sentra pembuatan tahu ini banyak dijumpai di Kediri. Teksturnya sangat padat, kenyal, berpori halus dan lembut. Karena lebih padat daripada tahu putih, tahu ini tidak mudah hancur. Anda pun lebih mudah mengolahnya. Tahu kuning bisa dimanfaatkan untuk tumisan, isi sup atau digoreng. Kalau digoreng, bagian luar kering renyah, namun tetap lembut di bagian dalamnya. Tahu kuning Kediri berbenttuk kotak segi empat dan agak pipih. Warna kuningnya menggunakan pewarna alami yang berasal dari kunyit. Prosenya, tahu dibentuk dahulu baru kemudian direbus dalam larutan kunyit dan garam. Sehingga tapa diolah pun tahu sudah bisa dimakan, karena perebusan membuat tahu matang. Selain itu larutan kunyit dan garam membuat rasanya gurih dan tidak masam.



TAHU PONG

Teksturnya padat dengan pori-pori besar. Ciri khasnya ketika digoreng kering, maka bagian dalamnya akan membentuk rongga, kulitnya akan kecokelatan dan renyah. Tahu pong lebih umum disajikan untuk camilan dan campuran masakan berkuah.



TAHU SUSU

Tahu susu diperoleh dari proses curding (menggumpalkan) susu dengan rennet atau asam, seperti lemon juice atau cuka, kemudian menghilangkan bagian cairnya. Nah, bagian susu yang telah menggumpal tersebut kemudian dipadatkan hingga membentuk batangan tahu. Tampilan tahu susu mirip dengan tahu air, tetapi lebih padat dan gurih rasanya. Pembuatan tahu susu adalah salah satu upaya memanfaatkan susu yang kualitasnya rendah. Tahu susu cocok untuk olahan panggang seperti steak, digoreng, untuk campuran isi paid an topping pizza.

TAHU SUTERA ATAU TOFU

Disebut tahu sutera karena teksturnya sangat halus. Pada umumnya tofu berwar na putih. Di pasaran dijual dalam keadaan segar dan dikemas dengan plastik kedap udara. Tofu ada yang berbentuk silinder dan segi empat. Tofu yang ditambah dengan telur dikenal dengan nama egg tofu, warnanya lebih kuning. Sedangkan tofu dengan tambahan udang namanya shrimp tofu. Memilih tofu lebih mudah karena dalam kemasannya telah tercantum tanggal kadaluarsanya. Tekstur tofu yang sangat lembut dan rapuh membutuhkan trik khusus saat mengolahnya. Jika anda ingin menggoreng, potonglah dengan pisau tajam sesuai ukuran yang dikehendaki. Lalu lumuri dengan tepung maizena dan goring dalam minyak hingga tofu terendam. Gunakan api sedang saat menggoreng, dan jangan sering membolak-balik agar tidak hancur. Jika anda ingin menambahkan dalam sup atau membuat sup tofu. Masukkan tofu sesaat sebelum sup di angkat dari atas api dan jangan mengaduknya. Simpan tofu dalam lemari es hingga tanggal kadaluarsanya . Jika tofu yang anda beli tidak dalam kemasan kedap udara, maka rendam tofu dengan sedikit air lalu simpan dalam lemari pendingin. Sebelum digunakan jangan lupa meniriskan airnya terlebih dahulu.



TAHU AIR

Warnanya putih seperti tahu putih, tetapi teksturnya lebih lembut dan lunak karena terbuat dari gumpalan susu kedelai yang dipadatkan. Tahu air cocok diolah untuk sapo, mapo dan beragam sajian berbumbu sechuan. Anda juga bisa memotongnya dalam lalu ukuran kecil (3×3 cm) lalu menggorengnya untuk camilan santai sore hari. Rasanya gurih dan lembut, cocok dicocol dengan sambal atau saus siap saji.

TAHU KULIT

Jenis tahu kulit paling popular adalah tahu Sumedang. Kulitnya berwarna kecokelatan dengan rongga bagian dalam yang akan tampak jika tahu digoreng. Tahu Sumedang termasuk tahu siap santap, jadi tak perlu mengolahnya lagi. Cukup menggoreng, dan menyajikan saus sebagai pendampingnya.

Demikian beberapa manfaat dari Tahu, Jenis-jenis Tahu dan cara sederhana membuat tahu skala rumahan yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Sumber: www.detik.com, https://ift.tt/33osKYw , www. alodokter.com, https://ift.tt/2OKXRcJ dan sumber lainnya

Title :Macam-macam Tahu, Kandungan Nutrisi, Manfaat Dan Cara Membuatnya
Link :Macam-macam Tahu, Kandungan Nutrisi, Manfaat Dan Cara Membuatnya

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Macam-macam Tahu, Kandungan Nutrisi, Manfaat Dan Cara Membuatnya :