Macam-macam Jenis Makanan Sumber Karbohidrat Yang Bagus Untuk Diet

Baca Juga:







Karbohidrat merupakan zat gizi utama yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Tubuh kita memperoleh energi untuk beraktivitas dengan cara membakar karbohidrat yang kita dapatkan dari makanan. Namun, jika Anda sedang diet, pilihlah sumber karbohidrat yang tepat. Hal ini akan membantu Anda dalam menurunkan berat badan.

Karbohidrat adalah gula, pati dan serat yang ditemukan pada buah-buahan, biji-bijian, sayuran dan produk susu. American Diabetes Association mencatat bahwa karbohidrat adalah sumber energi utama tubuh. Mereka disebut karbohidrat karena, pada tingkat kimia, mereka mengandung karbon, hidrogen dan oksigen.

Asupan karbohidrat sangat berpengaruh pada diet Anda. Jika Anda memilih sumber karbohidrat yang tepat, diet Anda akan berjalan lebih lancar. Saat sedang diet atau ingin menurunkan berat badan, lebih tepat untuk memilih sumber karbohidrat yang mengandung serat tinggi.

Karbohidrat dengan serat tinggi atau juga biasa disebut dengan karbohidrat kompleks dapat bertahan dalam tubuh lebih lama karena mereka lebih sulit untuk dicerna tubuh. Sehingga, dengan memakan karbohidrat jenis ini, Anda akan merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, asupan makan Anda juga bisa lebih sedikit.

Serat dalam karbohidrat juga dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol karena serat dapat mengikat kolesterol darah dan akan dibuang bersama feses. Sedangkan, dalam perannya dalam membantu menurunkan berat badan, serat terbukti dapat melancarkan sistem pencernaan. Hal ini juga membantu Anda terhindar dari sembelit, hemoroid, radang usus buntu (apendisitis), dan divertikulosis.

Karbohidrat dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu sederhana dan kompleks. Kedua jenis karbohidrat ini memiliki perbedaan dalam struktur kimiawinya. Secara umum, karbohidrat sederhana hanya mengandung gula dasar yang mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Sementara, karbohidrat kompleks memiliki rantai gula yang lebih panjang. Sehingga membutuhkan waktu cukup lama untuk mencerna dan menyerap karbohidrat jenis ini. Sumber karbohidrat alami mudah ditemukan, yaitu dalam bentuk padi-padian, biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran, dan susu.


Jenis-jenis Karbohidrat

Ada tiga makronutrien, yaitu nutrisi yang sama-sama terdapat pada sebagian makanan yang kita konsumsi. Salah satu dari ketiga makronutrien adalah karbohidrat. Dua makronutrien lainnya adalah lemak dan protein.

Karbohidrat sendiri terdiri tiga jenis, yaitu:

Pati
Pati adalah karbohidrat yang terdapat pada makanan yang berasal dari tanaman. Contohnya, biji-bijian, sayuran, dan kacang-kacangan. Makanan bertepung, seperti pasta dan roti, juga termasuk pati.
Serat
Serat juga terdapat pada makanan yang berasal dari tanaman. Roti gandum, kacang-kacangan, dan sebagian sayuran yang dimakan bersama kulitnya adalah sumber serat yang baik.

Gula
Tidak semua karbohidrat adalah gula, tetapi semua gula adalah karbohidrat. Gula bisa didapat secara alami dari berbagai macam makanan. Gula yang terdapat pada buah disebut fruktosa, gula pada susu disebut laktosa, dan gula pasir disebut sukrosa. Pada proses pembuatan kue, cokelat, dan permen, biasanya ditambahkan sukrosa sebagai pemanis.
Makanan sumber karbohidrat dengan serat tinggi

Berikut ini merupakan makanan sumber karbohidrat dengan serat tinggi yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Kentang

Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang sudah sering kita ketahui. Mungkin Anda sering memakan kentang sebagai lauk, tetapi sebenarnya kentang bisa dijadikan makanan utama Anda. Bagi Anda yang sedang diet, mungkin Anda bisa mengganti nasi Anda dengan kentang. Kentang memiliki kandungan pati resisten (pati yang tidak dapat tercerna), sehingga bisa membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Lebih baik lagi jika Anda memakan kentang bersama dengan kulitnya, karena di dalam kulit kentang terkandung banyak serat yang bermanfaat untuk Anda. Selain itu, kentang juga kaya akan vitamin C dan kalium.

Kentang (Solanum tuberosum L.) adalah tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang yang dapat dimakan dan disebut "kentang" pula. Umbi kentang sekarang telah menjadi salah satu makanan pokok penting di Eropa walaupun pada awalnya didatangkan dari Amerika Selatan.

Namun, jangan menggoreng kentang karena ini akan menambah asupan lemak Anda, yang justru dapat menyumbang kenaikan berat badan, sehingga menggagalkan diet Anda. Cara terbaik masak kentang adalah dikukus atau direbus.
Kandungan Gizi Kentang

Berikut ini adalah vitamin dan mineral yang terkandung pada setiap 100 gram kentang.

Jenis Nutrisi / Gizi  Kandungan  AKG%
Kalori  87kcal
Karbohidrat  20,1g 
Air  77%
Protein  1,9g
Gula  0,9g
Serat  1,8g
Lemak  0,1g
Vitamin A 0µg  0%
Vitamin C  13mg  14%
Vitamin D  0µg
Vitamin E  2,1mg  0%
Vitamin K 13,2µg 2%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,11mg 9%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,02mg 4%
Vitamin B3 (Niacin) 1,44mg  9%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,52mg  10%
Vitamin B6 (Pyridoxine) 0,3mg 23%
Vitamin B9 (Folat) 10µg 3%
Vitamin B12 0µg
Cholin 13,5mg 2%
Kalsium 5mg 1%
Zat Besi 0,31mg 4%
Magnesium 22mg 6%
Fosfor 44mg 6%
Potassium (Kalium) 379mg 8%
Sodium 4mg 0%
Seng (Zinc) 0,3mg 3%
Tembaga (Copper) 0,19mg 21%
Manganese 0,14mg 6%
Selenium 0,3µg

Kentang atau nama latinya Solanum tuberosum L. merupakan salah satu tanaman pangan terpenting ketiga yang ada di dunia setelah beras dan gandum untuk dikonsumsi manusia. Kentang berasal dari daerah dataran tinggi Andes, Amerika Selatan.


International Potato Centre (CIP) menyebutkan bahwa daerah tersebut merupakan pusat konservasi keanekaragaman hayati kentang. Tanaman kentang dapat dibudidayakan di beberapa negara beriklim sedang, tropis dan subtropis . Di Indonesia, kentang dibudidayakan oleh petani di daerah dataran tinggi antara 800-1800 m.

Kentang merupakan tanaman umbi-umbian dan tergolong tanaman berumur pendek. Tumbuhnya bersifat menyemak dan menjalar dan memiliki batang berbentuk segi empat. Batang dan daunnya berwarna hijau kemerahan atau berwarna ungu.

Umbinya berawal dari cabang samping yang masuk ke dalam tanah, yang berfungsi sebagai tempat menyimpan karbohidrat sehingga bentuknya membengkak.

Beras merah

Seperti kentang, beras merah juga mengandung serat yang tinggi, lebih tinggi dibandingkan dengan beras putih. Jika Anda tidak bisa lepas dari nasi, mungkin Anda bisa mencoba nasi merah saat sedang diet. Nasi merah bisa membuat diet Anda lebih berhasil.

Beras merah adalah jenis beras yang dihasilkan dari padi dipanen dan kemudian dikeringkan untuk menghilangkan kadar airnya sampai mencapai minimal 14 % dan diproses pecah kulit saja atau masih tersisa kulit arinya. Beras merah memiliki rasa yang unik dan bergizi tinggi. Beras merah di lapangan kadang diartikan seperti gulma karena tumbuh berbeda diantara di pertanaman padi biasa pada umumnya.

Beras merah unggul mempunyai rasa yang komplek dan tekstur yang lembut serta warna merah yang indah. Beras merah juga tidak mengadung gluten dan membuatnya menjadi pengganti yang sangat baik untuk beras putih.

Selain untuk yang ingin menurunkan berat badan, nasi merah juga bisa menjadi makanan untuk para penderita diabetes. Kandungan serat yang tinggi dalam nasi merah dapat membantu Anda mengontrol gula darah.

Beras merah adalah makanan pokok yang bermanfaat menjaga sistem pencernaan yang sehat. Serat yang ada di dalamnya membantu mengatur fungsi usus dan membuat Anda merasa kenyang. Sebuah studi komparatif yang meneliti efek dari nasi putih dan beras merah selama pencernaan lambung membuatnya secara kualitatif terbukti bahwa lapisan bekatul pada beras merah mencegah penyerapan asam dan kelembapan, menghasilkan retensi tekstur yang lebih baik. Kandungan serat juga membawa bantuan dari kondisi lain seperti sembelit dan kolitis.

Beras merah dianggap sebagai salah satu jenis beras yang paling bernutrisi, karena proses produksinya tanpa pembuangan kulit. Satu gelas beras merah mengandung 218 kalori, 4.5 gram protein, 1.8 gram lemak, 3.5 gram serat, dan 45.8 gram karbohidrat.

Sedangkan dengan porsi yang sama, beras putih mengandung 242 kalori, 4.4 gram protein, 0.4 gram lemak, 53.2 gram karbohidrat, dan 0.6 gram serat. Beras merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dengan kalori yang lebih rendah jika dibandingkan dengan beras putih.

Beras merah merupakan sumber thiamine, niacin, dan vitamin B6 yang baik. Pada satu porsi beras merah mengandung 0.2 mg thiamine, 2.6 mg niacin, dan 0.3 mg vitamin B6.

Beberapa beras putih yang dijual di pasaran kini menambahkan vitamin B yang umumnya hilang pada masa pengolahan. Vitamin B ini penting untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Setiap porsi beras merah dapat memberikan kandungan 86 mg magnesium (22% dari anjuran asupan harian) dan 150 mg fosfor (15% dari anjuran asupan harian).

Sedangkan beras putih ‘hanya’ menyumbang 24 mg magnesium dan 69 mg fosfor. Magnesium penting untuk menjaga fungsi imunitas, jantung, dan saraf.

Sementara fosfor dibutuhkan untuk menjaga kesehatan fungsi ginjal, tulang, dan gigi.

Berdasarkan jurnal yang dipublikasikan di International Journal of Food Science and Nutrition tahun 2006, mereka yang makan beras merah memiliki kadar gula darah yang lebih rendah setelah makan jika dibandingkan dengan beras putih.

Mengapa? Hal tersebut dikarenakan indeks glikemik beras merah lebih rendah (55) jika dibandingkan dengan beras putih (86). Hal ini dikarenakan oleh kandungan serat, polifenol dan phytic acid yang lebih tinggi pada beras merah.

Indeks glikemik adalah kemampuan suatu makanan untuk meningkatkan kadar gula di dalam darah. Indeks glikemik yang rendah mengindikasikan makanan tersebut lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Dengan mengganti konsumsi nasi putih Anda dengan nasi merah, menurut penelitian yang diterbitkan di Archives of Internal Medicine tahun 2011, risiko diabetes Anda dapat menurun.

Pasta gandum

Pasta gandum mengandung lebih banyak serat daripada pasta putih. Kandungan seratnya bisa mencapai dua sampai tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan pasta putih. Jadi, jika Anda sedang menurunkan berat badan, lebih baik untuk memilih pasta gandum daripada pasta putih. Kandungan serat yang lebih banyak dalam pasta gandum dapat membantu Anda kenyang lebih lama, sehingga Anda bisa makan lebih sedikit.

Pasta gandum merupakan salah satu bahan makanan yang terbuat dari biji-bijian dan baik untuk asupan diet. Pasta gandum mempunyai serat yang cukup tinggi, sehingga jika Anda makan sedikit saja sudah kenyang. Tapi, jika salah menu atau resep, bisa-bisa akan menghancurkan program diet yang Anda jalankan.

Sebetulnya pasta berbahan gandum bukanlah makanan yang paling baik untuk mendapatkan kalori yang minimal. Tapi bukan berarti tidak bisa menggunakan pasta gandum untuk menu diet Anda sehari-hari. Pasta yang terbuat dari gandum biasanya mengandung karbohidrat kompleks, serat, dan nutrisi lainnya.

Karena kandungan seratnya, pasta gandum akan membuat perut jadi kenyang lebih lama. Hal itu disebabkan oleh kandungan serat di dalam pasta gandum yang dicerna lambat oleh pencernaan. Selain baik untuk mendukung progam penurunan berat badan, pasta berbahan gandum ini juga bisa menyeimbangkan kadar kolesterol tubuh dan dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker tertentu.

Roti gandum

Sama seperti pasta gandum, roti gandum juga mengandung serat yang lebih tinggi daripada roti putih. Sehingga roti gandum lebih bisa direkomendasikan untuk Anda yang sedang dalam program penurunan berat badan. Roti gandum mengandung serat mencapai 7 gram, sedangkan roti putih hanya mengandung serat sebanyak 2,7 gram (keduanya dalam 100 gram roti).
Roti Gandum Kaya Serat dan Nutrisi

Biji gandum utuh memiliki tiga lapisan secara lengkap, yaitu dedak, endosperma, dan benih. Roti tawar putih yang paling banyak ditemukan di Indonesia, membuang bagian dedak dan benih, sehingga nutrisi penting yang terkandung di dalamnya pun ikut hilang. Roti tawar putih terbuat dari tepung gandum putih, yaitu biji gandum yang hanya diambil bagian endosperma-nya dan diberi pemutih.

Selain sebagai sumber karbohidrat yang cocok untuk sarapan, roti gandum yang terbuat dari biji gandum utuh juga mengandung lebih banyak serat dibanding roti tawar putih. Roti jenis ini diketahui memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh, seperti protein, antioksidan, mineral termasuk zat besi, magnesium, kalsium, fosfor, kalium, sodium, dan zinc, serta vitamin B, folat, vitamin E, dan vitamin K.

Selain itu, roti gandum utuh juga sangat baik untuk kesehatan karena rendah lemak dan bebas kolesterol. Roti gandum juga dilengkapi dengan senyawa alami yang diduga dapat melawan perkembangan sel-sel kanker.

Rutin mengonsumsi roti gandum mampu meningkatkan kesehatan pencernaan, yaitu dengan membantu melancarkan gerakan usus dan merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam usus, sehingga buang air besar menjadi lebih lancar. Selain itu, mengonsumsi roti jenis ini juga dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, obesitas, beberapa jenis kanker, dan penyakit jantung.

Oatmeal

Oatmeal juga bisa menjadi menu makanan Anda saat Anda sedang diet. Serat dalam oatmeal dapat membantu Anda kenyang lebih lama, membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan juga dapat mengontrol kadar gula darah Anda. Namun, biasanya Anda memakan oatmeal dengan ditemani oleh makanan lain. Nah, hati-hatilah, kadang makanan yang Anda tambahkan ke dalam oatmeal ini justru memiliki lebih banyak kalori dan gula dibandingkan oatmeal itu sendiri.

Oatmeal yang terbuat dari oat ini dianggap sebagai salah satu makanan sehat. Dalam oat terkandung lebih dari 50 nutrisi yang diperlukan tubuh, di antaranya karbohidrat, serat, lemak, protein, vitamin B1, B2, B3, B5, B9, kalsium, magnesium, folat, fosfor, mangan, kalium, dan zat besi. Vitamin dan mineral penting bagi tumbuh kembang Anda, juga untuk menjaga kesehatan tulang, jaringan tubuh, metabolisme, sistem kekebalan tubuh, serta berbagai proses lain yang terjadi dalam tubuh.

Karbohidrat di dalam oat sebagian besar berasal dari tepung halus atau pati. Kandungan seratnya pun adalah serat unik yang bernama beta-glucan. Serat inilah yang berperan menurunkan kadar kolesterol jahat, gula, dan insulin dalam darah. Selain kaya serat, vitamin dan mineral, oat juga mengandung antioksidan yang dipercaya mampu melindungi Anda dari risiko penyakit jantung.

Quinoa

Mungkin Anda jarang mendengar makanan ini. Namun, quinoa ternyata menyimpan manfaat yang kaya. Quinoa mengandung serat tinggi, selain itu juga mengandung protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan biji-bijian lain. Quinoa bisa menjadi pengganti sumber karbohidrat bagi Anda yang sedang dalam penurunan berat badan.

Quinoa adalah biji-bijian yang berasal dari tanaman Chenopodium quinoa. Tanaman ini sudah ada sejak kurang lebih 5000 tahun yang lalu. Tanaman ini adalah tanaman asli daerah region Andean Peru, Ekuador, Bolivia, dan Kolombia. Saat ini negara penghasil utama quinoa di dunia adalah Peru, Bolivia, dan Amerika Serikat (Colorado dan Nevada). Kultivasi quinoa juga sudah mulai banyak dikembangkan di negara lain seperti Belanda, Italia, Inggris, Swedia, Denmark, Prancis, Kenya, daerah Himalaya, dan utara India. Ada beberapa tipe quinoa, ada yang berwarna putih/gading, merah/ungu, atau cokelat/hitam. Quinoa yang beredar di Indonesia biasanya quinoa putih dan merah.
Apa saja kandungan gizi di dalam quinoa?

Quinoa tinggi akan protein, kandungan lemak tak jenuh, kaya serat, dan mengandung berbagai mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Protein dalam quinoa lebih tinggi bila dibandingkan dengan produk biji lain. Tetapi keunggulan quinoa lebih pada kualitas kandungan proteinnya. Protein dibentuk dari asam amino. Delapan asam amino esensial yang dinilai sangat penting bagi anak-anak dan orang dewasa yaitu isoleucin, leucine, lysine, methionine, phenylalanin, threonine, tryptophan, dan valine terdapat dalam quinoa. Kandungan asam amino esensial lysine pada produk bijirin lainnya rendah. Kandungan asam amino esensial methionine dan cysteine pada sebagian besar kacang-kacangan juga rendah.

Setengah dari lemak yang terkandung dalam quinoa berupa asam lemak esensial omega 3 (linolenic) dan asam lemak esensial omega 6 (linoleic). Linolenic dan linoleic disebut asam lemak esensial karena tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh.

Kandungan serat dalam quinoa lebih tinggi dibanding dalam biji lain, tetapi lebih rendah bila dibandingkan dengan kandungan serat pada kacang-kacangan.

Quinoa banyak mengandung mineral seperti zat besi, copper, mangan, dan fosfor. Vitamin yang banyak terdapat dalam quinoa yaitu vitamin B (riboflavin, asam folat) dan vitamin E. Vitamin E bekerja sebagai anti oksidan.

Buah-buahan

Buah-buahan juga merupakan salah satu sumber karbohidrat yang bisa membantu Anda saat sedang diet. Buah-buahan mengandung gula alami yang akan diubah menjadi energi oleh tubuh. Pilihlah buah-buahan yang kaya serat sehingga Anda bisa kenyang lebih lama, seperti raspberry, pir, apel, dan pisang. Selain serat, buah-buahan juga banyak mengandung vitamin dan mineral penting, seperti vitamin C dan kalium. Anda bisa mencampurkan buah-buahan ini ke dalam yogurt atau oatmeal Anda, atau bisa juga dijadikan salad.

Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi pada saat kita melakukan diet. Hal ini dikarenakan pisang memiliki kandungan serat dan potasium yang sangat tinggi. Serat dan potasium inilah yang dapat menimbulkan efek kenyang yang lebih lama ketika dikonsumsi.

Mengkonsumsi pisang saat diet akan membantu Fruitaholic merasa kenyang lebih lama, karena serat akan lebih lama dicerna dan berada pada sistem pencernaan kita lebih lama, jadi rasa kenyang juga akan bertahan lama. Perut yang selalu merasa kenyang akan mengurangi nafsu makan, sehingga berat badan kita akan kembali ideal.

Apel

Apel disebut sebagai buah yang kaya gizi, baik untuk menjaga kesehatan sekaligus melancarkan program diet. Apel kaya akan mineral, vitamin, serat, kalori dan zat baik lainnya.

Serat pada apel dapat mengikat molekul lemak dalam tubuh untuk dikeluarkan. Kandungan serat juga membuat perut kenyang lebih lama.

Tak hanya itu, apel mengandung senyawa flavanoid yang mampu mencegah kerusakan sel dalam tubuh, meluruhkan lemak serta berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Senyawa flavanoid ini bermanfaat menurunkan berat badan secara alami setiap harinya.

Bagaimana aturan dan tata cara diet apel?

Hari Pertama

Anda harus makan sekitar 1,5 kg apel termasuk sarapan, makan siang, dan makan malam.

Dengan mengonsumsi apel kita bisa mengurangi lemak tubuh dalam waktu yang cukup dan membakar kalori.

Hari Kedua

Kita dapat memadukan apel dengan wortel dan buah bit yang diolah menjadi salad saat makan siang dan sore.

Jangan lupa untuk menambahkan minyak zaitun ke dalamnya.

Pasalnya, minyak zaitun mengandung lemak baik yang membantu mengendalikan berat badan serta meningkatkan tingkat metabolism tubuh, yang meningkatkan pembakaran lemak.

Hari Ketiga

Nah, di hari ketiga kita bisa menyantap 1 apel dengan 1 roti multigrain, dan rebus telur saat sarapan.

Kemudian, pada siang hari makan sebuah apel dengan secangkir yogurth.

Pada makan malam, kita bisa menyantap 1 buah apel dengan wortel, dan brokoli yang jadikan salad.

Hari Keempat

Makanlah 1 apel dan smoothie pisang untuk sarapan pagi.

Sementara itu, untuk makan siang kita sebaiknya menyantap apel dengan campuran sayuran.

Nah, setelah makan siang, kita bisa minum jus jeruk.

Kemudian, kita bisa makan 1 apel, buah bit serta sup seledri untuk makan malam.

Dengan makanan sehat tersebut, zat racun di dalam tubuh pun akan pergi dan berat badan juga akan berkurang.

Hari Kelima

Pada hari kelima, makanlah 1 apel dan rebuslah 1 buah telur untuk memulai hari.

Kemudian siapkan 1 apel dan sayuran untuk menu makan siang.

Setelah makan siang, ambil 2 kacang almond.

Ambil 1 cangkir teh hijau dan 1 biskuit untuk camilan di sore hari.

Sementara itu, untuk makan malam, makanlah 1 apel dan ikan.

Hal tersebut baik untuk membuat metabolisme tubuh tetap aktif dan juga membakar kalori tubuh.

Pir

Pir segar merupakan buah manis yang sangat rendah kalori dan tinggi serat. Pir juga mengandung antioksidan dan flavanoid.

Kandungan inilah yang dianggap bisa mencegah penyimpanan lemak pada perut yang akan berhubungan dengan penurunan berat badan. Fakta ini teruji dalam sebuah penelitian yang dilakukan selama 14 tahun.

Buah pir juga terdiri dari nutrisi yang menyehatkan, seperti vitamin D, B12, K, E, C, K, A, dan B. Ada juga kandungan mineral yang bagus buat kesehatan.

Dalam 100 gram pir mengandung 3,1 gram serat. Mengonsumsi buah ini secara teratur akan memberikan kesehatan pada usus Anda dan mencegah kanker. Kandungan serat non-soluble polysaccharide (NSP) pada pir bisa berfungsi baik sebagai 'pencuci perut'.

Serat pada pir akan mengikat racun penyebab kanker dan juga mengikat bahan kimia pada usus besar. Serat ini juga akan melindungi selaput lendir dari bahan-bahan yang berbahaya.

Title :Macam-macam Jenis Makanan Sumber Karbohidrat Yang Bagus Untuk Diet
Link :Macam-macam Jenis Makanan Sumber Karbohidrat Yang Bagus Untuk Diet

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Macam-macam Jenis Makanan Sumber Karbohidrat Yang Bagus Untuk Diet :