Cara Mudah Mengatasi Ayam Yang Terlambat Bertelur, Ketahui Penyebabnya!

Baca Juga:


Beternak ayam petelur memang menguntungkan jika  semua berjalan sesuai yang diharapkan. Jika saat masanya bertelur ayam tepat waktu maka pakan yang diberikan akan lebih efisien dan ekonomis. Akan tetapi jika ayam sampai terlambat bertelur maka biaya pakan yang dikeluarkan akan semakin tinggi karena produksi telur yang terlambat membuat pendapatan dari telur juga terlambat sementara ayam tetap butuh makan meski tidak bertelur. Mengapa ayam bisa terlambat bertelur? Bagaimana cara mengatasi ayam yang terlambat bertelur?

Berikut beberapa faktor penyebab ayam terlambat bertelur dan cara mengatasinya antara lain :

1. Terlambat dewasa kelamin alias saluran reproduksinya belum berkembang dengan sempurna
    Cara mengatasinya adalah Beri kesempatan agar saluran reproduksinya berkembang dengan baik saat “masa perkembangannya” tersebut. Yaitu rentang waktu antara umur 13 sampai 17 minggu
2. Nutrisi pakan dan air minum
    Pada masa pullet dan saat melewati masa kritis, pemberian pakan dan air minum dianjurkan memenuhi standar breeder baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Nutrisi yang diperlukan ayam petelur sangat beragam, mulai dari protein, asam amino tertentu (methionine dan lysine), energi, lemak, dan multivitamin. Tidak terpenuhinya kebutuhan dari salah satu nutrisi tersebut akan mengurangi bobot telur dan menyebabkan tidak optimalnya puncak produksi.
3. Pencahayaan (lighting)
    Faktor pencahayaan merupakan hal penting dalam pemeliharaan ayam petelur, karena pencahayaan akan berhubungan erat dengan pencapaian bobot dan ukuran telur, serta kematangan organ reproduksi. Secara umum, ayam yang mengalami kematangan seksual terlalu dini (belum cukup umur) akan memproduksi telur berukuran kecil. Sebaliknya ketika kematangan organ reproduksi terlambat akan berakibat produksi telur mundur dan ukuran telur besar (abnormal). Kurangnya pencahayaan juga akan berakibat pada terlambatnya perkembangan organ reproduksi sehingga ayam akan mengalami keterlambatan bertelur, bahkan terlambat mencapai puncak produksi.
STRATEGI UNTUK MENCAPAI PUNCAK PRODUKSI OPTIMAL
Tercapainya puncak produksi telur dipengaruhi oleh berbagai faktor. Selain faktor genetik, terdapat 3 faktor penting lainnya yang ikut andil, yaitu nutrisi, manajemen pemeliharaan, dan lingkungan. Berikut adalah rumus potensi jika keempat faktor tersebut saling dihubungkan:
P = (G + N + E) x M
Keterangan:
P : potensi/produktivitas ayam
G : genetik
N : nutrisi
E : environment/lingkungan
M : manajemen
Sumber dokterunggas.com

Title :Cara Mudah Mengatasi Ayam Yang Terlambat Bertelur, Ketahui Penyebabnya!
Link :Cara Mudah Mengatasi Ayam Yang Terlambat Bertelur, Ketahui Penyebabnya!

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Cara Mudah Mengatasi Ayam Yang Terlambat Bertelur, Ketahui Penyebabnya! :