Bau Amis Pada Ikan Dapat Dihilangkan Dengan Mudah, Simak Caranya !

Baca Juga:


Penjelasan Ilmiah Penyebab Utama Mengapa Ikan Berbau Amis Dan Bagaiman Mengatasinya


Ternyata ikan air laut terbukti lebih amis jika dibandingkan dengan ikan air tawar, mengapa bisa terjadi demikian? Daging ikan adalah jenis daging yang berasal dari hewan air, bisa air tawar maupun air laut. Daging ikan ini sudah lama diolah menjadi makanan lezat dengan citarasanya yang khas. Bahkan sebagian banyak juga yang dimakan mentah seperti fillet ikan salmon yang menjadi makanan daging ikan mentah favorit terutama di negara Jepang.

Daging ikan salmon yang dikonsumsi mentah dipercaya memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia, untuk stamina dan kesehatan karena kandungan nutrisi dalam daging salmon yang tergolong sangat lengkap seperti omega 3 dan lain-lain. Dengan dikonsumsi secara mentah, diharapkan kandungan nutrisi dalam daging salmon tidak berkurang baik secara kualitas maupun jumlahnya jika dibandingkan dengan daging salmon yang dimasak terlebih dahulu.

Penyebab bau amis pada ikan disebabkan oleh dekomposisi kandungan amonia (senyawa belerang dan bahan kimia hasil penguraian asam amino). Otot ikan mengandung zat trimetillamin oksida atau TMAO, terurai menjadi trimetilamina dan dimetilamina. Kedua campuran senyawa inilah yang menimbulkan bau amis pada ikan. Hidung manusia dirancang peka terhadap bau kimia, dan senyawa tersebut sudah mengurai sejak ikan telah mati walaupun masih segar, jadi jika dibiarkan semakin lama akan menyengat.

Satu-satunya ikan yang sudah berbau amis bahkan sebelum mati adalah ikan cod yang hidup di air dingin. Keberadaan trimethylamine (TMA) juga digunakan sebagai indikator seberapa segar ikan. Sebab, ikan yang masih segar dan baru tertangkap tidak beraroma busuk, sementara saat ikan sudah beberapa jam mati bau amisnya muncul.
Pada dasarnya ikan itu memiliki sistem pencernaan yang begitu efektif dengan enzim yang dirancang untuk mencerna makanan yang mereka santap sebelumnya, sehingga ketika ikan tersebut diangkat dan diolah dengan kurang benar, enzim tersebut justru memicu dekomposi terhadap daging ikan dan muncul aroma amis ikan yang seringkali anda cium. Itulah sebabnya mengapa ikan seringkali diolah dengan mengeluarkan terlebih dahulu bagian dalam ikan yang menyimpan enzim tersebut. Selain dengan berbagai hal di atas, salahatu yang membuat ikan berbau amis adalah karena ikan sendiri memiliki kandungan lemak tak jenuh yang cukup besar jika dibandingkan dengan jenis-jenis daging lainnya. Dalam satu sisi, lemak tak jenuh ini sangatlah baik untuk dikonsumsi. Konsumsi lemak tak jenuh sendiri baik untuk kesehatan karena kandungan kolesterol yang rendah. Namun dengan segala kebaikannya, teryata lemak tak jenuh yang dimiliki ikan itu lebih mudah teroksidasi yang pada akhirnya akan menimbulkan bau tengik dan bau amis dari ikan yang hendak anda olah.
Masalah klasik yang cukup mengganggu saat akan mengolah daging ikan yaitu bau amis yang kadang susah hilang sehingga perlu cara-cara khusus untuk mengolah dagingikan agar rasa amisnya berkurang atau bahkan hilang sama sekali.

Berikut cara menghilangkan bau amis pada daging ikan:

  • Untuk mengolah ikan utuh, cara membersihkannya adalah sebagai berikut, potong kepalanya dan ambilah kotoran ikan yang ada pada bagian depan.
  • Belah dan ambil garis berwarna hitam pada bagian tersebut, hilangkan dan bersihkan bagian yang berwarna hitam-hitam tersebut.
  • Cuci bersih ikan dengan menggunakan air yang sudah dicampur dengan garam sampai kebagian sebelah dalam perut ikan.
  • Setelah bersih gunakan tisu dapur untuk mengeringkan ikan sampai benar-benar bersih
  • Siapkan pisau dapur dan cucilah pisau tersebut dengan air garam.
  • Taburi kedua sisi ikan dengan garam dan diamkan selama beberapa meneit (lebih kurang 10 menit). Tunggu sampai terlihat minyak ikan keluar dan serap atau isaplah dengan menggunakan tisu dapur, karena minyak ikan ini juga memegang peranan dalam menyebabkan bau amis pada ikan.
  • Selanjutnya ikan siap diolah jadi masakan apa saja dan tentunya tanpa rasa atau bau amis
Bilamana ikan tersebut telah sangat berbau, dan kita ingin mengurangi atau menghilangkan bau anyir ikan tersebut, maka dengan bantuan bahan bahan kimia, dapat membantu kita menguranginya. Kita dapat menggunakan jeruk lemon, cuka atau soda kue/”baking soda” untuk mengurangi bau campuran rombakan kedua senyawa amino tersebut. Senyawa amino bersifat basa, sedangkan cairan jeruk lemon bersifat asam, sehingga mencampurkan kedua senyawa tersebutkan akan dapat menetralkannya. Karena itulah, secara tradis cairan lemon digunakan untuk mengurangi dan menghilangkan bau anyir ikan.

Selain lemon, kita dapat menggunakan cuka dan soda kue untuk mengurangi bau amis/anyir pada ikan. Sedangkan mengurangi rasa anyir pada beberapa suku menggunakan combrang (sunda, batak), jahe, washabi (jepang), dan lainnya.

Sebenarnya ikan sendiri tidaklah memiliki bau amis ketika sedang berada di dalam air. setelah diangkat pun sebenarnya ikan dan binatang laut lainnya tidak memiliki bau amis yang seringkali tercium. Ketika daging ikan atau binatang laut tersebut masih segar dan beberapa saat diangkat dari air aroma amis tidak akan tercium. Aroma amis dari ikan dan binatang air tersebut akan mulai tercium setelah beberapa jam ikan tersebut berada di atas air dan bereaksi dengan udara di sekitarnya.

Pada dasarnya jika dibandingkan dengan daging-daging ada jenis binatang lainnya, maka ikan diketahui memiliki daging yang mudah busuk. Kandungan protein yang berbeda dari ikan dengan daging-daging hean lainnya yang membuat dagingnya cepat membusuk dan mengeluarkan aroma kurang sedap yang diketahui merupakan aroma amis. Dengan kandungan protein yang berbeda dengan daging lainnya, reaksi dari enzim dan juga bakteri dari ikan tersebut jugalah yang turut mempercepat proses pembusukan daging serta memicu munculnya aroma amis pada ikan tersebut.

Demikian cara sederhana mengolah ikan agar bau amisnya hilang. Jadi terkadang untuk menghilangkan bau amis juga bisa diberikan jeruk nipis atau dengan sepotong jahe yang dimemarkan dan dimasukkan kedalam masakan. Semoga bermanfaat.

Title :Bau Amis Pada Ikan Dapat Dihilangkan Dengan Mudah, Simak Caranya !
Link :Bau Amis Pada Ikan Dapat Dihilangkan Dengan Mudah, Simak Caranya !

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait Bau Amis Pada Ikan Dapat Dihilangkan Dengan Mudah, Simak Caranya ! :