7 Manfaat Ilmu Biologi Dalam Kehidupan sehari - Hari

Baca Juga:



7 Manfaat Ilmu Biologi Dalam Kehidupan Sehari - Hari

Assalamu'alaikum... Wr... Wb...
Akhir - akhir ini,  berbagai riset dengan beragam penemuan membuat pamor Biologi semakin bersinar. Biologi tidak sekedar ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup. Berkat Biologi kualitas kehidupan manusia semakin meningkat. Berbagai manfaat Biologi telah dirasakan oleh umat manusia. Uraian mengenai mafaat Biologi di bawah ini membuktikan pentingnya Biologi untuk dipelajari.

8 Manfaat Pentingnya Belajar Biologi

1. Sebagai Ilmu Murni, Biologi mendasari ilmu - ilmu terapan lain, seperti ilmu pertanian untuk pengembangan bibit unggul dan rekayasa genetika.

2. Di Bidang Pertanian, penemuan gen - gen yang memiliki pewarisan sifat - sifat unggul membuka jalan untuk deversivasi budi daya tanaman pangan. Selain itu, pengendalian hama dan penyakit tanaman menggunakan musuh alami atau pengguanaan pastisida hayati merupakan aplikasi Biologi yang ramah lingkungan.

Baca Juga : 5 Manfaat Ilmu Kimia Dalam Kehidupan Sehari - Hari
3. Di Bidang Kesehatan, Biologi memberi pemahaman tentang struktur tubuh manusia, histologi ( Ilmu Jaringan ), anatomi ( Ilmu Letak Tubuh ), fisiologis ( Ilmu Tentang Faal Tubuh ), dan patologi ( Ilmu Tentang Kondisi Abnormal Tubuh ). Penemuan Antibiotik dari jamur penicillium dan berbagai vaksin merupakan salh satu fakta peranan Biologi dalam dunia kesehatan.

4. Di Bidang Kedokteran, Biologi menyumbang perang yang tidak sedikit. Transplantasi organ tubuh manusia ( Ginjal, Jantung, Mata, Dan Hati ), teknologi bayi tabung, serta penanganan penyakit - penyakit yang sebelumnya tidak bisa diatasi sperti kanker, AIDS, Autis, dan penyakit degeneratif seperti diabetes merupakan contoh nyata peran Biologi dalam kesehatan.

5. Di Bidang Farmasi ( Obat - Obatan ), Biologi mendukung di temukannya obat - obatan yang diperlukan manusia. Biologi membantu perkembangan dunia farmasi melalui berbagai riset tentang reaksi obat terhadap tubuh dan sediaan obat yang tepat untuk suatu penyakit.

6. Di Bidang Industri, Biologi turut berperan Dalam pengadaan obat - obatan yang di perlukan vaksin untuk merangsang sisem kekebalan tubuh ( Antibodi ) dan obat - obatan dari bahan asal hewan, tumbuhan, atau mikroorganisme. Selain itu, Biologi Juga berperan dalam penyediaan dalam produk fermentasi seperti kecap, tempe roti, yoghurt, dan nata de coco, termasuk makanan dan minuman prebiotik dan probiotik berupa serat - serat tumbuhan dan mikroorganisme dalam tubuh.

7. Dalam Pengembangan Energi,  hadirnya biogas dengan memanfaatkan kotoran limbah hewan merupakan contoh nyata peran Biologi dalam menyediakan energi alternatif.

Title :7 Manfaat Ilmu Biologi Dalam Kehidupan sehari - Hari
Link :7 Manfaat Ilmu Biologi Dalam Kehidupan sehari - Hari

Artikel terkait yang sama:


Artikel Terkait 7 Manfaat Ilmu Biologi Dalam Kehidupan sehari - Hari :